Cara Memasak Ikan Tenggiri Rumahan Yang Enak Dengan Bumbu Bali

Cara Memasak Ikan Tenggiri Dengan Bumbu Bali - Ikan merupakan salah satu protein hewani yang paling mudah diolah. Selain itu, ikan juga memiliki nilai gizi yang cukup banyak, terutama untuk perkembangan otak. Indonesia sendiri memiliki banyak ragam masakan yng menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Diantara beberapa jenis ikan salah satu jenis ikan yg paling banyak diburu bagi mereka yg mengaku pecinta kuliner adalah ikan tenggiri. Ikan tenggiri banyak digunakan sebagai bahan dasar dari empek-empek. Tapi, tidak hanya dijadikan sebagai empek-empek, ikan Ikan tenggiri juga enak dijadikan sebagai lauk pauk dengan cara memasak ikan tenggiri rumahan yg enak.

resep masakan ikan tenggiri bumbu kuning,resep masak ikan tenggiri bumbu kuning,resep masakan ikan tenggiri goreng,resep ikan tenggiri bumbu merah,resep ikan tenggiri bumbu kuning,
Baca juga: Resep Ikan Teri Basah Sambal Ijo Sederhana Rasa Luar Biasa
Sebelum kita berbicara mengenai cara pengolahan atau memasak ikan tenggiri untuk menghasilkan masakan yg enak, alangkah lebih baik kita mengenal terlebih dahulu ikaan tenggiri dan kandungan yg terdapat di dalamnya. Ikaan tenggiri memiliki banyak manfaat untuk tubuh, khususnya bagi anak-anak karena kandungan protein ikaan tenggiri yg cukup tinggi sangat bagus untuk perkembangan otak anak. Selain itu, ikaan tenggiri termasuk ke dalam jenis ikaan yg lebih senang hidup di dalam perairan laut dalam yan terbebas dari segala polusi. Tak heran jika ikaan tenggiri merupakan salah satu ikaan yg sehat dan enak.

Kandungan lain yan dimiliki oleh ikan tenggiri ialah kandungan lemak omega 3 yan cukup banyak. Omega 3 merupakan salah satu nutrisi yan dibutuhkan oleh tubuh, namun tubuh tidak memproduksi omega 3. Sehingga kita lebih baik mengonsumsi makanan yng memiliki kandungan omega 3. Omega 3 dipercaya dapat menyehatkan jantung, selain itu nutrisi lain dari ikaan tenggiri ialah mampu mencegah serta menurunkan tekanan darah tinggi. Selanjutnya dapat mencegah sel kanker dan mencegah terjadinya kematian mendadak akibat serangan jantung. Kandungan omega 3 tersebutlah yng membuat jantung menjadi lebih sehat dan kuat.

Setelah mengetahui kandungan dan manfaat dari ikan tenggiri, selanjutnya kita akan membahas mengenai memasak seperti apa yng menggunakan ikaan tenggiri sebagai bahan dasarnya juga cara memasak. Ikana tenggiri memiliki rasa yng cukup enak dan gurih, sehingga cocok dijadikan sebagai masakan apapun. Anda bisa menjadikannya sebagai sup ikaan tenggiri, ikaan tenggiri balado, atau Anda bisa menjadikan pindang ikaan tenggiri. Namun, kali ini kami akan memberikan Anda resep ikan tenggiri dengan menggunakan bumbu bali. Tentu saja resep cara memasak ini bisa Anda jadikan sebagai inspirasi untuk hidangan Anda hari ini. untuk memasak ikan tenggiri bumbu bali, bahan yang perlu Anda persiapkan adalah:

Langkah Resep Cara Memasak Ikan Tenggiri Dengan Bumbu Bali

1. Ikan tenggiri sebanyak 250 gram
2. Air jeruk nipis
3. Garam secukupnya
4. Batang serai sebanyak 1 batang yng dimemarkan
5. Kecap manis sebanyak 1 sendok makan
6. Air sebanyak 50 ml
7. Minyak goreng
Sedangkan untuk bumbu halus yang dipergunakan dalam cara memasak ikan tenggiri bumbu bali adalah:

Bumbu Bumbu Cara Memasak

1. Cabe merah besar sebanyak 3 buah
2. Cabe rawit sebanyak 2 buah (sesuai selera)
3. Bawang merah sebanyak 6 buah
4. Bawang putih sebanyak 3 siung
5. Kemiri sebanyak 4 butir
6. Jahe sepanjang 1 cm
7. Garam secukupnya
8. Merica bubuk secukupnya
Nah demikianlah bahan serta bumbu yang perlu dipersiapkan dalam membuat ikan tenggiri bumbu Bali rumahan yng enak. Selanjutnya adalah proses memasak dari ikan tenggiri bumbu Bali, langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

Langkah Cara Memasak Bumbu bali

1. Pertama sekali adalah membersihkan ikaan tenggiri sampai bersih dengan menggunakan air yang mengalir. Setelah bersih ikan tenggiri bisa Anda lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Lalu diamkan ikan tenggiri selama lebih kurang 30 menit agar bau amisnya hilang.
2. Dalam sebuah wajan, Anda bisa memanaskan minyak goreng. Kemudian ikan tenggiri bisa Anda goreng sampai matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
3. Dalam wajan yng berbeda, Anda bisa memanaskan sedikit minyak goreng, kemudian tumis bumbu halus sampai tercium aroma harum dan matang. Lalu masukkan batang serai, tumis kembali sampai masak.
4. Lalu Anda bisa menambahkan air, aduk rata dan tambahkan ikan tenggiri yng telah digoreng sebelumnya. Setelah itu, Anda bisa menambahkan kecap manis aduk-aduk kembali sampai semua ikan tercampur rata dengan bumbu.
5. Masak sebentar sampai bumbu meresap dan air berkurang.
6. Matikan api dan angkat.
7. Ikan tenggiri bumbu bali siap untuk dihidangkan.
resep masakan ikan tenggiri bumbu kuning,resep masak ikan tenggiri bumbu kuning,resep masakan ikan tenggiri goreng,resep ikan tenggiri bumbu merah,resep ikan tenggiri bumbu kuning,

Demikianlah cara memasak ikan tenggiri rumahan yang enak dengan menggunakan bumbu bali. Semoga resep di atas bisa menjadi inspirasi bagi Anda semua. Selamat mencoba.