Resep dan Cara Memasak Daun Ubi Tumbuk Khas Medan Asli

Resep Memasak Daun Ubi Tumbuk Khas Medan Asli - Cara memasak daun ubi tumbuk khas Medan asli. Bagi Anda atau keluarga Anda yang tak menyukai sayuran, bisa mencoba salah satu resep makanan satu ini. Tentunya untuk Anda yang belum pernah mencoba mencicipi makanan ini, dan baru mendengarnya pertama kali akan terasa aneh. Akan tetapi, siapa sangka makanan yang berbahan dasar daun ubi atau daun singkong ini dijamin memiliki rasa yang begitu menggugah selera. Masakan yang berasal dari daun ubi ini termasuk makanan khass dari kota Medan. Makanan yang satu ini memiliki rasa yang lezat, gurih dan tentunya menggoyang lidah.

Resep daun ubi tumbuk mandailing,resep daun ubi tumbuk sederhana,cara masak daun ubi tumbuk yang enak,daun ubi tumbuk khas batak,resep daun ubi tumbuk tumis,cara memasak daun ubi jalar,

Baca juga : Resep Dendeng Sapi Balado

Daun tumbuk ubi termasuk menu makanan untuk keluarga, berasal dari olahan berbahan dasar daun ubi tumbuk lalu dimasak layaknya gulai. Meskipun tergolong asing bagi Anda, tetapi makanan khaas dari kota Medan ini ternyata banyak digemari masyarakat di sana. Makanan ini sangat cocok dijadikan sebagai makanan pendamping atau teman nasi. Selain itu, cara memasak daun ubi tumbuk khas Medan ini juga sangat mudah dan praktis.

A. Manfaat Daun Ubi/Singkong

Ternyata di samping ubi atau singkong yan digunakan untuk dijadikan bahan makanan, daunnya juga begitu enak di lidah dan mengandung banyak manfaat. Bahkan, tak sedikit masyarakat Indonesia yan menyukai daun singkong ini. Daun singkong atau ubi termasuk penganan yan sangat akrab bagi lidah masyarakat Indonesia khususnya yang berada di area pedesaan. Karena tak jarang mereka menyantap daun singkong untuk dijadikan lalapan. Selain itu, tanaman singkong memang begitu banyak serta mudah di dapatkan di Indonesia. Hal inilah yg menjadikan bahan makanan baik dari buah singkongnya maupun daun singkongnya itu sendiri, banyak digunakan sebagai salah satu kuliner nusantara.

Resep daun ubi tumbuk mandailing,resep daun ubi tumbuk sederhana,cara masak daun ubi tumbuk yang enak,daun ubi tumbuk khas batak,resep daun ubi tumbuk tumis,cara memasak daun ubi jalar,

Selain enak, ternyata daun singkong juga memiliki kandungan gizi yng begitu bervariasi, sama halnya dengan jenis sayuran hijau yg lainnya. Daun ini pun mempunyai kandungan serat cukup tinggi. Adapun kandungan gizi yg tinggi yng terkandung pada daun singkong adalah seperti karbohidrat, asam amino essensial, vitamin A dan B1, serat, dan juga protein. Dengan kandungan gizi yg dimiliki oleh daun singkong inilah, bahan makanan yg satu ini memiliki manfaat yng cukup banyak.

Daun singkong termasuk protein nabati dengan kandungan cukup besar. Makanan yg satu ini termasuk protein nabati dengan kandungan vitamin B tinggi. Adapun vitamin B ini begitu diperlukan dalam proses pembangunan sel-sel di dalam tubuh untuk membentuk enzim yng berperan dalam metabolisme tubuh. Dengan begitu, daun singkong atau ubi inii bisa membantu proses metabolisme di dalam tubuh kita. Tak hanya itu saja, kandungan asam amino essensial atau beragam protein menjadikan daun singkong inii memberikan peranan untuk menambah energi dalam tubuh. Sebab, asam amino essensial dalam daun singkong berperan dalam konversi karbohidrat menjadi sebuah energi untuk tubuh.

Resep daun ubi tumbuk mandailing,resep daun ubi tumbuk sederhana,cara masak daun ubi tumbuk yang enak,daun ubi tumbuk khas batak,resep daun ubi tumbuk tumis,cara memasak daun ubi jalar,

B. Resep Daun Ubi Tumbuk Khas Medan

Nah, dengan ulasan kandungan gizi yg terdapat pada daun singkong di atas tentunya kita tak ragu lagi untuk mengolah daun ubi menjadi olahan masakan yg begitu lezat. Anda semakin penasaran bukan, dengan cara memasak daun ubi tumbuk khas Medan ini? Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini:

Bahan-bahan yang digunakan:

• 500 cc santan
• 1 ruas jahe
• 1 ikat daun singkong/ubi
• 10 butir terung pipit atau takokak
• 1 buah honje
• 2 siung bawang putih
• 1 lebar daun salam
• 1 batang serai
• 5 buah cabai rawit atau sesuai selera
• 5 siung bawang merah
• Ebi secukupnya
• Tomat secukupnya
• Garam secukupnya

Cara memasak daun ubi tumbuk khas Medan:

1. Pertama-tama siapkan terlebih dulu bahan-bahan yg diperlukan seperti diatas.
2. Kemudian haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, ebi, dan cabai rawit. Lalu tambahkan daun ubi, kincong dann takokak. Selanjutnya tumbuk kasar lalu pastikan agar semua bahan tadi tercampur merata.
3. Lalu siapkan air panas pada panci lalu masukkan daun salam, serai dan lengkuas atau laos. Masukkan garam secukupnya saja lalu tunggu sampai mendidih.
4. Tambahkan daun ubi tumbuk. Kemudian masak sampai setengah matang serta sampai air mengering, lalu masukkan santan.
5. Aduk secara terus menerus dann perlahan agar santan tidak pecah.
6. Masukkan tomat lalu aduk sampai daun ubi matang, angkat da sajikan.
Untuk menambah selera masakan Anda, bisa menyajikannya bersama nasi putih yan masih hangat dipadukan dengan sambal dan ikan asin yang digoreng. Sajian makanan yang satu ini dijamin bakal menggugah selera makan Anda. Ya, demikian ulasan mengenai cara memasak daun ubi tumbuk khas Medan!