Resep Cara Memasak Ikan Mujair Asam Manis yang Super Lezat

Cara memasak ikan mujair asam manis lezat - Ikan mujair adalah jenis ikan yang hidup di air tawar. Badannya berbentuk pipih berwarna abu-bu kilap kehitaman atau kecoklatan. Meskipun ikan mujair adalah jenis ikan air tawar, namun dalam keadaan tertentu ikan ini dapat pula hidup di air payau karena memiliki kemampuan untuk mentoleransi kadar garam. Dulu ikan ini banyak hidup liar di danau, waduk, ataupun sungai, namun saat ini ikan mujair sudah banyak dibudidayakan dalam kolam budidaya sebab memiliki nilai ekonomis yang cukup menjanjikan. Budidaya ikan mujair juga sangat mudah dan cepat karena ikan ini bersifat omnivore.Cara Memasak Ikan Nila Asam Manis Lezat dan Praktis

cara memasak ikan mujair goreng,cara memasak ikan mujair kuah,cara memasak ikan mujair bakar,cara memasak ikan mujair bumbu kuning,cara memasak ikan asam manis pedas,
Baca juga: Resep Ikan Nila Asam Manis
Nilai keekonomian ikan mujair diperoleh karena ikan ini sangat lezat untuk dimasak, selain itu kandungan gizinya juga cukup lengkap. Di dalam satu ekor ikan mujair terdapat banyak sekali nutrisi yang berguna bagi manusia, kandungan tersebut antara lain vitamin B12, vitamin B6, Vitamin B3, vitamin B5, omega 3, selenium, kalium, fosfor, dan protein. Kandungan protein sangat bermanfaat bagi manusia karena dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan, selain itu juga sangat baik untuk menjaga berat badan sebab ikan ini kaya protein tapi rendah lemak dan kalori berbeda dengan jenis protein hewani pada umumnya.

Ikan mujair juga sangat mudah dimasak, bisa digoreng secara langsung kemudian dimakan atau jika ingin rasa yang lebih lezat bisa pula diolah menggunakan bumbu asam manis. Ikan mujair yang diolah dengan bumbu asam manis bau amisnya akan hilang. Cara memasak ikan mujair asam manis juga sangat mudah, tidak perlu keahlian ala chef untuk dapat membuat menu ini. Menu ikan mujair asam manis rasanya lebih enak bila dibandingkan dengan ikan mujair yang hanya digoreng saja sebab saus asam manis akan berpadu dengan gurihnya daging ikan dan bau amisnya juga hilang.

cara memasak ikan mujair goreng,cara memasak ikan mujair kuah,cara memasak ikan mujair bakar,cara memasak ikan mujair bumbu kuning,cara memasak ikan asam manis pedas,

Resep Ikan Mujair Asam Manis

Sebelum memulai memasak ikan mujair asam manis, berikut beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu.
1. 5 ekor ikan mujair segar yang ukurannya sedang
2. 4 sendok makan kecap manis kualitas terbaik agar rasa dan aromanya menggoda selera
3. 50 ml air perasan asam jawa
4. Air jeruk nipis secukupnya untuk merendam ikan
5. 1/2 sendok teh garam dapur
6. 1/2 sendok teh gula pasir
7. 1/2 bungkus royco rasa ayam
8. 50 ml air matang
9. 1 sendok teh tepung maizena kemudian larutkan menggunakan sedikit air
10. 8 buah cabai rawit merah
11. Minyak goreng untuk menumis secukupnya
12. 4 butir bawang merah
13. 5 butir bawang putih
14. 3 cm jahe
15. 2 buah belimbing wuluh
16. 2 batang daun bawang
Dari semua bahan tersebut, ada beberapa bahan yang perlu diiris terutama yang jenis bumbu. Bahan tersebut yaitu bawang merah, bawang putih, jahe, belimbing wuluh, dan daun bawang.

Cara memasak ikan mujair asam manis:

1. Ambil ikan mujair, kemudian rendam dalam air perasan jeruk nipis campur garam selama 20 menit agar bau amis hilang dan rasa asin meresap. Setelah itu kemudian goreng ikan mujair dengan minyak yang mendidih sampai matang lalu tiriskan.
2. Setelah ikan matang, selanjutnya tinggal membuat kuah asam manis. Panaskan wajan, beri sedikit minyak goreng, lalu tumis bumbu yang sudah diiris hingga mengeluarkan aroma wangi, kemudian tambahkan air asam jawa, kecap manis, gula pasir, royco, air perasan asam jawa dan air putih lalu aduk rata.
3. Setelah itu tambahkan cabai rawit dan tepung maizena ke dalam air tumisan bumbu hingga air tersebut setengah kental.
4. Selanjutnya, masukkan ikan mujair yang sudah digoreng ke dalam bumbu asam manis setengah kental, masak terus sampai kuahnya mengental dan ikan terlumuri semua dengan bumbu asam manis. Setelah itu sajikan saat masih hangat.

cara memasak ikan mujair goreng,cara memasak ikan mujair kuah,cara memasak ikan mujair bakar,cara memasak ikan mujair bumbu kuning,cara memasak ikan asam manis pedas,

Demikianlah cara memasak ikan mujair asam manis yang super lezat, sangat gampang kan cara membuatnya? Bahannya sederhana dan proses memasaknya juga mudah sehingga cocok untuk Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba membuat ikan mujair asam manis, semoga berhasil.