Resep Paling Sedap Cara Memasak Gurame Asam Manis

Resep Paling Sedap Cara Memasak Gurame Asam Manis - Ikan gurame, hmm siapa yang tak kenal dengan ikan satu ini. Gurame merupakan jenis ikan favorit yang banyak diburu para pecinta kuliner di seluruh dunia. Khususnya di Indonesia, tekstur daging ikan gurame yang kenyal namun tidak terlalu padat bisa dikolaborasikan dengan berbagai macam bumbu, dan menjelma menjadi begitu banyak jenis hidangan. Mulai dari gurame goreng, rebus, bahkan sampai gurame pepes, semuanya berhasil menggoyang lidah penikmat sajian ikaan. Alhasil, meskipun harganya cenderung cukup mahal, namun menu masakan gurame selalu jadi incaran. Seperti menu gurame asam manis yang banyak disajikan di resto-resto seafood, cara memasak gurame asam manis pun kini jadi banyak dicari.

cara memasak gurame saus tiram,cara membuat gurame asam manis sederhana,cara membuat gurame asam manis spesial,cara membuat gurame tepung asam manis,cara memasak gurame asam manis pedas,

Baca juga: Resep Hati Sapi Sambal Goreng

Wajar saja, pasalnya untuk mendapatkan satu porsi segar gurame asam manis dengan aroma menggoda dan asap mengepul memang cukup merogoh kocek. Jadi, untuk siapapun yang memiliki bakat mencoba resep masakan, sudah pasti gatal ingin mencoba membuat resep gurame asam-manis di dapur sendiri. Mungkinkah membuat sajian gurame asam manis selezat di restoran seafood itu? Tentu saja tidak ada yang namanya mustahil, apalagi terkait dengan dunia kuliner. Jika Anda memiliki bakat membaca resep dan memegang peralatan dapur, dengan sedikit latihan sudah pasti Anda mampu membuat gurame asam manis nan lezat di lidah.

cara memasak gurame saus tiram,cara membuat gurame asam manis sederhana,cara membuat gurame asam manis spesial,cara membuat gurame tepung asam manis,cara memasak gurame asam manis pedas,
Apakah Anda termasuk salah satu yang ingin mencoba kemampuan memasak dengan membuat gurame asam manis nan lezat? Tidak salah memang jika sebelum bertarung Anda mesti mencari tahu dahulu resep dan cara memasak gurame asam manis dari berbagai sumber. Meskipun dunia maya berbeda dengan dunia nyata, namun resep satu ini juga sudah terbukti yahud dan lulus uji. Nah, berikut inilah resep memasak gurame asam manis beserta cara mengolahnya:

Gurame Asam Manis

Bahan:
  • 1 kg ikaan gurame sedang
  • 6 butir bawang putih
  • 4 sendok makan tepung maizena
  • 1 batang daun bawang
  • 1 buah bawang bombay
  • 5 cabai merah
  • 4 sendok makan saus tomat
  • 2 cm jahe kupas
  • 1 buah mentimun
  • 1 batang wortel
  • Garam secukupnya
  • Cuka secukupnya
  • Margarine secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air putih

cara memasak gurame saus tiram,cara membuat gurame asam manis sederhana,cara membuat gurame asam manis spesial,cara membuat gurame tepung asam manis,cara memasak gurame asam manis pedas,

Cara Masak Resep Ikan Gurame Asam Manis:

  1. Bersihkan ikaan gurame dari kotoran dan siap dimasak, caranya adalah dengan menyisik bagian kulit dan mengeluarkan isi perutnya. Setelah itu, bersihkan ikan dengan mencuci bersih di air mengalir.
  2. Sayat bagian kulit ikan masing-masing sisi kira-kira tiga sayatan, agar bumbu lebih mudah meresap.
  3. Sebagai bumbu dan penghilang bau amis, haluskan 2 butir bawang putih, garam, dan sedikit merica, lalu lumurkan ke sekujur bagian tubuh ikan gurame.
  4. Tunggu sampai bumbu meresap kira 5-10 menit sambil Anda menyiapkan penggorengan.
  5. Panaskan minyak kira-kira seperempat kilogram. Goreng ikan gurame saat minyak sudah panas benar. Jika minyak belum panas dan Anda terburu menggoreng ikannya, bisa jadi iikan yang Anda goreng akan kurang terasa kriuknya.
  6. Sisihkan dahulu iikan gurame yang telah digoreng dalam wadah sementara Anda menyiapkan saus asam manisnya.
  7. Siapkan penggorengan dan dua sendok makan margarine, tumis dua butir bawang putih halus dan irisan bawang Bombay sampai mengeluarkan bau nan harum
  8. Masukkan jahe yang sudah dimemarkan, daun bawang, garam, merica, gula, cuka dan saus tomat. Lalu aduk dan tumis semua bahan sampai rata.
  9. Cincang kasar wortel dan mentimun, masukkan dalam campuran tumisan bahan saus. Aduk kembali
  10. Langkah terakhir, campurkan satu sendok tepung maizena dengan setengah cangkir air putih, tuangkan dalam tumisan bumbu. Aduk-aduk sebentar sampai tampak mengental.
  11. Masukkan ikan gurame yang tadi sudah Anda goreng, lalu aduk-aduk sebentar agar bumbu terasa meresap ke dalamnya. Ikan gurame asam manis Anda siap disajikan.

Memasak resep ikan memang termasuk gampang-gampang susah. Tipsnya adalah bersihkan ikan sebelum dimasak, dan goreng gurame saat minyak sudah benar-benar panas. Ikan goreng yang masih lembek akan mengeluarkan bau amis yang kurang selera bila disajikan. Selain itu, cara membuat gurame asam manis di atas termasuk resep yang mudah dipraktekkan.