Resep Cara Memasak Gulai Sapi yang Enak, Sederhana dan Super Lezat

Resep Cara Memasak Gulai Sapi Sederhana dan Super Lezat - Cara memasak gulai sapi yang enak tidak jauh berbeda dengan cara memasak gulai kambing. Bagi Anda yng ingin membuat gulai sapi sendiri di rumah, silakan simak uraian berikut. Untuk dapat menikmati gulai sapi yang enak, Anda tidak harus selalu membelinya. Cobalah untuk membuatnya sendiri, siapa tahu hasil buatan Anda ternyata lebih lezat dibanding gulai sapi yang dijual di pasaran. Gulai sendiri merupakan makanan khas Indonesia yan banyak disukai karena rasanya yang enak. Makanan ini terkenal dengan bumbunya yang khas, santannya kental dan rempah-rempahnya terasa begitu memanjakan lidah.

masak gulai daging sapi,cara masak gulai daging sapi,Cara memasak gulai sapi,resep masakan gulai sapi,cara masak gulai kambing,daging masak gulai darat,resep gulai sapi jawa,

Baca juga: Resep Paling Sedap Cara Memasak Gurame Asam Manis

Cara Mudah Membuat Gulai Sapi yang Enak

Memasak gulai sapi di rumah bukanlah hal yng mustahil untuk Anda lakukan sendiri. Walaupun Anda belum memiliki pengalaman memasak, tidak ada salahnya Anda mencobanya. Tidak perlu ragu, berikut ini akan disampaikan cara membuat gulai sapi yang enak dengan cara mudah. Resep berikut ini cocok untuk Anda yng tidak memiliki pengalaman memasak gulai. Karena resepnya sederhana, Anda dapat mengikutinya dengan cukup mudah. Walaupun dengan resep yng sederhana, gulai sapi yng dihasilkan akan tetap enak dan lezat. Langsung saja, berikut adalah resep cara memasak gulai sapi yng enak secara lengkap.

masak gulai daging sapi,cara masak gulai daging sapi,Cara memasak gulai sapi,resep masakan gulai sapi,cara masak gulai kambing,daging masak gulai darat,resep gulai sapi jawa,

Bahan utama:

- Daging sapi 500 gram
- Cengkeh 3 butir
- Lengkuas 2 ruas jari (memarkan)
- Serai 2 batang (memarkan)
- Daun kunyit 1 lembar (bersihkan lalu tali simpul)
- Daun jeruk 4 lembar
- Daun salam 3 lembar
- Kapulaga 3 buah
- Cabai merah rawit (biarkan utuh)
- Garam secukupnya
- Gula merah secukupnya
- Kecap manis 1 sendok makan
- Penyedap rasa secukupnya
- Santan kental 750 ml
- Air bersih 100 ml
- Minyak goreng secukupnya
- Bawang goreng secukupnya

Bumbu halus:

- Bawang merah 10 butir
- Bawang putih 7 siung
- Kemiri 5 butir
- Cabai merah besar 15 buah
- Jahe 2 ruas jari
- Kunyit 2 ruas jari
- Ketumbar ½ sendok teh
- Lada ½ sendok teh
- Jintan ½ sendok teh

masak gulai daging sapi,cara masak gulai daging sapi,Cara memasak gulai sapi,resep masakan gulai sapi,cara masak gulai kambing,daging masak gulai darat,resep gulai sapi jawa,

Langkah pembuatan gulai sapi enak:

1. Siapkan daging sapi
Bersihkan daging sampai benar-benar bersih lalu potong-potong bentuk dadu. Usahakan agar ukurannya tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar.
2. Tumis bumbu
Haluskan semua bumbu halus yang sudah Anda siapkan tersebut, haluskan menggunakan cobek. Setelah halus, panaskan minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu halus tersebut. Tumislah menggunakan api kecil, tumis hingga keluar bau harum dan warnanya berubah menjadi kecokelatan.
3. Tuang air
Tuang air bersih ke wajan, masukkan daging sapi yang sudah Anda potong-potong ke dalam wajan. Aduk-aduk sampai tercampur merata, lalu masukkan daun salam, daun jeruk ddan daun kunyit. Tutupi wajan dan tunggu sampai daging sapi terasa sedikit lunak, usahakan agar daging sapi tidak terlalu lunak.
4. Masukkan lengkuas dan serai
Sambil menunggu daging sapi lunak, masukkan juga lengkuas dan serai yg sudah dimemarkan. Masukkan juga cengkeh, kapulaga ddan cabai rawit utuh lalu aduk-aduk kembali. Jangan lupa untuk mengaduknya beberapa kali agar matangnya merata, tidak perlu terlalu sering.
5. Tuang santan
Jika daging sapi sudah lunak, tuang santan kental ke dalam wajan lalu aduk-aduk sampai tercampur merata. Masukkan juga garam, gula merah, kecap manis ddan juga penyedap rasa secukupnya.
6. Masak sampai matang
Jika semua bahan sudah dimasukkan, tunggu sampai santan mendidih. Jika santan sudah mendidih, kecilkan api daan tunggu selama 10 sampai 15 menit agar bumbu lebih meresap ke dalam daging sapi. Cicipi terlebih dahulu rasa kuah santan tersebut, tambahkan yg perlu ditambahkan. Jika rasanya sudah pas, Anda dapat mengangkat dan menyaji kannya di piring atau mangkuk saji.

Jangan lupa untuk menaburi gulai sapi buatan Anda dengan bawang goreng agar bau dan rasanya lebih lezat. Jika Anda pernah membuat gulai kambing, tentu resep ini hampir sama dengan resep gulai kambing. Hanya saja, bahan utama yg digunakan adalah daging sapi dan bukan daging kambing. Sebenarnya selain daging sapi atau daging kambing, ikan-ikanan juga dapat dijadikan bahan utama pembuatan gulai. Anda dapat membuat gulai dengan menggunakan bahan utama sesuai selera dan dengan resep cara memasak gulai sapi yang enak yang satu ini.