Cara Memasak Rendang Jengkol Empuk Yang Enak dan Sedap

Cara memasak rendang jengkol empuk - Orang Indonesia mana sih yang tak kenal jengkol? Ya, makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan yang sangat familiar di Indonesia. Jengkol terkenal dengan aromanya yang khas dan bau, namun siapa sangka jika makanan yang satu ini cukup banyak digemari masyarakat Indonesia. Meskipun aroma yang ditimbulkannya tidak sedap, namun tak sedikit orang menyukai makanan yang satu ini sebab jengkol bisa diolah menjadi makanan yang sedap dan nikmat untuk disantap.
Cara Memasak Rendang Jengkol empuk, Cara Memasak Rendang Jengkol enak, Cara Memasak Rendang Jengkol padang, Cara Memasak Rendang Jengkol pedas, Cara Memasak Rendang Jengkol supaya tidak bau,
Baca juga; Rendang Padang Daging Sapi Empuk dan Lezat
Untuk menikmati makanan yang satu ini, ada banyak sekali resepnya. Jengkol bisa diolah menjadi semur jengkol, gulai jengkool, jengkol masak kecap, hingga rendang jengkool. Namun, kami di sini hanya akan membahas cara memasak rendang jengkool empuk yg enak dann lezat. Bumbu rendang sendiri merupakan sejenis bumbu yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Rasa bumbu rendang ini terkenal dengan rasa pedas dan gurihnya yg begitu menggugah selera. Jika bunda bosan memasak jengkol yg itu-itu saja bisa mencoba resep rendang jengkool ini.

Dengan kreasi resep rendang jengkol yang pedas dan enak tentunya membuat Anda dan keluarga akan ketagihan menikmatinya. Rasa pedas rendang jengkool ini begitu pas dinikmati sebagai hidangan pelengkap nasi. Anda bisa mencoba rendang jengkool dengan nasi hangat yg bisa membuat selera makan Anda meningkat. Memasak rendang jengkool ini begitu mudah, namun untuk memasak rendang jengkol ini membutuhkan kesabaran, terlebih lagi jika Anda ingin menghasilkan masakan rendang jengkol enak dan empuk.

Cara Memasak Rendang Jengkol empuk, Cara Memasak Rendang Jengkol enak, Cara Memasak Rendang Jengkol padang, Cara Memasak Rendang Jengkol pedas, Cara Memasak Rendang Jengkol supaya tidak bau,


Bagi Anda yng ingin menikmati rendang jengkol empuk dan tidak bau, harus mengolah jengkool secara tepat dan benar ketika memasaknya. Selain itu, untuk mengolah jengkol supaya tidak empuk serta tak berbau sangat mudah untuk dicoba. Caranya Anda bisa memanfaatkan daun jeruk yg diiris dimasukkan pada rebusan jengkool sebelum jengkol di masak lebih lanjut. Adapun cara tersebut termasuk cara paling efektif menghilangkan bau khas dari jengkool yng begitu menyengat. 

Selain cara tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan air kapur untuk merendam jengkol selama 1 malam sebelum Anda olah. Adapun cara tersebut sangat cocok untuk menetralisir aroma bau jengkool agar tidak menyengat serta tak mengurangi rasa lezat dari jengkol ketika di masak. Itulah beberapa trik dan tips cara memasak rendang jengkool empuk yng enak dann tidak berbau untuk Anda. Sangat mudah kan? Kini kita akan mencoba memasak rendang jengkool yng pedas, empuk dan enak serta tak berbau dengan cara-cara berikut ini:

Tahapan Cara Memasak Rendang Jengkol Empuk


Bahan-bahan yang digunakan:
• 2 lembar daun salam
• ½ kg jengkol, lalu rendam pada air kapur atau irisan daun jeruk semalaman agar baunya hilang.
• 1 ruas jari jahe, memarkan
• ½ liter santan kental
• Minyak goreng seperlunya
• Garam secukupnya
• Gula secukupnya
• Penyedap rasa secukupnya
• ¼ liter air
• 1 batang serai, memarkan
Bumbu yang dihaluskan:
• 1 ruas jari kunyit, bakar
• 10 siung bawang merah
• 6 siung bawang putih
• 4 buah kemiri, sangrai
• 5 buah cabai merah
Bahan pelengkap:
• Bawang goreng untuk taburan

Cara memasak rendang jengkol empuk yang enak dan gurih:

1. Langkah pertama, rebus terlebih dulu jengkol yng telah direndam selama semalaman hingga ½ matang atau sampai empuk, kemudian angkat dan tiriskan.
2. Setelah itu, memarkan jengkol hingga agak gepeng atau pipih namun pastikan supaya tidak hancur.
3. Berikutnya panaskan minyak pada wajan, kemudian tumis semua bumbu yng dihaluskan dengan serai, daun salam dan jahe hingga matang dan wangi.
4. Saat menumis, masukkan jengkol sembari diaduk terus secara perahan, tambahkan air lalu masak lagi hingga jengkol terasa empuk.
5. Tuangkan air santan kelapa sedikit-sedikit dann perlahan, kemudian aduk terus supaya santan pun tidak pecah.
6. Kemudian tambahkan gula pasir, garam berikut penyedap rasa kemudian diaduk secara perlahan dan sesekali serta masak hingga semua bumbu mengental dan meresap.
7. Lalu angkat dan sajikan rendang jengkol pada piring saji yang sudah Anda masak.
Artikel terkait: Cara memasak rendang telur yang enak

Rendang jengkol pun bisa Anda santap sebagai pelengkap nasi dengan taburan bawang goreng yang menambah kelezatan dan kegurihan rasanya. Anda juga bisa menyantapnya dengan tambahan tumis kangkung. Pastikan Anda menyantapnya bersama nasi hangat. Semoga ulasan cara memasak rendang jengkol empuk yang enak dan lezat untuk Anda!