Langkah Sederhana Cara Memasak Ikan Mas Bumbu Kuning Tanpa Santan

Cara Memasak Ikan Mas Bumbu Kuning Tanpa Santan - Cara memasak ikan mas bumbu kuning tentu saja dapat Anda praktekkan sendiri di rumah. Memasak menu yang satu ini terbilang sangatlah mudah dilakukan. Apabila Anda memasak menggunakan santan tentu saja kurang baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu kali ini Anda akan diberikan langkah-langkah mudah yang dapat Anda gunakan untuk membuat masakan ikan mas bumbu kuning tanpa santan. Karena dengan penggunaan santan juga sedikit merepotkan karena harus menjaga agar santan tidak pecah ketika proses memasak.

resep ikan mas bumbu kuning tanpa santan,cara memasak ikan mas goreng,cara memasak ikan patin bumbu kuning,cara memasak ikan tongkol bumbu kuning,
Baca juga: Resep Ikan Mujair Asam Manis yang Super Lezat
Anda tidak harus menggunakan santan untuk memasak ikan mas’ bumbu kuning. Bahkan tanpa santan Anda juga dapat memasaknya walaupun dalam segi rasa akan sedikit berbeda dengan masakan yang menggunakan santan. Cara memasak ikan mas bumbu kuning memang sebaiknya Anda lakukan sendiri di rumah. Karena dengan memasak sendiri, Anda akan menghemat biaya pengeluaran. Hal ini disebabkan oleh harga ekonomis yang dijual dipasaran dalam bentuk masakan yang sudah jadi memang cenderung lebih mahal. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk memasaknya di rumah.

Selain dalam segi harga yan lebih murah tentunya dalam segi rasa juga mempengaruhi karena akan membuat masakan tersebut menjadi sesuai selera Anda sekali. Ikaan mas sendiri walaupun memiliki banyak duri dibandingkan ikaan tawar lainnya, tetapi ikan yang satu ini memiliki karakteristik daging yang sangat lembut dibandingkan ikan air tawar lainnya. Oleh karena itu ikan ini banyak digunakan untuk membuat masakan bumbu kuning.

resep ikan mas bumbu kuning tanpa santan,cara memasak ikan mas goreng,cara memasak ikan patin bumbu kuning,cara memasak ikan tongkol bumbu kuning,

Cara memasak ikan bumbu kuning juga sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menggunakan iikan air tawar lainnya. Tetapi memang untuk menggunakan ikaan mas memang memiliki cita rasa yan lebih enak karena tekstur daging iikan ini juga mempengaruhi rasa keseluruhan. Cara memasak ikaan mas bumbu kuning ini yan terpenting adalah dengan menggunakan ikan yan segar sehingga tidak menimbulkan berbagai penyakit dan mempengaruhi rasa serta aroma masakan. 

Bumbu kuning juga dapat disesuaikan sesuai selera Anda sendiri. Pengolahan ikaan mas ini hampir serupa dengan pengolahan ikan pada umumnya. Terlebih lagi ikan mas merupakan ikan yan hidup di air tawar yan biasanya dikembangbiakkan. Salah satu kendala dari ikan air tawar adalah aroma tanah yan tercium apabila salah memasak dan membersihkannya. Berikut ini cara mengolah ikan mas terlebih dahulu sebelum diolah menjadi masakan ikaan mas bumbu kuning:
- Membersihkan dengan air mengalir. Pastikan mengeluarkan isi perut dari ikan mas tersebut. Dan lakukan pencucian hingga benar-benar bersih hingga ke bagian dalam perut ikan.
- Sisik ikan mas ini juga sangatlah mengganggu. Anda dapat membuangnya dengan cara menggunakan sendok atau pisau hingga benar-benar bersih dan tidak ada sisik yan tertinggal. Cuci kembali dengan air mengalir.
- Bersihkan pula insang ikan mas. Insang ikan mas inilah yan membuat aroma tanah menjadi terasa kuat apabila tidak dibersihkan dengan benar. Oleh sebab itu untuk bagian ini sebaiknya dibersihkan sampai bersih.
- Berikan sayatan pada kedua sisi ikaan mas. Hal ini membantu ikan mas nantinya untuk meresap bumbu sehingga bumbu dapat terasa hingga ke daging ikaan mas. Jika sudah, Anda dapat memberikan perasan jeruk nipis ke atas tubuh ikaan mas dan beri sedikit garam. Lumuri hingga merata dan diamkan selama beberapa menit.

resep ikan mas bumbu kuning tanpa santan,cara memasak ikan mas goreng,cara memasak ikan patin bumbu kuning,cara memasak ikan tongkol bumbu kuning,

Memasak Ikan Mas Bumbu Kuning Yang Sedap

Cara memasak ikan mas bumbu kuning dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut ini:
1. Ikaan yng sudah dibersihkan dan diberikan bumbu lumuran, akan dilakukan penggorengan di dalam wajan yan sudah diberikan minyak goreng dan sudah dipanaskan dengan api kecil. Goreng hingga matang merata. Jika sudah matang tiriskan ikan mas goreng tersebut.
2. Sisakan sedikit minyak goreng untuk menumis bumbu halus. Bumbu halus ini berupa campuran bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, jahe dan lengkuas. Tumis hingga aromanya menjadi sedap.
3. Masukkan tomat dan berikan sedikit air. Aduk merata hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan garam, kaldu bumbu serta gula. Aduk hingga semua bumbu tercampur rata.
4. Terakhir adalah memasukkan ikan mas ke dalam. Balikkan sesekali dan masak hingga bumbu terserap. Angkat.
Cara memasak ikan mas bumbu kuning tanpa menggunakan santan memang sangat mudah dilakukan, bukan? Memang memasak bumbu kuning tanpa santan akan mengurangi rasa gurih dari masakan umumnya yang menggunakan santan. Tetapi menggunakan santan atau tidak itu sama sekali sesuai selera masing-masing. Yng terpenting kandungan gizi di dalam iikan mas’ ini sangatlah penting untuk kebutuhan masyarakat sehingga sesekali perlu memasak menu ini untuk dapat dikonsumsi sehari-hari.