Bagaimana Cara Memasak Asam Padeh Ikan Tongkol Dengan Mudah?

Cara memasak asam padeh ikan tongkol ini memang perlu proses yang sedikit rumit untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan proses pengolahan ikan tongkol sendiri yang cukup rumit. Sedangkan untuk proses pemasakan asam padeh ikan tongkol dapat dikatakan terbilang mudah. Kenapa dapat dikatakan pengolahan ikan tongkol terbilang cukup rumit? Hal ini dikarenakan ikan tongkol ini memiliki racun yang dapat membuat alergi untuk orang-orang tertentu. Apabila tidak dapat mengolah ikan tongkol dengan benar tentunya akan membuat orang-orang yang memang memiliki alergi terhadap makanan laut akan merasakan alergi. Tentu hal ini sangatlah tidak diinginkan.

cara memasak ikan tongkol bumbu kuning, cara memasak ikan tongkol goreng, cara memasak ikan tongkol pedas, cara memasak ikan tongkol yang enak, resep asam padeh ikan tongkol,

Baca juga : Cara Agar Daging Sapi Cepat Empuk

Cara memasak asam padeh ikan tongkol ini hal yang pertama harus Anda ketahui adalah mengolah ikan tongkol ini. Ikantongkol ini sebenarnya mengandung racun. Oleh sebab itu, apabila Anda tidak benar cara mengolah ikan tongkol ini tentu saja akan membuat orang yang menderita alergi hidangan laut akan merasakan alerginya ketika memakan ikantongkol buatan Anda. Kebersihan ikan tongkol merupakan salah satu cara untuk menghilangkan racun pada ikan tongkol. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengolah ikantongkol agar terbebas dari racun:
1. Ketika Anda membeli ikantongkol segar, Anda disarankan untuk segera membersihkan bagian perut ikantongkol. Bagian perut ikan tongkol biasanya banyak mengandung racun yang diserap oleh ikantongkol tersebut.
2. Anda juga disarankan untuk membuang kepala ikantongkol. Hal ini dikarenakan kepala ikan tongkol ini sebenarnya banyak mengandung racun yang membuat banyak orang mengalami kesulitan mengkonsumsi ikan tongkol.
3. Anda dapat menggunakan arang untuk membantu menghilangkan racun di dalam ikantongkol. Caranya adalah Anda cukup menghaluskan arang secukupnya lalu dicampur dengan air. Jika sudah tercampur, maka Anda dapat melakukan perendaman daging ikan tongkol di larutan arang tersebut selama 5 menit. Setelah itu, Anda dapat membersihkan ikantongkol dengan air bersih yang mengalir.
4. Anda dapat merebus ikantongkol tersebut dengan menambahkan sedikit garam atau dapat langsung mengolahnya untuk dibuat asam padeh ikan tongkol.
5. Apabila ikantongkol ini tidak langsung dimasak, Anda juga harus membungkus ikan tongkol ini dengan menggunakan plastik dan penyimpanannya dilakukan di freezer.



cara memasak ikan tongkol bumbu kuning, cara memasak ikan tongkol goreng, cara memasak ikan tongkol pedas, cara memasak ikan tongkol yang enak, resep asam padeh ikan tongkol,

Cara memasak asam padeh ikan tongkol memang sedikit mengalami kerumitan di dalam pengolahan ikantongkol sendiri agar dapat terbebas dari racun yang membuat tubuh gatal. Karena bagaimanapun juga ketika ingin memasak sesuatu tentunya Anda berharap agar makanan yang Anda makan akan baik-baik saja dan tidak membuat Anda mengalami kerugian seperti mengalami alergi.

cara memasak ikan tongkol bumbu kuning, cara memasak ikan tongkol goreng, cara memasak ikan tongkol pedas, cara memasak ikan tongkol yang enak, resep asam padeh ikan tongkol,

Cara Memasak Asam Padeh Ikan Tongkol Dengan Mudah


Cara memasak asam padeh ikan tongkol sangatlah mudah. Karena pada dasarnya Anda hanya perlu melakukan mencampur bumbu-bumbu saja. Ketika Anda menginginkan menu olahan ikantongkol yang satu ini biasanya Anda dapat menjumpainya di warung nasi padang yang mudah ditemui di sekitar Anda. Namun sebenarnya Anda dapat membuat olahan ikantongkol ini di rumah. Berikut ini cara pengolahan asam padeh ikan tongkol:
1. Anda harus membersihkan ikantongkol tersebut. Yang terutama adalah membuang insang ikan tongkol tersebut agar tidak memiliki kandungan racun. Langkah selanjutnya adalah Anda membalurkan air jeruk nipis ini ke ikan tongkol. Hal ini berfungsi untuk menghilangkan aroma amis pada ikan tongkol.
2. Cara memasak asam padeh ikan tongkol yang kedua adalah dengan menumis semua bumbu dengan sedikit minyak goreng. Bumbu yang digunakan terdiri dari dua jenis bumbu yaitu bumbu yang dihaluskan dan juga bumbu yang masih utuh. Bumbu yang dihaluskan terdiri dari cabe giling, bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe dan juga garam secukupnya. Untuk bumbu secara utuh adalah asam kandis atau dapat diganti belimbing sayur, lengkuas, daun salam, daun jeruk, batang serai, kapulaga dan daun kunyit.
3. Apabila semua bumbu tersebut sudah harum, maka Anda bisa menambahkan air lalu masak hingga mendidih dan kuahnya juga sedikit mengental.
4. Cara memasak asam padeh ikan tongkol yang terakhir adalah memasukkan ikantongkol sembari mengecilkan api lalu tunggu hingga ikantongkol matang dan airnya menyusut.
Cara memasak asam padeh ikan tongkol memang sangatlah mudah dilakukan. Bahkan Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Tentunya dengan membuat sendiri asam padeh ikan tongkol ini akan membuat Anda dapat menyesuaikan dengan selera Anda dalam rasanya. Karena memang selera orang dalam rasa tentu akan berbeda-beda. Daripada Anda membeli asam padeh ikan tongkol ini di warung nasi padang tentu lebih baik memasak sendiri karena memasak makanan ini sangatlah mudah.