Tips Resep dan Cara Membuat Bakso Ikan Lele Goreng

Resep Membuat Bakso Ikan Lele Goreng - Sudah pernahkah Anda mendengar bakso ikan lele goreng? Mungkin sebagian orang belum mengetahui telah ada menu sajian baru bakso ikan lele goreng. Padahal sudah banyak diberbagai daerah yang menjualnya namun masih relatif sedikit. Jika Anda ingin membuatnya, bakso ikan lele goreng sangat mudah dibuat, mulai dari bahan yang mudah dicari dan cara membuat bakso ikan lele goreng. Seperti yang kita tahu, bakso sendiri merupakan makanan yang sangat populer karena mempunyai cita rasa yang enak dan tekstur agak kasar jika bakso urat dan halus jika digiling halus. Hampir semua orang Indonesia menyukai bakso karena enak dan bergizi.

cara membuat bakso tahu,cara membuat bakso ikan tongkol,cara membuat bakso ikan goreng,cara membuat bakso ikan bandeng,cara membuat kuah bakso ikan,cara membuat bakso ikan tuna,
Baca juga: Resep Membuat Bakso Ikan Tenggiri dan Tongkol
Sebenarnya, bakso merupakan salah satu jenis bola daging yang sangat mudah ditemukan di masakan Indonesia. Pada umumnya, bakso dibuat dari campuran daging sapi yang digiling dan dicampur dengan tepung tapioka. Namun semakin muncul ide-ide kreatif dari penjual bakso yang tidak hanya menghadirkan bakso daging ayam dan bakso daging sapi. Kini sudah ada bakso daging ikan, bakso udang dan bahkan bakso ikan lele yang wajib untuk dicoba. Memang dalam penyajiannya bakso akan lebih enak jika disajikan dengan kuah bening dan menu pelengkap lainnya. Misalnya di atasnya ditaburi dengan bawang goreng atau dicampur dengan loncang serta seledri.

cara membuat bakso tahu,cara membuat bakso ikan tongkol,cara membuat bakso ikan goreng,cara membuat bakso ikan bandeng,cara membuat kuah bakso ikan,cara membuat bakso ikan tuna,

Resep Membuat Bakso Ikan Lele Goreng

Mungkin bakso ikan lele goreng dapat Anda jadikan sebagai menu sajian yang spesial di meja keluarga. Jika sukses membuatnya, Anda boleh menjadikan makanan ini sebagai lahan bisnis yang menguntungkan. Berikut cara membuat bakso ikan lele goreng:
Bahan utama membuat bakso ikan lele goreng:
1. 200 gram daging ikan lele sudah dihaluskan
2. ½ sendok teh gula pasir
3. 1 sendok teh garam
4. 1 putih telur
5. 50 gram tepung sagu
6. 25 ml air
7. Minyak secukupnya
8. Tusuk sate
Bumbu halus bakso ikan lele goreng:
1. 1 sendok makan ebi sudah diseduh dan digoreng
2. 2 buah cabai kering sudah digoreng
3. 3 siung bawang putih sudah digoreng
Cara membuat bakso ikan lele goreng:
1. Pertama-tama, campurkan semua bahan daging ikan lele dengan telur, gula pasir, garam dan air es sambil diaduk sampai merata.
2. Kemudian, masukkan tepung sagu dan aduk kembali sampai rata lalu uleni hingga benar-benar tercampur merata.
3. Selanjutnya, jika sudah persiapkan rebusan air hingga mendidih.
4. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat seperti bakso dengan menggunakan garpu atau sendok makan.
5. Masukkan bakso ke dalam rebusan air mendidih dan jika sudah mengapung sudah matang dan angkat tiriskan.
6. Tusuk bakso menggunakan tusuk sate dan panaskan minyak lalu goreng.
Umumnya kita sering menjumpai bakso tusuk yng berkuah, namun bakso ikan lele goreng dapat menjadi makanan pelengkap bersama mie goreng, cap cay dan nasi goreng. Karena bakso ikan lele goreng ini bahan utamanya adalah lele goreng, jadi Anda harus benar-benar memilih jenis ikan lele yng baik. Sebab jika tidak memilih ikan lele yang baik maka tidak akan menimbulkan manfaat namun bisa menimbulkan celaka pada kesehatan Anda. Ikan sendiri adalah salah satu makanan yng mudah rusak, kandungan protein yang tinggi inilah yng dapat menyebabkan bau busuk menyengat.

Tips Memilih Ikan Lele Yang Baik

Cara membuat bakso ikan lele goreng yang higienis pun harus diiringi dengan bahan utama yang higienis. Oleh sebab itu, karena lele merupakan bahan utama pembuatan bakso sehingga harus benar-benar diperhitungkan nilai kesehatannya. Berikut tips memilih lele yang sehat dan segar:
1. Pilihlah ikan lele yang bergerak dengan lincah, karena hal ini menandakan lele masih dalam keadaan baik dan segar.
2. Ikan lele yang sudah dibeli dapat disimpan di dalam kulkas selama 3 hingga 4 hari sebelum dimasak jangan sampai melebihi batas tersebut.
3. Pilihlah insang ikan lele yang masih berwarna merah dan matanya jernih.
4. Hindari membeli lele yang lendirnya banyak dan warnanya matanya abu-abu.
Memang jenis ikan lele rasa terbaik adalah ikan lele yang dibeli masih dalam keadaan hidup. Oleh karena itu, Anda harus merelakan tangan Anda untuk mengolahnya agar hasilnya enak dan menyehatkan. Demikian penjelasan mengenai cara membuat bakso ikan lele goreng, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.