Resep dan Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri dan Tongkol

Resep Membuat Bakso Ikan Tenggiri dan Tongkol - Jajanan kuliner khas Indonesia memang susah lepas di hati para penggemarnya, khususnya kaum hawa yang suka menjelajahi kuliner. Salah satu jajanan Indonesia yang mesti dan wajib dicoba adalah bakso, karena mungkin hampir seluruh penduduk Indonesia menyukai bakso, atau minimal pernah merasakan bakso. Makanan bakso ini memang sangat mudah ditemukan dan menjadi favorit orang. Sebab bakso yang dijual tidak hanya bakso ayam namun bakso urat, bakso rudal, bakso dari ikan tenggiri dan tongkol.

cara membuat bakso ikan lele, cara membuat bakso ikan tenggiri goreng, cara membuat bakso ikan tenggiri kenyal, cara membuat bakso ikan tuna, cara membuat kuah bakso ikan tenggiri,
Baca juga: Cara Membuat Bakso Udang Tusuk Paling Enak
Padahal cara membuat bakso ikan tenggiri dan tongkol sangat mudah sekali dipraktekkan. Sehingga Anda tidak usah mengantri hanya untuk menikmati semangkuk bakso ikan tenggiri dan ikan tongkol. Memang bakso ikan tenggiri sering kita dengar dan nikmati, namun bagaimana dengan bakso ikan tongkol? Bisa jadi Anda belum banyak orang mendengar dan merasakannya. Akan tetapi bakso ikan tenggiri dan bakso ikan tongkol merupakan salah satu resep makanan dari Indonesia yang populer dan istimewa. Sebab, cita rasa bakso ikan tenggiri dan ikan tongkol tidak kalah nikmat dan lezat dari bakso daging ayam maupun sapi.

cara membuat bakso ikan lele, cara membuat bakso ikan tenggiri goreng, cara membuat bakso ikan tenggiri kenyal, cara membuat bakso ikan tuna, cara membuat kuah bakso ikan tenggiri,


Jika dilihat tekstur penampilannya, bakso ikan tenggiri dan ikan tongkol berbeda dengan bakso sapi. Apabila bakso sapi mempunyai tekstur yang kasar, bakso ikan tenggiri dan ikan tongkol mempunyai tekstur yang halus.

Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri Dan Ikan Tongkol Mudah dan Lezat

Berikut ini cara membuat bakso ikan tenggiri dan tongkol dengan mudah yang bisa ibu coba di rumah:
Bahan bakso ikan tenggiri:
1. 300 gram daging ikan tenggiri
2. 30 gram tepung kanji
3. ½ sendok teh kaldu instan rasa ayam
4. ½ sendok teh garam
5. 1 batang daun bawang dipotong halus
6. 1 butir telur ayam
7. 100 ml air es
Bahan bakso ikan tongkol:
1. 300 gram daging ikan tongkol
2. 30 gram tepung kanji
3. ½ sendok teh kaldu instan rasa ayam
4. ½ sendok teh garam
5. 1 batang daun bawang dipotong halus
6. 1 butir telur ayam
7. 100 ml air es
Bahan kuah bakso ikan tenggiri dan ikan tongkol:
1. 1 sendok makan garam
2. ¼ sendok teh merica bubuk
3. 1 batang daun seledri
4. 1500 ml air bersih
Bahan pelengkap bakso ikan tenggiri dan tongkol
1. Sambal bakso
2. Bawang goreng
Cara membuat bakso ikan tenggiri dan tongkol:
1. Pertama-tama, campurkan ikan baik tenggiri dan tongkol yang sudah digiling dengan putih telur, garam dan kaldu. Kemudian, tuangkan air sambil diaduk menggunakan mixer agar merata dan tidak timbul gumpalan.
2. Masukkan tepung terigu dan daun bawang ke adonan sambil diaduk dengan merata dan kental. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulat seperti bakso dengan tangan dan bantuan sendok.
3. Rebus air sampai mendidih. Jika bakso mengambang, artinya bakso sudah matang lalu diangkat dan ditiriskan.
4. Untuk membuat kuah bakso, rebus air kaldu ayam dengan merica halus, garam dan seledri sampai mendidih.
5. Tuang butiran bakso di dalam mangkuk dan siram menggunakan kuahnya.
6. Tambahkan bawang goreng dan bakso siap dinikmati.

Kandungan Ikan Tenggiri dan Tongkol Membuat Kinerja Otak Baik

Ikan tenggiri dan ikan tongkol adalah sumber makanan hewani yang baik untuk tubuh manusia. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa kandungan-kandungan yang ada di dalam ikan tenggiri dan ikan tongkol sangat bermanfaat untuk manusia. Apabila ikan dikonsumsi setiap hari apalagi anak-anak dimasa pertumbuhannya maka dapat menjadikan dia tumbuh sehat dan tinggi. Selain itu kecerdasan pada anak pun akan semakin meningkat. Berikut ini manfaat ikan tenggiri dan ikan tongkol.
1. Kesehatan
Ikan tenggiri dan ikan tongkol mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Konsumsilah kepalanya, karena Anda akan mendapatkan asupan yodiumnya yang dapat memenuhi kebutuhan zat tiroid di dalam tubuh dan mengandung gelatin yang bisa bermanfaat agar kesehatan pencernaan terjaga.
2. Meningkatkan kecerdasan otak
Bagi anak-anak yang sedang di dalam masa pertumbuhan, sebaiknya konsumsilah ikan tenggiri atau tongkol minimal 2 kali. Karena sangat membantu sekali untuk meningkatkan fungsi dan kinerja otak.
Itulah resep dan cara membuat bakso ikan tenggiri dan tongkol serta manfaat dari ikan tenggiri maupun tongkol semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba.