Resep Andalan Cara Memasak Ikan Asam Manis

Resep Andalan Memasak Ikan Asam Manis - Berbeda dengan daging, ikan termasuk bahan masakan yang cenderung susah-susah gampang untuk diolah. Mungkin bagi yang sudah terbiasa, mengolah ikan jenis tertentu tak ubahnya semudah memasak tempe atau tahu. Namun jangan salah, jika salah olahan, sebanyak apapun Anda memakai bumbu dalam masakan ikan Anda, namun rasa amis tidak akan bisa dihilangkan dari ikan yang Anda pakai. Karena itulah, sebaiknya Anda memang membaca resep terlebih dahulu jika belum terbiasa memasak menu berbahan ikan ataupun seafood. Salah satu resep paling favorit adalah ikan asam mains. Mengapa? Karena cara memasak ikan asam manis memang lebih mudah dibandingkan resep olahan ikan yang lain.

ikan asam manis nanas,ikan tepung asam manis,ikan kakap asam manis,ikan asam manis pedas,udang asam manis,ikan nila asam manis,ikan asam manis jtt,ikan asam manis sajian sedap,

Baca juga: Resep Memasak Ikan Asap Gulai


Tingkat kesulitan memasak ikan juga berhubungan dengan perbedaan tekstur yg rasa dari jenis ikan yg berbeda. Satu ikan bisa memiliki rasa amis nan menyengat namun memiliki tekstur daging yang lebih gurih, sementara yang lain meskipun tidak terlalu amis akan tetapi rasa dagingnya juga tidak terlalu kaya. Lalu, bagaimana jika Anda ternyata masih pemula? Untuk seorang pemula sebaiknya Anda tidak asal memilih ikan, kalau bisa gunakan saja jenis ikan air tawar dan air payau karena memiliki tingkat keamisan yg tidak terlalu tinggi.

Salah satu contoh jenis ikana air payau yang paling populer menjadi menu olahan Indonesia adalah ikan Bandeng. Jenis ikan bandeng merupakan ikan budidaya yg selalu dicari, karena meskipun baunya tidak terlalu amis, namun memiliki tekstur daging yng kenyal, kesat, dan cukup gurih. Namun jika Anda kurang teliti ada pula bandeng yng dijual tidak dalam keadaan segar. Untuk itu Anda harus pandai-pandai memilih. Ikan bandeng yng segar akan memiliki mata berwarna hitam dengan bibir alami, sementara warna mata ikan tidak segar cenderung kemerahan dan bibirnya juga tampak memerah.

ikan asam manis nanas,ikan tepung asam manis,ikan kakap asam manis,ikan asam manis pedas,udang asam manis,ikan nila asam manis,ikan asam manis jtt,ikan asam manis sajian sedap,

Ikan bandeng juga merupakan sajian yng cukup menggoda jika dimasak menggunakan resep asam manis. Tidak percaya? Boleh kok Anda catat resep cara cara memasak ikan asam manis di bawah ini:

Resep Cara Memasak Bandeng Asam manis

Bahan:
  • 1 kg bandeng berukuran besar
  • 6 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 4 sendok makan tepung maizena
  • 1 batang daun bawang
  • 1 butir bawang bombay
  • 7 buah cabai merah
  • 1 buah tomat segar
  • 4 sendok makan saus tomat
  • 1 ruas jahe
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Cuka secukupnya
  • Margarine secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air putih

Cara Memasak Bandeng Asam Manis

1. Olah dahulu ikan bandeng agar siap untuk memasak nya. Cara nya bersihkan sisik bandeng dengan menggosok-gosokkan bagian tajam pisau di permukaan kulit ikan. Setelah sisik bersih terkelupas, buang bagian isi perut ikan untuk menghilangkan rasa amis.
2. Potong satu ekor iikan bandeng menjadi empat bagian, kemudian bersihkan dengan air mengalir. Tiriskan.
3. Siapkan bumbu bacem untuk menghilangkan bau amis iikan terlebih dahulu, yakni 3 butir bawang putih halus dengan campuran garam dan sedikit ketumbar.
4. Sayat bagian kulit iikan masing-masing sisi kira-kira tiga sayatan, agar bumbu lebih mudah meresap. Gulingkan ikann sampai seluruh bagiannya tertutup oleh bumbu. Diamkan selama 5 menit.
5. Panaskan seperempat liter minyak goreng dengan api sedang. Masukkan atau goreng ikan bandeng saat minyak sudah panas benar. Minyak yang panas akan membuat tekstur ikan menjadi lebih renyah ketika digoreng.
6. Sisihkan bandeng yng telah digoreng dalam wadah terlebih dahulu sementara Anda menyiapkan bahan saus asam manisnya.

Cara Memasak Saus Asam Manis

1. Siapkan penggorengan dengan dua sendok makan margarine.
2. Tumis tiga butir bawang putih halus, irisan bawang merah dan bawang bombay sampai mengeluarkan bau harum.
3. Masukkan jahe yng sudah dimemarkan, daun bawang, garam, merica, gula, cuka dan saus tomat. Lalu aduk dan tumis semua bahan sampai rata.
4. Masukkan irisan tomat segar agar menambah citarasa.
5. Langkah terakhir, campurkan satu sendok tepung maizena dengan setengah cangkir air putih, tuangkan dalam tumisan bumbu. Aduk-aduk sebentar sampai tampak mengental.
6. Anda juga bisa menambahkan penyedap rasa bila selera.
7. Kemudian tinggal masukkan saja ikann bandeng gorengnya, lalu aduk-aduk sebentar agar bumbu terasa meresap ke dalam daging ikann, kira sepuluh menit.
8. Ikann gurame asam manis Anda siap disajikan di meja makan menjadi menu pendamping yang spesial.

ikan asam manis nanas,ikan tepung asam manis,ikan kakap asam manis,ikan asam manis pedas,udang asam manis,ikan nila asam manis,ikan asam manis jtt,ikan asam manis sajian sedap,

Nah, itulah tadi cara memasak ikan asam manis yang enak, mudah bukan? Resep cara memasak ikan bandeng yang digunakan juga bisa Anda ganti dengan ikan lain, seperti gurame, bawal, nila, atau bahkan ikan kembung. Yang penting, pastikan dahulu Anda sudah menyamarkan bau amis ikan sebelum digoreng dengan bumbu halus bawang putih, garam, dan ketumbar. Oke, selamat memasak !