Resep Mudah Cara Masak Cumi Basah Asam Manis Yang Enak

Cara masak cumi basah asam manis yang enak memanglah sangat diperlukan. Terlebih lagi untuk para pecinta kuliner yang sangat menyukai masakan yang menggunakan bahan dasar cumi-cumi. Cumi-cumi sangatlah mudah ditemui di Indonesia. Banyak juga olahan kuliner yang menggunakan bahan cumi-cumi ini. Salah satunya adalah olahan cumi asam manis. Tidak hanya hewan laut seperti udang maupun kepiting yang dapat diolah menjadi masakan yang bercita rasa asam manis. Cumi-cumi juga dapat diolah menjadi masakan asam manis juga. Bahkan Anda pasti sudah sering menemui di restoran maupun tempat makan lainnya yang mengandalkan cumi-cumi asam manis menjadi menu spesial.

cara masak cumi asam manis pedas,resep masak cumi asam manis,cara masak cumi basah yang enak,cara memasak cumi asam manis,cara membuat cumi asam manis,resep masakan cumi asam manis,

Baca juga : Asam Padeh Ikan Tongkol


Beberapa Cara Untuk Mengolah Cumi Asam Basah Manis Menjadi Tidak Alot

Cara masak cumi basah asam manis yang enak tentu saja harus memastikan agar daging cumi-cumi ini tidak alot dan kenyal ketika dikunyah. Memang karena kandungan protein yang cukup tinggi pada hewan laut membuatnya sering sekali mengalami masalah daging yang alot karena salahnya pengolahan bahan ini. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara untuk membuat daging cumi menjadi tidak alot:

cara masak cumi asam manis pedas,resep masak cumi asam manis,cara masak cumi basah yang enak,cara memasak cumi asam manis,cara membuat cumi asam manis,resep masakan cumi asam manis,

  • Dengan Waktu Sebentar
Cara masak cumi itu memang hanya disarankan kurang dari 3 menit agar tidak terjadi daging cumi yang alot. Dengan daging cumi yang alot tentu saja akan membuat rasa cumi menjadi lebih hambar dan kurang bercita rasa.
  • Penggunaan Air Dingin
Ketika Anda melakukan pengolahan cumi ini dengan cara merebus, begitu cumi sudah matang sebaiknya langsung direndam menggunakan air dingin. Hal ini sangat membantu daging cumi agar tidak mengalami proses pematangan yang lebih lama lagi. Dengan proses ini juga akan membuat daging cumi-cumi menjadi tidak alot.
  • Pemisahan Cumi
Apabila Anda menginginkan pengolahan cumi basah, sebaiknya cumi dimasak dengan cara terpisah dengan bahan lainnya. Ketika bahan lainnya sudah dirasa cukup matang, Anda dapat memasukan olahan cumi tersebut untuk dicampur baru dimasak dalam waktu 1 menit untuk menghindari kealotan daging cumi.
  • Air Jeruk Nipis
Penggunaan air jeruk nipis ini selain untuk membantu menghilangkan aroma amis pada cumi-cumi ternyata juga mampu untuk melunakkan cumi-cumi. Anda hanya perlu memotong cumi-cumi sesuai dengan keinginan Anda baru dilumuri dengan air jeruk nipis selama beberapa saat baru kemudian diolah. 


Cara masak cumi basah asam manis yang enak memang harus diperlukan dengan mengetahui bagaimana proses pembentukan daging cumi agar menjadi tidak alot. Dengan mengetahui tentang penyebab cumi-cumi menjadi alot tentu saja dalam pengolahan bahan yang satu ini harus diperhatikan pengolahannya. Kunci agar cumi-cumi menjadi tidak alot memang terletak pada waktu pengolahannya. Oleh sebab itu, ketika Anda melakukan pengolahan daging cumi ini disarankan menggunakan waktu yang cukup cepat dan kurang dari 3 menit. 


cara masak cumi asam manis pedas,resep masak cumi asam manis,cara masak cumi basah yang enak,cara memasak cumi asam manis,cara membuat cumi asam manis,resep masakan cumi asam manis,

Cara masak cumi basah asam manis yang enak dapat dilakukan dengan langkah-langkah seperti berikut ini:

  • Anda perlu memasak bahan-bahan lain terlebih dahulu. Bahan utamanya adalah pembuatan saus asam manisnya. Anda dapat menggunakan perasan air jeruk nipis atau dapat juga menggunakan belimbing wuluh untuk mendapatkan rasa asamnya.
  • Anda perlu mencampur bahan-bahan dasar untuk membuat saus asam manis ini dengan larutan air dan juga tepung maizena. Dengan menggunakan larutan ini nantinya saus akan mengental.
  • Ketika bahan-bahan dasar ini sudah Anda lakukan, maka Anda hanya perlu menunggu hingga matang. Apabila sudah matang, Anda hanya perlu memasukan cumi ini ke dalam saus dan diaduk dengan waktu kurang dari 3 menit. Apabila saus ini sudah sedikit berkurang maka Anda sudah dapat mematikan kompor Anda. 

Cara masak cumi asam basah manis yang enak dengan cara tersebut merupakan cara yang termudah. Karena bagaimanapun masing-masing individu tentu saja akan memiliki selera dalam mengolah makanan. Ada yang lebih senang menggunakan perasan air jeruk nipis tetapi ada pula yang senang dengan rasa segar dan asam dari belimbing wuluh. Namun yang paling utama adalah Anda hanya perlu memastikan dalam mengolah cumi tidak terlalu lama memasaknya. Dimana hal ini akan menghindarkan cumi yang Anda olah menjadi alot dan tidak enak untuk dimakan.