Resep Cara Memasak Tumis Kacang Panjang Sedap Bergizi

Resep Cara Memasak Tumis Kacang Panjang - Kacang panjang merupakan salah satu jenis sayuran kacang-kacangan yang mempunyai serat dan gizi yang tinggi. Olahan masakan kacang panjang juga sangat praktis untuk dipraktekkan, salah satunya yaitu tumis kacang panjang. Cara memasak tumis kacang panjang yang sedap dan bergizi ini sangatlah praktis, karena Anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja tumis kacang panjang bisa tersaji di meja makan Anda. Untuk menambah cita rasa dari tumis kacang panjang ini, Anda bisa menambahkan berbagai bahan tambahan seperti tempe dan daging ayam. Selain menambah lezat makanan, daging ayam juga akan menambah nilai gizi dalam tumis kacang panjang.

cara memasak tumis kacang panjang dan toge,cara memasak tumis kacang panjang dan tahu,cara memasak tumis kacang panjang sederhana,cara memasak tumis kacang panjang yang enak,
Baca juga: Resep Tumis Kangkung Terasi Sederhana
Penambahan bahan tambahan tempe dan daging ayam pada tumis kacang panjang ini memang bisa menambah nilai gizi dalam masakan ini. Terlebih lagi kacang panjang sendiri sudah kaya akan mineral daan vitamin yang baik untuk tubuh. Kacang panjang termasuk dalam sayuran hijau yang kaya akan antioksidan dan vitamin C, sehingga sayuran ini bisa membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh daan membuat tubuh tetap sehat. Tidak hanya mengandung antioksidan saja, dalam kacang panjang juga mengandung vitamin K yang cukup banyak.

Fungsi dari vitamin K ini cukup banyak salah satunya adalah untuk mencegah terjadinya pengerasan pada pembuluh darah di jantung. Keuntungannya, tentu saja orang yng sering mengkonsumsi kacang panjang ini akan memiliki jantung yang lebih sehat daan terhindar dari berbagai penyakit jantung yang bisa menyebabkan risiko kematian. Selain bisa menguatkan pembuluh darah, vitamin K pada kacang panjang ini juga bisa membantu menguatkan tulang sehingga menghindarkan tubuh mengalami osteoporosis atau pengeroposan tulang. Tak hanya itu, vitamin K juga sangat bagus untuk pencegahan penyakit diabetes melitus karena bisa menjadi insulin alami pada tubuh.

cara memasak tumis kacang panjang dan toge,cara memasak tumis kacang panjang dan tahu,cara memasak tumis kacang panjang sederhana,cara memasak tumis kacang panjang yang enak,

Dalam kacang panjang tidak hanya mengandung banyak vitamin K, namun juga mengandung vitamin B kompleks yng bisa membantu menjaga stamina dalam tubuh. Vitamin B kompleks yang ada dalam kacang panjang ini sangatlah banyak sehingga bisa membantu memulihkan stamina orang yang mengalami kecapekan atau kelelahan. Mengkonsumsi kacang panjang secara rutin juga bisa membuat tubuh semakin sehat daan mempunyai banyak stamina. Olahan tumis kacang panjang dengan tempe daan daging ayam ini sangatlah cocok untuk Anda yang mempunyai aktivitas yang banyak setiap harinya.

Bahan Serta Cara Memasak Tumis Kacang Panjang

Untuk Anda yang tertarik mengolah kacang panjang ini menjadi tumis dengan tempe dan ayam, siapkanlah bahan-bahan buat cara memasak nya berikut ini:
• 300 gram kacang panjang
• Fillet daging ayam 200 gram
• Tempe 150 gram
• Cabe merah 6 buah
• Cabe rawit 5 buah
• Bawang merah 6 butir
• Lengkuas 2 cm
• Bawang putih 3 buah
• Daun salam 2 lembar
• Gula pasir ½ sendok teh
• Garam ½ sendok makan
• Minyak goreng 3 sendok makan atau secukupnya

 

Adapun Langkah Cara Memasak Tumis Kacang Panjang

  1. Bersihkan kacang panjang daan buang ujungnya, lalu iris memanjang 3 cm atau sesuai dengan selera Anda lalu tiriskan.
  2. Cuci bersih filet ayam kemudian potong dadu kecil-kecil daan sisihkan juga. Jangan lupa potong tempe menjadi dadu seukuran dengan potongan fillet daging ayam. Setelah itu, tempe sisihkan tempe bersama dengan daging ayam
  3. Irislah cabe merah, cabe rawit, bawang putih, dan bawang merah menyerong tipis ukuran sesuai dengan selera Anda. Jika Anda suka pedas, Anda bisa menambahkan cabe merah dan cabe rawitnya
  4. Siapkan minyak panas kemudian tumislah bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, daun salam, dan lengkuas yang sudah dimemarkan sampai harum dan layu.
  5. Setelah itu, masukkan fillet daging ayam dan tempe, lalu tambahkan kecap dan tumis lagi sampai ayam berubah warna dan matang.
  6. Tambahkan irisan kacang panjang tadi lalu tumis sampai kacang panjang matang lalu tambahkan gula dan garam. Jangan masak kacang panjang terlalu lama.
  7. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Usahakan dalam memasak kacang panjang tidak terlalu lama. Karena jika dimasak terlalu lama, maka kacang panjang akan terlihat tidak segar lagi dan kandungan vitamin serta mineralnya juga akan hilang. Seperti pada panduan cara memasak tumis kacang panjang di atas, hendaknya masak terlebih dahulu daging ayam dan tempe sampai matang kemudian masukkan kacang panjang dan masak sebentar saja. Jika ingin menumis kacang panjang, sebaiknya jangan direbus terlebih dahulu agar kacang panjang tidak terlihat layu dan vitaminnya tidak hilang.