Resep Cara Memasak Udang Goreng Tepung Lezat, Enak dan Gurih

Resep Cara Memasak Udang Goreng Tepung Lezat - Berikut ini akan dibagikan resep cara memasak udang goreng tepung paling sederhana. Udang goreng adalah sajian yang tidak perlu diragukan lagi kelezatan dan kenikmatannya. Udang goreng dapat menjadi lauk-pauk untuk makan siang atau makan malam yang sangat nikmat. Hanya membayangkannya saja sudah membuat banyak orang menelan ludah. Terlebih lagi jika sudah di depan mata, tentu sudah tidak sabar untuk segera menikmatinya. Sayangnya, udang goreng tepung yang dijual di pasaran harganya cukup mahal. Tidak semua orang mampu membelinya, terutama di rumah makan terkenal.

resep udang goreng,cara memasak udang goreng pedas,cara masak udang goreng kunyit,cara masak sambal udang,cara memasak udang goreng tepung,cara memasak udang goreng mentega,
Baca juga: Cara Memasak Udang Lobster Goreng Tepung

Resep Membuat Udang Goreng Tepung

Jika Anda ingin menikmati udang goreng tepung yang enak dan lezat namun dengan harga yang lebih murah, cobalah untuk membuatnya sendiri. Membeli udang mentah akan jauh lebih murah dibandingkan membeli uddang goreng tepung yang sudah matang. Setelah itu Anda dapat mengolahnya sendiri menjadi uddang goreng tepung, cara ini tentu patut untuk Anda coba. Untuk membuat udang goreng tepung sebenarnya tidaklah sulit, Anda dapat mencobanya sendiri di rumah. Simaklah uraian resep cara memasak udang goreng tepung berikut ini dan ikuti setiap langkah-langkahnya.
Sebelum membahas mengenai cara pembuatannya, sediakan terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini:
Bahan-bahan:
- Udang berukuran sedang ½ kg
- Merica atau lada bubuk ½ sendok teh
- Tepung terigu 100 gram
- Tepung tapioka 50 gram
- Garam halus ½ sendok teh
- Jeruk nipis 1 buah (peras dan gunakan airnya saja)
- Kecap ikan 1 sendok teh
- Air bersih 150 ml
- Tepung panir secukupnya
- Bawang putih 2 siung (haluskan)
- Minyak goreng secukupnya

Cara Memasak Udang Goreng Tepung Renyah

1. Bersihkan udang
Bersihkan terlebih dahulu udang yang sudah Anda persiapkan, buang kulit atau kerat punggungnya. Untuk kepalanya silakan sesuaikan dengan selera Anda, jika tidak suka maka silakan dibuang. Namun jika Anda suka maka biarkan kepala udang, tidak perlu membuangnya. Setelah itu, cuci sampai bersih, tiriskan lalu rendam uddang menggunakan air perasan jeruk nipis selama kurang lebih 30 menit. Jika sudah bersihkan lagi uddang tersebut lalu tiriskan, sisihkan terlebih dahulu.

2. Buat adonan tepung
Selanjutnya, siapkan mangkuk lalu masukkan tepung terigu dan tepung tapioka ke dalamnya. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai merata, usahakan adonan agar tidak terlalu kental atau terlalu encer. Masukkan juga garam, lada, kecap ikan dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Aduk-aduk lagi sampai tercampur merata lalu sisihkan terlebih dahulu.

3. Panaskan minyak goreng
Selanjutnya, panaskan minyak goreng secukupnya untuk menggoreng udang. Usahakan minyak gorengnya cukup banyak, api yang digunakan jangan terlalu besar agar tidak mudah gosong. Setelah minyak cukup panas, masukkan uddang ke dalam adonan tepung lalu gulirkan di atas tepung panir. Tempatkan tepung panir di atas piring agar lebih mudah untuk menggulirkan uddang. Setelah itu masukkan udang ke dalam minyak panas, goreng hingga matang.

4. Sajikan
Lakukan langkah tersebut sampai semua udang digoreng, jika warnanya sudah kuning kecokelatan maka Anda dapat mengangkatnya. Setelah itu tiriskan terlebih dahulu lalu sajikan udang goreng tepung buatan Anda selagi masih hangat.

resep udang goreng,cara memasak udang goreng pedas,cara masak udang goreng kunyit,cara masak sambal udang,cara memasak udang goreng tepung,cara memasak udang goreng mentega,


Itulah cara membuat udang goreng tepung yang enak, lezat dan juga renyah. Anda dapat mencobanya sendiri di rumah, tidak perlu takut gagal atau tidak enak. Jika cara tersebut terlalu rumit untuk Anda lakukan, Anda dapat mengganti adonan tepung dengan membeli tepung siap saji. Ada banyak tepung siap saji yang dijual di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau. Anda dapat membeli tepung untuk menggoreng udang instan, biasanya di kemasan terdapat keterangan bagaimana cara penggunaannya. Anda dapat menggoreng udang menggunakan tepung siap saji tersebut, rasanya tidak jauh berbeda.

Untuk tepung panir, Anda dapat menggunakannya atau tidak tergantung dari selera Anda. Jika ingin menambah kerenyahan udang goreng tepung yang Anda buat maka gunakanlah. Namun jika Anda tidak ingin menggunakannya maka tidak masalah, tidak akan mempengaruhi kenikmatan udang goreng tersebut. Mudah sekali bukan cara membuat udang goreng tepung sendiri di rumah? Untuk menikmati udang goreng tepung yang enak, Anda tidak harus membayar mahal. Membuatnya sendiri akan jauh lebih murah dan tentunya lebih higienis. Sekian yang dapat disampaikan mengenai cara memasak udang goreng tepung.