Resep dan Cara Membuat Bakso Urat Yang Enak

Resep dan Cara Membuat Bakso Urat - Lagi-lagi kita akan membahas bakso. Bakso memang tidak ada habisnya untuk dibicarakan, selain rasanya yang enak bakso juga mengandung khasiat sangat banyak sekali. Asal cara masaknya baik dan olahan bumbunya pas, pasti akan terasa enak. Bakso urat biasanya bahan dasarnya adalah urat sapi yang sudah di giling dan dilembutkan. Setelah itu barulah kemudian diolah menjadi butiran bakso dengan rasa yang beraneka ragam.

cara membuat bakso yang enak,cara membuat bakso urat spesial,membuat bakso sendiri,cara membuat bakso ikan,cara membuat kuah bakso,cara membuat bakso urat jumbo,
Baca juga : Inilah Cara Membuat Bakwan Sayur Renyah Malang
Bakso juga sangat cocok untuk makanan rumahan dan untuk penyegaran makanan. Banyak orang yang suka bakso urat sapi lantaran urat sapi ini harganya mahal, tetapi karena sudah masuk menjadi bakso maka harganya menjadi ekonomis. Rata-rata bakso urat sapi dipatok harga antara 10.000 hingga 15.000 per mangkuknya. Tentunya harga demikian tersebut sangatlah murah karena Anda tinggal menyantapnya tanpa harus repot-repot membuat sendiri.

Bagi Anda yang ingin membuat bakso urat sendiri, tentunya Anda juga bisa melakukannya. Yg Anda perlukan hanya bahan-bahan dan cara mengolahnya, melalui tulisan ini, Anda juga akan mendapatkan resep jitu yg paling enak untuk membuat bakso urat. Dijamin ketika Anda menggunakan resep ini, bakso urat yang Anda buat akan menggugah selera dan membuat keluarga menjadi senang. Cara membuat bakso urat yang enak tidak perlu mengeluarkan biaya banyak. Kemungkinan bahan yg agak mahal adalah urat sapinya, selain itu semuanya ekonomis dan terjangkau.

cara membuat bakso yang enak,cara membuat bakso urat spesial,membuat bakso sendiri,cara membuat bakso ikan,cara membuat kuah bakso,cara membuat bakso urat jumbo,

Ada banyak orang yang membuat bakso urat ini, tetapi masing-masing mempunyai varian rasa yg berbeda. Hal itu tergantung dengan bahan yg digunakan, campuran bahan dan resep yg digunakan pula. Apabila Anda mau membuat bakso urat tetapi bahannya hanya ala kadarnya, jangan harap bakso urat Anda akan enak dan lezat. Tentu saja Anda harus membeli bahan yang murah tetapi mempunyai kualitas tinggi. Misalnya, jika Anda membeli urat sapi belilah yg masih segar. Jangan sampai Anda membeli urat sapi yang sudah hampir busuk, hal itu akan beresiko pada penyakit.

Cara membuat bakso urat yang enak juga harus memperhatikan bahan dasarnya. Bahan dasar yng perlu Anda beli untuk pembuatan bakso urat ini sangat mudah untuk dijangkau. Di pasar atau di toko-toko kelontong, pasti menjual bumbu-bumbu masak. Akan lebih murah apabila Anda membelinya langsung dari pasar untuk bahan-bahan yng Anda butuhkan. Untuk urat sapi sendiri, Anda bisa membelinya secara langsung di tempat penjualan daging sapi, disana biasanya juga menjual urat sapi dengan harga terjangkau. 

Sebelum Anda pergi ke pasar dan membeli bahannya, catat terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini agar Anda tidak lupa untuk membelinya. Berikut adalah bahan-bahan yng digunakan untuk membuat bakso urat.

Langkah Pembuatan Bakso Urat Yang Enak

Bahan-bahan:
  • Sediakan 200 gram daging sapi. Usahakan daging sapi sudah dipotong-potong kasar. Apabila Anda ingin memotongnya secara halus, juga tidak menjadi masalah.
  • Sediakan 50 gram es batu atau 100 ml air es.
  • Sediakan 50 gram tepung tapioka.
  • Sediakan urat daging sapi.
Bumbu-bumbu:
  • 1 sendok bawang putih goreng yang sudah dihaluskan
  • 1 sendok bawang merah goreng yang sudah dihaluskan
  • ¼ sendok penyedap rasa
  •  ½ sendok garam halus
Kuah bakso urat:
  • Sediakan 1.000 ml air bersih
  • Sediakan 1 sendok bawang merah goreng yng sudah dihaluskan
  • Sediakan ½ sendok bawang putih goreng yng sudah dihaluskan
  • Sediakan 1 sendok merica bubuk
  • Sediakan ¼ sendok penyedap rasa
  • Sediakan 1 sendok gula pasir
  • Sediakan tetelan daging dan tulang sapi secukupnya
  •  Sediakan garam secukupnya 
Cara memasaknya
  1. Masukkan bahan beserta bumbu ke dalam mesin penggilingan agar semuanya bisa menjadi halus dan mudah untuk di adonkan.
  2. Pada setengah penggilingan, masukkan tepung tapioka lalu giling kembali.
  3. Setelah adonan halus, maka tugas selanjutnya adalah membuat bulatan bakso urat dengan menggunakan tangan.
  4. Sediakan air dalam panci lalu panaskan hingga mendidih.
  5. Masukkan bulatan bakso urat tersebut ke dalam air yng sudah dipanaskan. Usahakan api jangan sampai padam.
  6. Bulatan bakso urat yng sudah mengapung berarti sudah matang, angkat lalu tiriskan agar air yang menempel di bulatan bakso urat tersebut berkurang. 
Cara membuat bakso urat yang enak sangatlah mudah sekali. Anda tinggal membeli berbagai resep yang sudah tertulis di atas lalu olah sebagaimana intruksi yang sudah ada.