Resep Cara Memasak Nasi Tim Merah Putih Enak dan Nikmat

Resep Nasi Tim Merah Putih Enak dan Nikmat - Cara memasak nasi tim merah putih berikut ini wajib Anda simak bagi Anda yang mengaku sebagai pencinta kuliner nasi tim. Nasi tim merupakan salah satu kuliner yang tidak boleh Anda lewatkan karena rasanya yang lezat. Jika Anda belum pernah mencoba nasi tim, sangat disayangkan karena rasanya yang luar biasa. Banyak orang yang merasa ketagihan dengan rasanya yang enak, lezat dan juga nikmat. Oleh sebab itu, pastikan Anda mencoba kuliner yang satu ini agar mengetahui seberapa nikmat rasanya. Jika Anda tidak dapat membelinya, cobalah untuk membuatnya sendiri di rumah.

cara membuat bubur merah putih dari beras ketan,resep bubur merah putih ncc,resep bubur merah putih enak,resep bubur merah putih jawa,cara membuat nasi tim bayi 6 bulan,
Baca juga: Cara Memasak Nasi Uduk Pakai Rice Cooker

Cara Memasak Nasi Tim Merah Putih

Bagi Anda yang tertarik ingin memasak nasi tim sendiri di rumah, silakan simak uraian berikut. Berikut ini akan dibagikan bagaimana cara memasak nasi tim merah putih yang mudah untuk Anda ikuti. Beras yang digunakan adalah beras merah yang dicampur dengan beras putih, warnanya terlihat cantik. Jika melihat nasi tim menggunakan beras putih atau beras merah saja tentu sudah biasa. Resep nasi tim kali ini menggunakan keduanya yaitu menggunakan beras merah dan juga beras putih. Sehingga ketika sudah matang, nasi tim tidak hanya enak tetapi memiliki penampilan yang menarik.

Nasi tim sendiri dulunya lebih ditujukan untuk orang yang sakit karena teksturnya yng lembut. Namun karena rasanya yng enak dan lezat, tidak hanya orang sakit saja tetapi semua orang menyukai nasi tim. Sampai saat ini, nasi tim menjadi kuliner yng banyak diburu para pencinta kuliner. Langsung saja, berikut adalah resep nasi tim merah putih yng dapat Anda simak dan ikuti. Namun sebelum membahas cara pembuatannya, persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yng akan digunakan untuk memasak nasi tim. Ini dia bahan-bahan tersebut:
Bahan Cara Memasak
- Beras putih 250 gram
- Beras merah 250 gram
- Bawang putih 4 siung (haluskan)
- Minyak wijen 1 sendok makan
- Minyak makan 3 sendok makan
- Kecap asin 2 sendok makan
- Kaldu ayam 1 ½ liter
Bahan Cara Memasak Untuk Isian
- Daging ayam ½ kg (potong dadu kecil-kecil)
- Jamur merang ¼ kg (potong kotak-kotak kecil)
- Bawang bombay 1 buah (cincang halus)
- Bawang putih 5 siung (cincang halus)
- Jahe 1 ruas jari (memarkan)
- Kecap asin 4 sendok makan
- Kecap manis 4 sendok makan
- Minyak wijen 1 sendok makan
- Minyak goreng secukupnya
- Garam halus 1 sendok teh
- Merica atau lada bubuk 1 sendok teh
- Gula pasir secukupnya

cara membuat bubur merah putih dari beras ketan,resep bubur merah putih ncc,resep bubur merah putih enak,resep bubur merah putih jawa,cara membuat nasi tim bayi 6 bulan,

Cara mudah memasak nasi tim merah putih:

1. Tumis bumbu
Panaskan minyak goreng secukupnya, setelah panas masukkan bawang bombay lalu tumis sampai layu. Setelah itu masukkan bawang putih sudah dicincang daan jahe lalu aduk-aduk sampai keluar bau harum.
2. Masukkan ayam
Masukkan ayam ke dalam wajan lalu aduk-aduk, masukkan juga jamur daan bahan-bahan isian lain. Jika semua bahan sudah dimasukkan, aduk-aduk sampai tercampur merata dan tunggu sampai daging ayam matang.
3. Masak nasi
Jika isian sudah matang, Anda dapat menyisihkannya terlebih dahulu lalu tinggal memasak nasi. Cara memasak nasi tidaklah sulit, cuci beras merah dan beras putih lalu tiriskan terlebih dahulu. Setelah itu tumis bawang putih sampai harum lalu siram menggunakan kaldu ayam. Setelah itu masukkan semua bahan lalu aduk-aduk sampai tercampur merata.
4. Tuang ke mangkuk
Tuang isian ke mangkuk secukupnya, setelah itu masukkan campuran beras dan kaldu ke dalamnya. Bagi rata isian dann beras, setelah itu kukus selama kurang lebih 1 jam atau sampai matang. Jika sudah matang, Anda dapat mengeluarkan nasi dari dalam mangkuk dann menyajikannya.

Untuk memasak nasi tim ini memang sedikit lebih rumit karena harus menggunakan mangkuk ketika mengukusnya. Namun jangan salah, rasanya yang enak dan lezat akan membuat Anda selalu ketagihan dan ingin menikmatinya. Oleh karena itu, cobalah resep nasi tim merah putih ini di rumah dan buktikan kelezatannya. Jika Anda tidak ingin menggunakan beras putih, cukup gunakan beras merah saja atau sebaliknya. Resep nasi tim ini dapat dikreasikan sesuai dengan keinginan atau selera Anda. Itulah yang dapat disampaikan mengenai cara memasak nasi tim merah putih, selamat mencoba dan selamat menikmati.