Cara Memasak Rajungan Ala Rumahan Melayu Enak dan Gurih

Cara memasak rajungan ala melayu gurih - Rajungan dengan nama ilmiah Portunus Pelagicus, adalah sejenis kepiting yang begitu populer dan banyak dimanfaatkan menjadi salah satu sumber pangan yang harganya terbilang mahal. Hewan yang satu ini termasuk jenis kepiting dengan habitat alami di laut. Di samping itu, rajungan mempunyai banyak keunggulan yang begitu berpotensi agar dapat dikembangkan. Rajungan ini memiliki nilai gizi yang sangat tinggi.

cara memasak rajungan yang enak,tips memasak rajungan,cara masak rajungan,resep masak rajungan,cara membersihkan rajungan,cara memasak rajungan saus tiram,cara memasak rajungan pedas manis,
Baca juga: Rendang Jengkol Empuk Yang Enak dan Sedap
Kandungan protein pada rajungan ternyata memiliki kandungan yng lebih tinggi dibandingkan kepiting. Rajungan mengandung sejumlah nutrisi penting di antaranya kalsium, karbohidrat, zat besi, fosfor, vitamin B1, dan vitamin A. Keunggulan yng pertama pada rajjungan adalah nilai gizi yng terkandung pada daging rajjungan yaitu kandungan protein begitu besar, yakni kira-kira 16-17 gram per 100 gram daging rajjungan. Di samping itu, ternyata rajjungan memiliki kandungan lemak yng begitu rendah.

Jadi hal inilah yg menjadikannya sebagai salah satu makanan laut yng cocok untuk Anda yng sedang membatasi makanan berkalori atau berlemak tinggi. Dengan kandungan rendah lemak hal ini berarti rajungan memiliki kandungan jenis lemak jenuh rendah serta kandungan kolesterol yg juga rendah. Di samping rasanya yg enak dengan nilai gizi protein tinggi, ternyata cara memasak rajungan ala rumahan melayu yg enak juga sangat mudah untuk dicoba.

cara memasak rajungan yang enak,tips memasak rajungan,cara masak rajungan,resep masak rajungan,cara membersihkan rajungan,cara memasak rajungan saus tiram,cara memasak rajungan pedas manis,


Untuk mendapatkan rajungan yang berkualitas dengan nilai gizi protein yang tinggi, Anda arus memilih rajjungan segar mempunyai bentuk yg masih bersih, tak berbau busuk dengan dagingnya yg putih memiliki kandungan lemak yg berwarna kuning, serta terbebas dari yg namanya bahan pengawet. Adapun daging rajjungan busuk bisa dilihat dari kulitnya yg berwarna pucat, lalu merenggang dan terbuka dengan daging mengering, serta tak adanya cairan pada kulit rajjungan dengan bau yg busuk dan warna daging yg berubah agak kehitaman.

Adapun rajungan dengan badannya yg tak berisi bisa diketahui lewat dada rajungan. Jika lunak, maka berarti bahwa daging rajjungan tadi tak padat. Untuk rajungan berkulit lunak biasanya mempunyai ciri khas tersendiri, di mana seluruh tubuhnya bertekstur lunak. Jika rajjungan sudah tidak segar, maka bagian insang dan dada akan berwarna hitam, sementara lemi dann telur rajjungan akan tampak berlendir dan mencair.

Resep Rajungan Saus Tiram


Berdasarkan penjelasan kandungan nilai gizi yang dimiliki rajungan, kita tentunya tidak ragu lagi untuk memilih rajjungan sebagai makanan pelengkap nasi. Nah, untuk Anda yng ingin mengetahui bagaimana cara memasak rajungan ala rumahan melayu yang enak, berikut ini kami sajikan salah satu resep rajungan saus tiram yang lezat!
Bahan-bahan yang digunakan:
• 1 kg kepiting rajjungan, lalu cuci dann bersihkan
• 4 buah cabai rawit, cuci lalu iris
• 8 siung bawang merah
• 8 siung bawang putih
• 1 buah tomat, lalu iris tipis
• Minyak goreng seperlunya
• 500 cc air
• 1 bks penyedap rasa
• ½ sdm lada bubuk
• ½ sdm ketumbar bubuk
• 1 bungkus saos tiram

Cara Memasak Rajungan Ala Rumahan Melayu Saus Tiram

1. Pertama-tama haluskan terlebih dulu bawang putih dan bawang merah, bisa diulek atau diblender.
2. Kemudian tumis bawang halus tadi pada api kecil, masukkan cabai kemudian tumis kembali hingga harum.
3. Masukkan rajungan yang telah dibersihkan, setelah itu aduk-aduk perlahan dann sebentar saja dan masukkan air, bubuhi penyedap rasa, lada bubuk, garam, saos tiram, ketumbar bubuk dan aduk secara merata, lalu tutup wajan.
4. Jika sudah mendidih, saatnya memasukkan tomat kemudian aduk sebentar saja dan tutup. Anda bisa menunggu sampai air berkurang, pastikan untuk selalu dicek agar tidak gosong dan jangan lupa diaduk-aduk.
5. Jika air tersisa sedikit lagi, dan rajungan sudah matang maka angkat lalu sajikan.

Itulah langkah-langkah cara memasak rajungan saus tiram. Rajungan merupakan salah satu makanan pelengkap yang kaya akan protein dan gizi tinggi. Anda tak perlu khawatir kolesterol meningkat, sebab rajungan hanya memiliki kandungan kolesterol yang sangat rendah. Jadi sangat aman untuk dikonsumsi tanpa takut lemak bertambah di tubuh. Semoga cara memasak rajungan ala rumahan melayu yang enak di atas bermanfaat!