Resep Cara Memasak Nasi Jagung Sedap Mantap dan Lauknya

Resep Nasi Jagung Sedap Mantap dan Lauknya - Sajian nasi jagung merupakan salah satu sajian nasi khas Melayu yang mempunyai rasa yang sedap dan enak. Nasi jagung biasanya disajikan untuk makanan sehari-hari di daerah Sumatera dan Kalimantan. Rasa dari nasi jagung ini sangatlah enak dan berbeda dengan nasi putih pada umumnya karena cara memasak nasi jagung sedap mantap ini juga sedikit lain. Dalam memasak nasi jagung ada dua bahan utama yng digunakan yaitu beras biasa ddan jagung manis yng sudah matang. Kedua bahan ini dipadukan dengan bumbu-bumbu sehingga menghasilkan nasi jagung yng mempunyai cita rasa sedap.

cara memasak nasi jagung dengan rice cooker,cara memasak nasi jagung tradisional,cara membuat nasi jagung tradisional,cara pembuatan nasi jagung,
Baca juga: Resep Nasi Kuning Kebuli Istimewa
Sajian nasi jagung ini merupakan salah satu sajian nasii yng khas di Indonesia. Selain khas, nasii jagung ini juga lebih mengenyangkan karena mengandung karbohidrat yng tinggi. Bagi Anda yng sedang melakukan diet bisa mencoba resep nasi jagung ini sebagai pengganti nasii biasa. Orang yang sedang melakukan diet tentu saja harus mengurangi porsi makannya sehingga nasii jagung ini cocok untuk berdiet karena setengah porsi nasii jagung sama dengan satu porsi nasii biasa. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi asupan nasii dan karbohidrat setiap harinya.

A. Bahan dan Cara Memasak Nasi Jagung Spesial

Jika Anda tertarik untuk memasak nasi jagung yng spesial di rumah dengan rasa yng sedap, berikut ini bahan dan bumbu yang harus disiapkan:

Bahan Utama Cara Memasak

• 4 gelas belimbing beras
• 4 gelas belimbing air biasa
• 1 gelas susu putih
• ¼ kg jagung yng sudah dibuang bonggolnya
• 1 buah daun pandan
• 2 batang serai yang sudah dikeprek
• 2 sendok makan margarin atau mentega
• Garam secukupnya
• Gula secukupnya

Bumbu Bumbu Digunakan Untuk Cara Memasak

• 1 buah bawang merah
• 2 buah bawang putih
• 1 ruas jari jahe
• 2 ruas jari kayu manis
• 2 biji kapulaga atau pala
• 2 butir cengkih

cara memasak nasi jagung dengan rice cooker,cara memasak nasi jagung tradisional,cara membuat nasi jagung tradisional,cara pembuatan nasi jagung,

Cara Memasak Nasi Jagung Sedap Mantap Mudah

1. Rendamlah beras yg sudah disiapkan dengan menggunakan air bersih selama kurang lebih setengah jam. Tujuan merendam beras ini adalah agar nasi yng dihasilkan nantinya pulen daan enak.
2. Irislah semua bumbu-bumbu yg sudah disiapkan dengan irisan yg tipis kecuali cengkih dan kapulaga cukup dikeprek saja.
3. Siapkan mentega di atas wajan yg sudah panas kemudian tumislah semua bumbu-bumbu yg sudah diiris tadi sampai harum daan layu. Sisihkan bumbu tumisan ini.
4. Siapkan kuali atau panci untuk merebus beras.
5. Rebuslah beras dengan air yg secukupnya sampai mendidih lalu masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi daan jagung yg sudah dibersihkan. Aduk rata sampai airnya habis kemudian sisihkan.
6. Siapkan kuali untuk mengukus nasi jagung yang sudah matang, biarkan air yg ada di bawah sarangan dalam kuali mendidih lalu masukkan nasi jagung yg sudah setengah matang.
7. Kukuslah nasi jagung ini selama kurang lebih 30 menit atau sampai matang.
8. Sajikan nasi dalam wadah kemudian taburi bawang goreng untuk menambah cita rasa. Nasi jagung ini akan sangat sedap jika dinikmati selagi hangat.

B. Lauk Spesial Nasi Jagung

Tentu Anda masih bertanya-tanya, lauk apa yang enak untuk dipasangkan dengn nasi jagung yang lezat ini. Sebenarnya semua lauk cocok untuk dipadukan dengan nasi jagung, bahkan nasi jagung juga sangat nikmat untuk dinikmati hanya dengan sambal daan lalapan ataupun hanya dengan kerupuk. Biasanya nasi jagung ini disajikan dengn lauk ayam, dimana ayam bisa diolah menjadi ayam goreng, ayam balado, ataupun ayam masak lainnya. Paling cocok jika nasi jagung ini disajikan dengan ayam bumbu balado yang pedas.

Bagi Anda yang ingin mengonsumsi nasi jagung ini sebagai menu diet, maka lauk yang disarankan adalah sayur-sayuran. Hindari untuk menikmati nasi jagung dengan lauk ayam bagi Anda yang sedang diet. Anda bisa menumis berbagai sayuran sebagai lauk pelengkap nasi jagung atau Anda juga bisa mengonsumsi nasi jagung ini dengan ikan peda dan lalapan serta ditambah dengan sambal. Rasanya pasti akan sangat nikmat karena pada dasarnya nasi jagung cocok untuk lauk apa saja.