Resep Cara Memasak Terong Ungu Sambal Merah yang Enak Pencegah Kanker

Resep Cara Memasak Terong Ungu Sambal Merah - Terong ungu merupakan salah satu jenis terong yang enak untuk dikonsumsi, terlebih lagi jika dimasak dengan sambal merah, rasanya pasti sangat menggugah selera. Cara memasak terong ungu sambal merah yang enak ini tidaklah sulit karena bahan yang digunakan sangat mudah didapatkan dan tingkat kepedasan dari sambalnya bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda dan keluarga. Dengan begitu, perpaduan rasa pedas dan rasa enak dari terong ungu yang sudah digoreng atau dibakar akan semakin menambah semangat Anda untuk makan.

cara memasak terong ungu santan,cara memasak terong ungu yang sehat,cara memasak terong ungu yang enak,cara memasak terong goreng tepung,cara mengolah terong ungu yang benar,
Baca juga: Resep Tongseng Daging Sapi Empuk
Tahukah Anda, bahwa ternyata terrong ungu sambal merah tidak hanya untuk dikonsusmi, namun juga bisa digunakan sebagai makanan untuk mencegah kanker. Banyak orang yg belum menyadari bahwa terong ungu merupakan salah satu sayuran yg mengandung banyak kandungan antioksidannya. Dalam terrong ungu ini mengandung zat yg disebut dengan fenolik yg berperan sebagai antioksidan dan mampu untuk menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Selain itu, fenolik dalam terrong ungu juga berfungsi untuk mencegah LDL atau kolesterol jahat.

Terong ungu tidak hanya bisa mencegah kanker saja, namun jika dikonsumsi secara rutin bisa membantu mengobati penyakit kanker. Selain itu, kandungan nasunin yg ada dalam terrong juga baik untuk kesehatan otak. Siapa saja yg suka memakan terrong ungu, maka kesehatan otaknya pun juga akan terjaga dengan baik. Hal ini karena nasunin termasuk salah satu zat yg bisa membantu dalam menjaga sel otak agar tidak rusak. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam terrong juga bisa membuat kulit menjadi sehat dan tetap awet muda. Jadi, para ladies yg ingin kulit sehat, perbanyaklah mengkonsumsi terong sambal merah.

Bahan dan Cara Memasak Terong Ungu Sambal Merah

Apakah Anda masih ragu untuk mengkonsumsi terrong ungu setelah mengetahui banyaknya dan luar biasanya manfaat dari terrong ungu ini? Sebenarnya, olahan makanan dari terong ungu ini sangatlah banyak, salah satunya yaitu terrong ungu sambal merah. Bahan dan cara memasak terong ungu sambal merah yng enak ini sangatlah mudah, karena semua bahannya bisa didapatkan di pasar tradisional ataupun di warung-warung terdekat.

cara memasak terong ungu santan,cara memasak terong ungu yang sehat,cara memasak terong ungu yang enak,cara memasak terong goreng tepung,cara mengolah terong ungu yang benar,


Untuk Anda yng ingin mencoba memasak terong ungu sambal merah yang enak, Anda bisa menyiapakan beberapa bahan dibawah ini:
Bahan Utama Memasak Terong Sambal Merah
• Terong ungu ukuran besar sebanyak 350 gram
• Air putih masak sebanyak 100 mililiter
• Kecap manis sebanyak 2 sendok makan
• Minyak goreng sebanyak 2 sendok makan atau secukupnya
Bumbu Memasak Terong Ungu Sambal Merah:
• Cabe rawit merah sebanyak 35 gram atau bisa ditambah jika suka pedas
• Tomat merah sebanyak 2 buah
• Bawang merah sebanyak 6 butir
• Bawang putih sebanyak 4 siung
• Gula merah secukupnya
• Garam secukupnya
• Penyedap rasa secukupnya, jika suka

Cara Memasak Terong Ungu Sambal Merah

1. Cucilah terong ungu yng sudah disiapkan sampai bersih dan buanglah tangkainya.
2. Belahlah terong ungu menjadi dua bagian lalu potonglah sesuai dengan selera Anda. Jika ukuran terong tidak besar cukup, belah menjadi dua bagian.
3. Selanjutnya, panaskan minyak goreng yng sudah disiapkan kemudian goreng terong ungu yng sudah dibersihkan sampai dengan setengah matang. Usahakan pada saat menggoreng ini tidak terlalu matang dan gosong agar rasa terong ungunya lebih enak.
4. Setelah itu, tumislah bumbu yng sudah dihaluskan dengan sisa minyak goreng untuk menggoreng terong. Setelah tercium bau harum, masukkan terong yng sudah setengah matang tadi. Aduk sampai merata dengan menggunakan api sedang.
5. Tambahkan garam, kecap, gula merah, penyedap rasa, dan air. Masak terong ungu sampai air menyusut dan bumbu menyerap ke dalam terong.
6. Angkat kemudian sajikan selagi hangat.
Sudah terbayang bukan, bagaimana lezatnya terong ungu yang dimasak dengan sambal merah ini? Sajian terong sambal merah ini sangat cocok jika disajikan bersama dengan nasi putih yang masih hangat. Jika Anda suka dengan masakan yang pedas, Anda bisa menambahkan jumlah cabe yg digunakan. Atau bagi Anda yng tidak menyukai rasa pedas, Anda juga bisa mengurangi jumlah cabenya. Selamat mencoba, semoga berhasil.