Resep dan Cara Memasak Semur Tahu Telur Sedap Sederhana

Cara memasak semur tahu telur sedap sederhana mirip dengan cara memasak semur daging. Yang membedakan hanya jenis bahan yang digunakan. Semur merupakan salah satu jenis masakan nusantara yang dibuat menggunakan bahan dasar daging dan kentang atau bahan lainnya, seperti tahu, tempe, telur dan jengkol, kemudian dibumbui dengan kecap manis yang dimasak lama hingga meresap dan menciptakan cita rasa yang istimewa.

cara membuat semur tahu,cara bikin semur tahu dan telur,resep semur telur campur tahu,smur tahu,semur tahu coklat,cara memasak semur telur ceplok,cara memasak semur telur puyuh,
Baca juga: Cara Memasak Sop Daging Sapi
Dalam masakan semur, kecap manis merupakan bumbu utama yang harus ada. Kecap manis yang bahan dasarnya kedelai hitam tersebut akan memberikan rasa, aroma dan warna coklat pekat yang menjadi ciri khas dari semur. Selain itu, berbagai bumbu rempah khas nusantara seperti bawang merah, bawang putih, pala, cengkeh daan bumbu lainnya semakin menambah cita rasa dari masakan ini.

Semur merupakan warisan kuliner dari nenek moyang kita dahulu, dan dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia, meskipun setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Dalam kitab-kitab kuno, prasasti daan relief di beberapa candi yng ditemukan di Indonesia menyebutkan bahwa sayuran daging kerbau daan daging sudah dikenal sejak abad IX Masehi. Masuknya Belanda daan negara lain di masa penjajahan turut mengembangkan kreasi dan cita rasa dari masakan ini.

Semur berasal dari kata smoor dalam Bahasa Belanda, yang berarti masakan yng telah diolah/direbus menggunakan bawang daan tomat secara perlahan. Smoor juga bisa diartikan braising, yaitu teknik memasak dengan merebus lama menggunakan api kecil sampai daging menjadi empuk. Jenis masakan ini pernah menjadi hidangan utama dalam perjamuan yng sering diselenggarakan Belanda.

cara membuat semur tahu,cara bikin semur tahu dan telur,resep semur telur campur tahu,smur tahu,semur tahu coklat,cara memasak semur telur ceplok,cara memasak semur telur puyuh,


Semur adalah contoh nyata kuliner nusantara yng menunjukkan keragaman tradisi dari berbagai suku bangsa di Indonesia. Warisan yg diberikan turun-temurun dalam masyarakat kita. Semur saat ini sering meramaikan dalam berbagai perjamuan dalam perhelatan perkawinan ataupun dalam berbagai acara besar keluarga yg lainnya. Semur sering menjadi primadona yg dilirik para tamu. Bahkan restoran daan hotel pun tak sungkan untuk menyajikannya sebagai menu utama.

Lantas, bagaimanakah caranya menghadirkan kelezatan semur di meja makan keluarga? Sulitkah cara memasaknya? Ternyata, semur bisa dimasak dengan berbagai variasi, sehingga Anda bisa memilih jenis masakan semur yang bisa dimasak secara sederhana namun kena di lidah. Salah satunya adalah dengan membuat semur tahu telur yg cukup mudah untuk dibuat. Berikut akan kami bahas resep dan cara memasak semur tahu telur sedap sederhana yg bisa Anda coba di rumah.

Resep Memasak Semur Tahu Telur Yang Perlu dilakukan

Bahan utama yang diperlukan:
 Telur 8 butir, rebus sampai matang kemudian kupas bersih.
 Kentang 2 buah, kupas dann cuci bersih, kemudian potong menjadi 4 bagian jika kentangnya kecil.
 2 buah tahu putih, dipotong kotak-kotak kemudian digoreng kering.
 Kecap manis 4 sendok makan atau secukupnya.
 Minyak goreng untuk menumis.
 Air secukupnya.
Bumbu-bumbu yang diperlukan:
 Kemiri 4 butir, haluskan
 Bawang merah 4 siung, haluskan
 Bawang putih 4 siung, haluskan
 Kayu manis 2 ruas
 Garam secukupnya
 Buah pala secukupnya
 Jahe 1 ruas, memarkan
 Ketumbar bubuk 1 sendok teh
 Gula pasir ½ sendok teh
 Merica bubuk sebanyak 1 sendok teh

Cara memasak:

1. Siapkan wajan bersih, panaskan minyak, kemudian tumis semua bumbu halus hingga mengeluarkan bau harum.
2. Tuangkan air yg sudah disiapkan sebelumnya, tunggu sampai air daan bumbu mendidih.
3. Masukkan telur yang sudah direbus dan dikupas, kentang, daan juga tahu yg sudah digoreng kering secara perlahan-lahan sambil diaduk rata.
4. Tambahkan kayu manis, garam, gula pasir daan kecap manis, kemudian aduk perlahan hingga semua bumbu dan kecap tercampur rata.
5. Tunggu sambil aduk sesekali hingga kecap daan bumbu meresap ke dalam telur, tahu dan kentang, ditandai dengan warna masakan menjadi coklat tua, kentang sudah empuk dan bau harum menguat dari masakan.
6. Cicipi, apabila terlalu asin bisa ditambahkan air dann tunggu hingga mendidih.
Apabila masakan sudah matang, tempatkan semur yang Anda masak di piring untuk disajikan di meja makan. Sajikan hangat-hangat bersama nasi pulen hangat. Demikianlah resep dan cara memasak semur tahu telur sedap sederhana yang bisa Anda coba sebagai menu hidangan makan malam keluarga. Sekaligus sebagai upaya untuk melestarikan warisan kuliner nenek moyang. Selamat berkreasi.