Cara Membuat Bandeng Presto Tulang Lunak Yang Sedap

Cara membuat bandeng presto tulang lunak - Pasti Anda sudah tidak asing dengan oleh-oleh khas Semarang yang sudah populer ini? Bandeng presto memang salah satu olahan makanan yang dapat Anda jumpai dengan mudah ketika sedang berada di Semarang. Walaupun saat ini bandeng sudah dapat dijumpai dimana saja tetap pengolahan bandeng dengan menggunakan presto masih terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Semarang. Bandeng presto ini biasanya dijual dengan tulang yang sudah lunak. Anda cukup melumuri dengan kocokan telur sebelum menggorengnya.

cara membuat bandeng presto rumahan, cara membuat bandeng presto tanpa duri, cara membuat bandeng presto video lengkap, cara membuat bandeng presto juwana, bandeng presto tulang lunak,
Baca juga: Cara Membuat Bubble Pearl
Cara membuat bandeng presto tulang lunak tentunya memang harus dilakukan ketika memilih mengolah ikan bandeng. Ikan bandeng ini merupakan salah satu ikan yng memiliki banyak sekali duri-duri kecil. Apabila tidak dibersihkan dengan benar tentu saja akan mengurangi kenikmatan dalam memakannya. Ketika Anda membeli ikan bandeng secara mentah, mungkin Anda dapat meminta tolong penjualnya untuk membersihkan. Jika Anda tidak mau repot, Anda dapat menggunakan pengolahan dengan cara presto yng nantinya akan membuat tulang ikan bandeng menjadi lunak yng tentunya dapat dikonsumsi.

Ikan bandeng ini untuk harganya memang sangat terjangkau. Baik ikan bandeng yang masih mentah ataupun sudah diolah memang harganya cukup terjangkau. Hal ini dikarenakan ikan yng satu ini sudah banyak sekali dibudidayakan sehingga memiliki hasil yang melimpah ruah. Belum lagi tekstur dari daging ikan bandeng ini yng lembut dan gurih. Membuat cita rasa ikan bandeng semakin lezat. Cara membuat bandeng presto tulang lunak merupakan salah satu cara yang cukup tepat digunakan untuk mengolah ikan bandeng yng memang memiliki tulang yng cukup banyak agar mudah dikonsumsi.

cara membuat bandeng presto rumahan, cara membuat bandeng presto tanpa duri, cara membuat bandeng presto video lengkap, cara membuat bandeng presto juwana, bandeng presto tulang lunak,


Ikan bandeng sendiri memiliki banyak sekali kandungan gizi yang cocok dikonsumsi oleh anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Karena sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak ini tentu saja harus ekstra berhati-hati dalam mengolahnya agar tidak melukai anak ketika mereka mengkonsumsinya. Cara membuat bandeng presto tulang lunak merupakan salah satu solusi agar ikan bandeng lebih aman dikonsumsi oleh anak-anak karena mereka dapat memakan tulang lunak dari ikan bandeng ini. Biasanya olahan ikan bandeng presto tulang lunak ini diolah dengan cara digoreng atau dibakar.

Resep Membuat Bandeng Presto Yang Sedap

Cara membuat bandeng presto tulang lunak dalam segi penggunaan bumbu tentunya sangat mudah. Namun yang masih merupakan kendala adalah penggunaan panci prestonya. Tidak semua orang dapat menggunakan presto dengan benar. Bahkan banyak pula yang takut menggunakan panci bertekanan tinggi ini. Oleh sebab itu banyak sekali masyarakat yang lebih memilih membeli bandeng presto yang sudah jadi di pasaran daripada membuatnya sendiri. Berikut ini adalah resep untuk membuat bandeng presto yang aman dan sedap:
Bahan-bahan:
• Ikan Bandeng
• Bawang merah dihaluskan
• Bawang putih dihaluskan
• Jahe dihaluskan
• Kunyit dihaluskan
• Kemiri dihaluskan
• Ketumbar dihaluskan
• Ragi
• Garam
• Daun salam
• Serai
• Lengkuas
• Daun pisang

Cara Membuat:
  1. Buang insang serta isi perut bandeng. Cuci bersih menggunakan air mengalir. Jika sudah bersih, tiriskan.
  2. Anda dapat melumuri bandeng dengan ragi serta garam. Ragi yang dapat digunakan adalah ragi instan atau ragi tape. Jika sudah dilumuri dengan campuran ragi dan garam, sebaiknya didiamkan terlebih dahulu selama 2 jam. Selanjutnya, bandeng dicuci kembali dengan air mengalir. Tiriskan.
  3. Lumuri bandeng dengan bumbu halus yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu sebelumnya. Diusahakan merata dalam melumuri bandeng tersebut agar menyerap ke daging ketika proses presto.
  4. Masukkan air ke dalam panci presto. Tambahkan daun salam, lengkuas serta serai yang berguna untuk menambah aroma bandeng. Letakkan bandeng di atas alas pengukus di dalam panci presto sehingga bandeng tidak terendam air. Agar bandeng tidak menempel ke alas pengukus, Anda dapat melapisi bandeng dengan daun pisang.
  5. Tutup panci presto dengan rapat. Masak hingga 30 menit sejak panci berdesis. Jika sudah, matikan api.
  6. Tunggu panci hingga mendingin baru buka tutupnya. Tambahkan air melalui kisi-kisi panci presto lalu masak kembali hingga 30 menit sejak panci berdesis.
  7. Tahap terakhir adalah menunggu panci mendingin sebelum mengeluarkan bandeng. Angkat bandeng secara perlahan. Jika kepala bandeng terlepas, tidak apa-apa. Cukup digabungkan kembali sebelum didinginkan.

Cara membuat bandeng presto tulang lunak yang sedap memang dapat disesuaikan dengan selera orang masing-masing. Seperti penggunaan bumbu yang digunakan di atas memang tidak diberi patokan harus menggunakan berapa banyak bahan tersebut. Namun secara umum penggunaan bumbu untuk membuat bandeng presto yang sedap memang perlu menggunakan bahan-bahan dasar yang wajib digunakan agar mampu menambah cita rasa bandeng presto.