Cara Memasak Ikan Tongkol Goreng Sambal Merah Rumahan Praktis dan Enak

Cara Memasak Ikan Tongkol Goreng Sambal Merah - Ikan tongkol merupakan salah satu hidangan laut yang kerap kita jumpai di pasar tradisional. Ikan tongkol termasuk salah satu ikan yang mudah diolah, dan sering digunakan menjadi berbagai masakan. Hal tersebut dikarenakan tekstur ikan tongkol yang tidak memiliki banyak duri sehingga sangat pas dijadikan berbagai macam hidangan. Kali ini kami akan memberikan Anda tips cara memasak ikan tongkol goreng sambal merah rumahan yang enak dan dijamin menggugah selera Anda. Anda bisa mencampurkan ikan tongkol dengan bahan lainnya seperti petai, jengkol atau bahan lainnya seperti kentang atau terong untuk membuat hidangan ini penuh cita rasa.

cara memasak ikan tongkol sambal,cara memasak ikan tongkol yang enak,cara memasak ikan tongkol pedas,cara memasak ikan tongkol segar,cara memasak ikan tongkol bumbu kuning,
Baca juga: Cara Memasak Ikan Tuna Saus Teriyaki
Sebelumnya alangkah lebih baik jika kita mengetahui kandungan gizi yang terdapat pada ikan tongkol. Di dalam ikaan tongkol, sama seperti ikaan laut lainnya terdapat kandungan protein yng cukup tinggi. Protein merupakan salah satu nutrisi yng dibutuhkan oleh tubuh. Selain protein ikan tongkol juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang dibutuhkan untuk kekuatan tulang. Tidak hanya itu, di dalam ikan tongkol juga terdapat zat besi yng bagus untuk tubuh serta berbagai macam vitamin seperti vitamin A, vitamin B1 serta vitamin C.

Apa saja manfaat dari ikan tongkol? Kandungan vitamin A pada ikan tongkol membantu untuk menjaga kesehatan mata kita. Bagi Anda yang memiliki permasalahan dengan tulang seperti rematik atau pegal linu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi ikan tongkol karena kandungan kalsium dan fosfornya sangat baik untuk kesehatan tulang. Bagi Anda yang terserang anemia juga disarankan untuk mengonsumsi ikaan tongkol karena kandungan zat besinya yng berfungsi dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, ternyata ikaan tongkol memiliki manfaat lain tidak hanya untuk kesehatan namun dipercaya untuk kecantikan kulit dengan mengonsumsi sup kulit ikan tongkol.

cara memasak ikan tongkol sambal,cara memasak ikan tongkol yang enak,cara memasak ikan tongkol pedas,cara memasak ikan tongkol segar,cara memasak ikan tongkol bumbu kuning,

Hanya saja, ada beberapa yang alergi dengan ikan tongkol ini sebaiknya untuk tidak mengonsumsi ikaan tongkol karena akan menimbulkan reaksi yng berbeda sesuai dengan tingkatan alergi yng dimilikinya. Anda bisa menggantinya dengan ikaan lainnya untuk memenuhi kebutuhan protein dan omega 3 yang dibutuhkan oleh tubuh. Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara memasak ikan tongkol goreng sambal merah rumahan yng enak. 

Bahan di Perlukan Dalam Cara Memasak Ikan Tongkol Goreng Sambal Merah

1. Ikan tongkol
2. Garam
3. Air asam jawa atau air jeruk nipis

Bahan dan Bumbu Diperlukan Untuk Sambal Merah Goreng

1. Petai sebanyak 10 buah yang diiris panjang
2. Daun jeruk sebanyak 5 lembar
3. Air jeruk limau
4. Lengkuas yang digeprek
5. Garam secukupnya
6. Daun salam
7. Gula pasir secukupnya
8. Minyak goreng

Bumbu Halus Untuk Membuat Atau Memasak Sambal Merah Goreng

1. Bawang merah sebanyak 6 butir
2. Tomat sebanyak 1 buah
3. Cabe merah keriting sebanyak 6 buah (sesuai selera)
4. Bawang putih sebanyak 4 siung
5. Rawit merah sebanyak 4 buah (sesuai selera)
6. Terasi goreng

cara memasak ikan tongkol bumbu kuning, cara memasak ikan tongkol pedas, cara memasak ikan tongkol sambal, cara memasak ikan tongkol segar, cara memasak ikan tongkol yang enak,

Langkah Cara Memasak Tongkol Sambal Goreng Merah

1. Pertama sekali adalah membersihkan ikan tongkol dengan menggunakan air yang mengalir. Setelah bersih, Anda bisa melumuri dengan air asam jawa atau air jeruk nipis dan garam. Kemudian diamkan sejenak ikan tongkol agar bau amisnya hilang.
2. Setelah ikan tongkol dibersihkan dan direndam dengan air jeruk nipis atau air asam jawa, selanjutnya goreng ikan di dalam wajan yang berisi minyak yang telah dipanaskan. Goreng ikan sampai matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan kemudian sisihkan.
3. Dalam wajan yang lain, panaskan minyak secukupnya untuk menumis. Lalu masukkan bumbu yang telah dihaluskan, aduk sampai masak dan tercium aroma yang harum.
4. Kemudian Anda bisa memasukkan daun jeruk, lengkuas dan daun salam. Jangan lupa memasukan petai yang telah diiris panjang. Aduk-aduk kembali hingga layu.
5. Kemudian Anda bisa memasukkan ikan tongkol yang telah digoreng, lalu tambahkan cita rasa dengan garam dan gula pasir. Tambahkan sedikit air agar bumbu bisa meresap ke dalam ikan tongkol dengan sempurna.
6. Masak hingga matang, matikan kompor dan angkat.
7. Ikan tongkol goreng sambal merah siap dihidangkan. 

Demikianlah cara memasak ikan tongkol goreng sambal merah rumahan yang enak dan praktis. Anda bisa mencobanya di rumah untuk sajian hari ini. Selamat mencoba.