Cara Memasak Oseng Kangkung Tempe yang Enak dan Lezat

Cara Memasak Oseng Kangkung Tempe - Menu masakan sederhana kini tengah banyak diminati oleh banyak orang. Di rumah makan-rumah makan besar, menu masakan sederhana tersebut akan menjadi menu tambahan yang disandingkan dengan menu “mahal”, seperti ayam bakar atau nila goreng. Menu sederhana yang biasa disajikan sebagai menu pendamping adalah oseng kangkung tempe. Cara memasak oseng kangkung tempe ini juga dinilai cukup mudah dan cepat. Menu masakan ini memiliki rasa yang enak dan mampu membuat lidah bergoyang.

resep tumis kangkung enak,tumis kangkung saus tiram,resep tumis kangkung pedas,resep tumis kangkung terasi,masak kangkung tetap hijau,resep kangkung crispy,tumis kangkung spesial,
Baca juga: Cara Memasak Otak Sapi Gulai Khas Padang
Berbicara tentang cara memasak oseng kangkung tenpe rasanya tak lengkap jika kita tidak mengetahui manfaat dari kangkung daan tenpe itu sendiri. Kangkung memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan manusia karena kangkung dapat menjadi pencegah penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah, bisa mencegah penyakit diabetes dan dapat membantu meningkatkan kinerja otak karena ada vitamin B kompleks daan juga omega 3. Selain itu, kangkung juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, baik untuk kesehatan mata daan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Sementara itu, manfaat tempe juga sangat banyak bagi kesehatan. Manfaat tersebut diantaranya yaitu dapat menurunkan kolesterol jahat ddan meningkatkan kolesterol baik, menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan menjaga sistem pencernaan karena kaya akan serat. Selain itu, tenpe juga dapat mencegah terjadinya kanker karena adanya isoflavon, membantu menjaga keseimbangan hormon estrogen ddan sebagai sumber energi. Dengan adanya manfaat bagi kesehatan yang begitu banyak, maka mengkonsumsi oseng kangkung tenpe selain rasanya yang enak tapi juga dapat membantu menjaga kesehatan badan.

resep tumis kangkung enak,tumis kangkung saus tiram,resep tumis kangkung pedas,resep tumis kangkung terasi,masak kangkung tetap hijau,resep kangkung crispy,tumis kangkung spesial,


Jika Anda ingin tahu cara memasak oseng kangkung tempe, ada hal penting yng harus Anda ketahui mengenai cara mencuci kangkung yng benar. Kangkung hidupnya di air sehingga batangnya sangat rawan dimasuki cacing, oleh karena itu Anda harus membelah batangnya lebih dulu kemudian mencuci kangkung menggunakan air yang mengalir agar kangkung menjadi bersih dari kotoran, tidak ada kuman ddan bebas dari cacing kecil yng mungkin masuk ke dalam batang. Kemudian untuk jenis tempe yng enak untuk dibuat tumis yaitu tenpe yng baru jadi sehingga tidak terlalu padat.

Resep Cara Memasak Oseng Kangkung Tempe

Bahan Dibutuhkan Untuk Cara Memasak Oseng Kangkung Tenpe
1. Kangkung sebanyak 2 ikat, potong kasar lalu cuci bersih setelah itu tiriskan sejenak.
2. Tenpe plastik setengah batang, kemudian potong dadu ukuran sedang, lalu goreng tanpa bumbu.
3. Daun salam 1 lembar
4. Lengkuas 2 cm, lalu memarkan
5. Garam 1/2 sendok makan
6. Gula pasir 1/2 sendok makan
7. Merica halus 1/2 sendok teh
8. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng tempe dan menumis
Selain Bahan Diatas, Ada Pula Bumbu Perlu Disiapkan Dalam Cara Memasak Oseng
1. Cabai rawit merah 6 buah
2. Bawang merah 4 butir
3. Bawang putih 4 siung
4. Terasi 1/2 sendok teh, lalu bakar
Setelah bahan ddan bumbu siap, kemudian Anda bisa mulai memasak oseng kangkung tempe yang enak. 

Cara Memasak Oseng Kangkung Tempe

1. Ambil cabai merah, bawang merah, ddan bawang putih, kemudian ulek hingga halus setelah itu diamkan sejenak.
2. Siapkan wajan, beri sedikit minyak goreng kemudian tumis bumbu yng sudah dihaluskan tadi sampai keluar bau wangi bawang, setelah muncul bau wangi tambahkan terasi bakar dan hancurkan.
3. Setelah itu ambil daun salam dann lengkuas kemudian masukkan ke dalam bumbu yng sedang di tumis.
4. Masukkan potongan tenpe yng sudah digoreng ke dalam tumisan bumbu, aduk-aduk sejenak biar bumbu meresap.
5. Ambil irisan potongan kangkung yng sudah dicuci, kemudian masukkan ke dalam tumisan tempe.
6. Tambahkan garam, gula pasir, dann merica ke dalam oseng, tambahkan pula sedikit air lalu aduk rata sampai daun kangkung layu dan matang. Setelah itu matikan kompor.
7. Oseng kangkung tempe sudah selesai dibuat, sajikan saat masih hangat dengan ditemani ayam goreng dan kerupuk.

Sajian oseng tersebut bisa untuk 6 porsi. Sangat mudah kan membuatnya? Demikianlah cara memasak oseng kangkung tempe yang enak dan lezat. Semoga bisa membantu Anda ketika ingin membuat oseng untuk keluarga.