Cara Memasak Sayur Asem Jawa Spesial Yang Enak Ala Dapur Rumahan

Cara Memasak Sayur Asem Jawa Spesial Yang Enak Ala Rumahan - Sayur asem Jawa, siapa tak kenal dengan nama sayur paling populer di Indonesia ini? Menu masakan sayur dengan cara pembuatan yg simpel boleh jadi banyak sekali macamnya. Akan tetapi jika masalah kesegaran rasa, sayur asem jawa pantas dilantik sebagai varian sayur sederhana dengan rasa paling segar di Indonesia. Bahkan, ketika Anda adalah seorang ibu rumah tangga baru yang sedang belajar memasak pun, tidak akan menemukan banyak kesulitan saat mencoba untuk membuat resep sayur asem jawa. 

cara memasak sayur asem bening,cara memasak sayur asem betawi,cara memasak sayur asem pedas,cara memasak sayur asem yang enak,cara memasak sayur asem sederhana,cara memasak sayur asem sunda,
Baca juga: Cara Memasak Sayur Bayam Tumis Spesial
Pasalnya, cara memasak sayur asem jawa spesial yng enak hanya membutuhkan ketelitian Anda dalam memilih bahan dan menentukan tingkat kematangan bahan dalam kuah sayurnya. Tertarik untuk mencoba resep sayur asem jawa yng enak, segar, namun cukup mudah dibuat? Tunggu apalagi, sudah pasti Anda akan memerlukan panduan lengkap cara memasaknya agar tingkat keberhasilan Anda lebih besar. 

Jika di rumah Anda ada ibu, nenek, ataupun mertua yang sudah memiliki pengalaman memasak, akan sangat membantu proses belajar Anda. Menyajikan sayur asem Jawa dengan sambal bawang sebagai pasangan dan juga ikan goreng yng krispi, akan terasa sangat istimewa menjadi menu perekat keluarga, apalagi di tengah musim dingin yng menggigit. 

cara memasak sayur asem bening,cara memasak sayur asem betawi,cara memasak sayur asem pedas,cara memasak sayur asem yang enak,cara memasak sayur asem sederhana,cara memasak sayur asem sunda,


Yuk langsung saja dicatat resep spesial sayur asem jawa asli yng dijamin enaknya minta ampun ini. Siapkan pulpen dan budgetnya ya bunda.

Resep Cara Memasak Sayur Asem jawa

Bahan-bahan:
• 1 ikat kacang panjang
• 2 buah jagung manis muda
• 150 gram kacang tanah
• Buah labu siam ukuran sedang
• Cm lengkuas
• Air bersih kira-kira 700 ml
• 1 sendok makan asam jawa
• 40 gram gula merah
Bahan bumbu halus:
• Buah cabai merah
• 9 butir bawang merah
• Siung bawang putih
• 3 butir kemiri
• Terasi secukupnya
• Garam secukupnya

Cara Memasak Sayur Asem Jawa Yang Enak

1. Langkah pertama bersihkan dahulu semua bahan isi dan sayuran. Cuci bersih semua sayuran, potong-potong kacang panjang kira-kira sepanjang 3 cm, potong satu buah jagung manis menjadi empat bagian, lalu kupas dan potong labu siam menjadi bentuk memanjang ataupun bentuk dadu. Sisihkan dahulu dalam wadah masing-masing.
2. Setelah mempersiapkan bahan isi, selanjutnya adalah menyiapkan bahan bumbu. Haluskan semua bahan bumbu halus diatas menggunakan blender, atau agar lebih sedap bisa juga ditumbuk secara manual menggunakan cobek. Sisihkan.
3. Proses memasak pertama kali, siapkan panci dan masukkan air kira-kira 700 ml. Rebus di atas api sedang hingga mendidih.
4. Setelah air mendidih, Anda bisa memasukkan bumbu halus yng tadi sudah Anda buat. Tambahkan sedikit garam untuk menyedapkan rasa.
5. Jika bumbu sudah menyatu dengan air dan beraroma sedap, masukkan bahan isi yng paling keras terlebih dahulu, yakni jagung manis dan kacang tanah.
6. Tunggu sekitar 5 menit, baru kemudian Anda susul dengan memasukkan labu siam, kacang panjang dan lengkuas geprek. Aduk-aduk sebentar kemudian tunggu kembali sekitar 5 menit.
7. Terakhir sebagai penyedap rasa, masukan gula merah yng telah disisir agar cepat hancur dan juga satu sendok makan asam jawa. Tunggu sebentar agar sayuran matang segar, dan semua bahan bumbu tercampur rata. Anda juga bisa mencicipi rasanya, apakah kuah sayur asem sudah sesuai dengan ekspektasi atau belum.
8. Setelah kira-kira 5 menit berselang dan sayur di dalamnya matang segar (bisa juga setengah matang, asal tidak sampai terlalu matang), Anda bisa mengangkat sayur asem untuk segera disajikan selagi hangat.
Menarik, ya? Sekarang Anda sudah menguasai salah menu masakan tradisional paling legendaris, sayur asem jawa. Cara memasak sayur asem jawa spesial yang enak ini cukup mudah diikuti dan tidak membutuhkan banyak tenaga. Yang terpenting adalah untuk mengingat tiap proses dan urutan ketika memasukkan satu per satu bahan. Urutan yang salah bisa mempengaruhi tingkat kematangannya, dan pada akhirnya juga mempengaruhi rasa sayur asem buatan Anda secara keseluruhan. Memasak sajian sayur asem jawa akan sangat cocok bila Anda sandingkan dengan ikan gereh/ikan goreng kering dan sambal terasi. Meskipun banyak bermunculan menu-menu modern yang aneh, namun masakan satu ini tak pernah sepi dari penggemarnya sendiri.