Ini Dia, Cara Memasak Sarden Kaleng ABC Pedas Manis Simpel Sedap

Cara Memasak Sarden Kaleng ABC Pedas Manis - Mengolah makanan lauk kalengan atau sarden memang cukup susah-susah gampang. Bagi yang belum terbiasa memasak, sarden yang dimasak kembali justru bisa kehilangan rasa asilnya, atau lebih parah lagi bau amisnya menguat. Karena itulah, meskipun makanan satu ini termasuk semi-instan food. Namun Anda juga perlu memiliki pengetahuan dasar terkait bahan-bahan apa saja yang akan cocok dikombinasikan dan membuat rasa saus ikan dalam sarden menjadi lebih lezat.

cara memasak sarden abc saus cabai,cara memasak sarden tanpa bumbu tambahan,cara memasak sarden kaleng abc,cara memasak sarden kaleng enak,cara memasak sarden kaleng kecil,
Baca juga: Cara Memasak Sayur Asem Jawa Spesial
Jenis sarden kaleng yang paling populer dan digemari semua kalangan sampai saat ini memang sarden ABC. Nah, untuk itu kali ini kami menyediakan panduan lengkap cara memasak sarden kaleng ABC pedas manis yang super rasa sedapnya. Sarden sendiri adalah makanan instan berbentuk ikan masak dengan bumbu saus cabai ataupun saus tomat. Akan tetapi untuk semua orang yang pernah mencicipi sarden, tentu akan setuju jika rasa dasar sarden kaleng masih kalah dengan bau amisnya.


Karena itulah, ada instruksi jika sarden lebih baik dihangatkan dahulu sebelum dikonsumsi, agar bau amis sedikit tersamarkan. Akan tetapi, lebih mantab lagi apabila Anda bisa memasak sarden dengan kombinasi bumbu dan bahan tertentu, yang akan membuat rasanya menjadi mantab seperti masakan ikan laut bersaus Padang.

Resep Cara Memasak Sarden ABC Bumbu Spesial

Bahan Bahan Memasak Sardem ABC
• 1 kaleng sarden ABC besar
• 4 siung bawang merah
• 3 siung bawang putih
• 10 buah cabai merah ( atau sesuai selera )
• 3 cm atau ½ ruas jahe
• 1 butir tomat
• ½ butir bawang bombay
• 1 batang daun bawang
• Minyak goreng secukupnya
• Tepung maizena secukupnya
• Garam secukupnya
• Penyedap rasa jika suka

 

Cara Memasak Sarden Kaleng ABC Pedas Manis

1. Langkah pertama mari kita siapkan bahan-bahan bumbu. Cincang semua bahan bumbu, yakni bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay. Selain itu iris pula daun bawang, tomat dan cabainya.
2. Siapkan panci penggorengan dengan 2-3 sendok makan minyak goreng. Panaskan minyak dengan api sedang, tumis semua bahan bumbu kecuali tomat dan daun bawang, tunggu sampai mengeluarkan bau harum.
3. Setelah aroma harum tercium, masukkan jahe yang sudah dikupas dan digeprek, bawang Bombay, dan irisan buah tomat. Tumis sebentar hanya untuk membuatnya tercampur dengan bumbu sebelumnya.
4. Setelah itu masukkan sarden ABC dengan hati-hati, agar ikan di dalamnya tidak sampai hancur. Aduk-aduk agar tercampur dengan bumbu, dan tambahkan sedikit air, kira-kira seperempat gelas kecil saja.
5. Diamkan sebentar sampai mendidih, kemudian encerkan setengah sendok makan tepung maizena atau sesuai selera dengan air kemudian tambahkan ke kuah sarden. Segera aduk agar tidak menggumpal.
6. Masukkan pula irisan daun bawang untuk menambah rasa sedap. Anda bisa mencicipi masakan Anda sampai pada tahap ini, jika kurang asin, boleh juga menambahkan garam dan penyedap rasa.
7. Tunggu sekitar 5-10 menit sampai kuah sedikit meresap dan tampak mengental.
8. Sarden tumis bumbu spesial Anda sudah siap untuk disajikan. 
Bahan-bahan yang menjadi komposisi resep diatas memiliki fungsi mengurangi aroma amis dari sarden yang umum terjadi. Bahan-bahan tersebut antara lain adalah bawang putih, bawang merah, dan bawang Bombay yang bisa menetralisir. Sementara bahan lain dengan rasa asam seperti tomat dan bawang Bombay bisa menetralisir rasa amis ikan sarden agar menjadi lebih sedap. Atau jika suka, tambahkan sedikit perasan jeruk limau dalam masakan. 

Untuk membuat resep ini Anda hanya membutuhkan waktu pemasakan sekitar 10-15 menit saja. Jadi untuk Anda yang memiliki kesibukan, apalagi yang tengah beradaptasi dalam gaya hidup urban nan serba cepat, menu satu ini bisa menjadi pilihan yang sangat cocok untuk memenuhi gizi Anda. 

Menyantap tumis sarden dengan sayuran juga cukup baik. Beberapa sayuran yang cocok menjadi pendamping diantaranya, bayam rebus, kubis rebus, ketimun, dan wortel. Seperti salad, saus sarden bisa menjadi saus penyedap aneka sayur rebus yang Anda suka, jadi kebutuhan gizi Anda akan tetap terjaga. Apalagi cara memasak sarden kaleng ABC pedas manis juga sangat mudah dan jauh dari kesan menyita waktu.