Resep Cara Memasak Nasi Goreng Sederhana Kampung Jawa Enak dan Bergizi

Resep Cara Memasak Nasi Goreng Sederhana Kampung Jawa - Nasi goreng merupakan salah satu makanan yang sangat mudah untuk diolah dan mempunyai banyak variasi masakannya. Kuliner nasi goreng ini sudah ada sejak zaman dahulu dan termasuk salah satu makanan yang banyak disukai. Salah satu olahan nasi goreng yang sangat terkenal di Indonesia adalah nasi goreng khas Jawa. Nasi goreng khas Jawa ini memang sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia, bahkan banyak orang luar negeri yang gemar mengonsumsi nasi goreng khas Jawa ini. Nasi goreng khas Jawa ini memang sangat berbeda dengan nasi goreng pada umumnya, terutama dalam bumbunya.

cara memasak nasi goreng biasa,cara memasak nasi goreng kampung,cara memasak nasi goreng sederhana,cara memasak nasi goreng cina,cara memasak nasi goreng spesial,
Baca juga: Resep  Nasi Goreng Spesial

Bumbu yang digunakan dalam pembuatan nasi goreng khas Jawa ini memang lebih banyak dan jumlahnya lebih banyak pula. Hal inilah yng membuat rasa dari nasi goreng Jawa semakin nikmat, apalagi ditambah dengan bahan pelengkap lainnya. Cara memasak nasi goreng sederhana kampung Jawa enak ini juga berbeda dengan yng lainnya. Untuk mengeluarkan cita rasa yang sesungguhnya, orang Jawa memasak nasi gorengnya dengan menggunakan tungku atau dengan menggunakan kompor arang. Aroma dari nasi goreng yng dimasak dengan menggunakan arang memang lebih sedap dan enak.

Nasi Goreng Khas Jawa

Untuk menikmati nasi goreng khas Jawa Anda tidak perlu berburu di daerah Jawa, Anda juga bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Cara memasak nasi goreng sederhana kampung Jawa enak ini memang sangatlah sederhana. Sebelum menginjak mengenai bagaimana cara dalam pembuatannya, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini:

Bahan Utama Cara Memasak

• Daging sapi 200 gram
• Udang 100 gram
• Nasi yang sudah dingin 500 gran
• 2 sendok makan minyak goreng
• 2 sendok makan kecap manis

Bumbu/bahan yang dihaluskan Untuk Memasak

• 3 buah bawang putih
• 6 buah bawang merah
• 1 sendok makan teh terasi
• 4 buah cabe merah atau jika suka pedas jumlahnya diperbanyak
• 1 sendok teh ketumbar
• 1 sendok teh garam
• Secukupnya bawang goreng
• Kerupuk secukupnya

cara memasak nasi goreng biasa,cara memasak nasi goreng kampung,cara memasak nasi goreng sederhana,cara memasak nasi goreng cina,cara memasak nasi goreng spesial,

Cara Memasak Nasi Goreng Khas Jawa

Jika semua bahan sudah siap, maka ikuti langkah-langkah dalam cara memasak nasi goreng sederhana kampung Jawa enak berikut ini:
1. Rebuslah daging sapi sampai empuk kemudian dipotong dadu sesuai dengan selera Anda. Agar mudah dimakan, sebaiknya dipotong dadu kecil saja. Daging sapi yng sudah dipotong ini kemudian ditiriskan.
2. Bersihkan udang dari kepala dan cangkangnya kemudian sisihkan bersama dengan daging sapi yang sudah diiris tadi. Agar udang dan daging ukurannya sama, sebaiknya udang juga diiris lagi.
3. Siapkan minyak goreng dalam wajan kemudian panaskan sampai benar-benar panas. Anda juga bisa mengganti minyak goreng dengan margarin atau mentega.
4. Tumislah bumbu yang dihaluskan dengan menggunakan minyak goreng atau margarin yang sudah disiapkan tadi. Bumbu ini ditumis sampai layu dan mengeluarkan bau yng harum.
5. Tambahkan air sebanyak 3 sendok makan lalu masukkan kecap manis secukupnya. Aduk semua bumbu dan air serta kecap manis sampai benar-benar tercampur menjadi satu.
6. Masukkan udang dan daging yang sudah disiapkan tadi kemudian masak sampai airnya habis dan udang serta daging matang. Aduk terus agar tidak gosong.
7. Tambahkan nasi yang sudah disiapkan tadi ke dalam adonan bumbu dan semua bahan yang sudah dimasak tadi. Aduk sampai merata dan bumbu meresap ke dalam nasi.
8. Aduk terus menerus sampai udang dan daging matang. Setelah semuanya matang angkat kemudian sajikan dalam piring saji.
9. Tambahkan bahan pelengkap yang sudah disiapkan lalu santap selagi nasi goreng masih hangat.
Sajian nasi goreng khas Jawa ini memang sedikit berbeda terutama pada bumbu-bumbunya. Penambahan udang dan daging dalam nasi goreng Jawa ini semakin membuat cita rasa nasi goreng semakin enak. Jika Anda tidak suka atau alergi dengan udang, maka udang bisa diganti dengan suwiran ayam ataupun dihilangkan. Cara memasak nasi goreng sederhana kampung Jawa enak tanpa udang lebih cepat dan air tidak perlu menambahkan air. Adanya daging dan udang yang ditambahkan dalam nasi goreng ini membuat nasi goreng tidak hanya enak tapi juga mempunyai nilai gizi yang tinggi.