Resep Andalan Ibu Pintar, Cara Membuat Acar Timun dan Wortel Sepuluh Menit

Cara Membuat Acar Timun dan Wortel Dalam Sepuluh Menit - Pernah menjumpai acar timun? Acar wortel? Atau acar segar campuran timun dan wortel? Acar adalah makanan pelengkap yang biasanya dibuat untuk mendampingi menu-menu dengan bumbu yang cukup lekat. Rasanya begitu segar juga warna acar nan cerah dirasa mampu menyeimbangkan makanan tradisional yang biasanya memiliki tekstur, warna, dan rasa yang pekat. Akan tetapi, sudahkah Anda pernah mencoba membuat acar timun dan wortel sendiri? Untuk Anda yang masih penasaran dengan cara membuat acar timun dan wortel, ada kabar gembira, karena sebenarnya resep dan caranya sangat mudah sekali.

cara membuat acar timun dan wortel mentah,cara membuat acar timun bumbu kacang,Resep acar timun wortel nanas,cara membuat acar timun dan wortel bumbu kuning,resep acar timun wortel matang,
Baca juga: Membuat Agar Agar Buah dan Cendol
Tidak seperti memasak rendang atau opor ayam yang seringkali menjadi menu pasangannya, acar timun termasuk makanan yang sangat mudah dibuat. Bahkan jika Anda cukup amatir memegang alat-alat memasak, asalkan sudah bisa memegang pisau dengan benar dijamin Anda bisa membuat resep acar yang cukup sedap. Acar memang bukan makanan yang bisa disimpan cukup lama, semakin segar buah timun dan wortel yang dipakai maka akan semakin segar pula rasanya. Rasa segar ini ternyata juga banyak dimanfaatkan penjual bakso dan mi ayam, untuk menjadikan acar sebagai menu pelengkap yang menambah cita rasa.

cara membuat acar timun dan wortel mentah,cara membuat acar timun bumbu kacang,Resep acar timun wortel nanas,cara membuat acar timun dan wortel bumbu kuning,resep acar timun wortel matang,


Penasaran mengapa rasa acar bisa begitu segar dan sesuai dengan berbagai jenis makanan? Jika begitu ingin tahu, mengapa tidak kita coba saja membuat acar timun dan wortel sendiri? Nah, berikut resepnya untuk Anda:

Resep Cara Membuat Acar Timun dan Wortel Mentah

Bahan-bahan:
• 1 kg mentimun segar
• 2 buah wortel
• 3 siung bawang merah
• 1 siung bawang putih
• 1 sendok teh garam halus
• 2 sendok makan cuka makan
• 3 buah cabai rawit
• 3 sendok makan gula pasir

Cara Membuat Acar Timun dan Wortel Mentah Namun Istimewa

1. Siapkan semua bahan dasar membuat acar, pertama bersihkan timun dengan cara membuang bagian ujung dan mengupas kulitnya.
2. Potong-potong buah timun yang telah bersih dan terkupas sempurna menjadi bentuk dadu ataupun bentuk korek api dengan ukuran agak besar. Jangan lupa untuk membuang bagian isinya, karena akan terlalu berair dan membuat acar tampak lembek. Sisihkan timun yang terpotong dalam wadah terlebih dahulu.
3. Selanjutnya mari kita menyiapkan wortel yang akan menjadi bahan campurannya. Pertama kupas bersih wortel dan cuci dengan air.
4. Potong wortel dengan bentuk yang sama seperti potongan mentimun. Sisihkan dalam wadah lebih dahulu.
5. Iris tipis semua bahan penyedap, yaitu bawang putih, bawang merah, dan cabai merah.
6. Siapkan wadah yang cukup besar untuk menampung semua bahan. Masukkan timun, wortel, irisan bahan penyedap, cuka gula pasir, dan garam. Aduk semua bahan hingga terblending dengan sempurna.
7. Acar timun dan wortel mentah segar Anda sudah siap disajikan.
Selain resep acar timun dan wortel mentah ada pula variasi lain dari acar yng disebut dengan acar timun kuning. Jika acar timun dan wortel diatas menggunakan bahan-bahan yng mentah atau tidak mengalami proses pemasakan menggunakan api, acar timun kuning termasuk acar matang atau setengah matang. Sebenarnya rasa kedua jenis acar ini tidak jauh berbeda, namun dari segi tampilan acar kuning tampak lebih mencolok karena menggunakan bahan pelengkap kunyit. Selain itu, jika Anda membutuhkan acar yang bisa bertahan lama sampai 24 jam, maka sebaiknya Anda membuat acar timun kuning saja.

Meskipun acar timun dan wortel mentah memiliki daya tahan yang lebih lemah dibandingkand engan acar timun kuning, namun ada juga kelebihannya. Acar timun mentah memiliki rasa yg lebih ringan. Selain itu tentu saja cara membuat acar timun dan wortel mentah ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan acar kuning. Untuk menu-menu masakan yng sudah terlalu pekat seperti sambel goreng ati, rendang, bahkan semur daging, memakai pendamping acar timun mentah akan terasa lebih pas karena rasanya yng begitu ringan dan segar. Tetapi tentu saja kembali lagi pada selera Anda, ingin memilih membuat acar yg amankah hari ini?