Cara Memasak Ikan Patin Goreng Sambal Merah Terasi

Resep Memasak Ikan Patin Goreng Sambal Merah - Setiap hari, sebagai ibu rumah tangga dituntut untuk menghadirkan menu masakan yang variatif untuk keluarga karena kalau menu makannya itu-itu saja tentu akan membuatnya bosan. Terutama anak-anak yang mudah bosan dan cenderung pemilih makanan, mereka pasti menginginkan makanan yang lezat dan bergizi. Selain itu makanan untuk anak-anak harus kaya akan kandungan gizi yang tinggi. Disinilah Anda akan mengetahui resep masakan yan berbeda yaitu cara memasak ikan patin goreng sambal merah. Ikan patin kini menjadi salah satu jenis ikan yan menjadi favorit kuliner masyarakat Indonesia. Dengan berbagai olahan makanan, akan membuat semua orang berselera makan.

resep ikan patin goreng enak,ikan patin goreng tepung,ikan patin goreng bumbu kuning,
Baca juga: Cara Memasak Ikan Pesmol Spesial Ala Rumahan Untuk Masakan Andalan Keluarga
Ikan patin adalah ikan laut yang sangat baik untuk dikonsumsi karena kandungan nutrisi di dalamnya yng sangat dibutuhkan tubuh. Dalam ikan patin terkandung protein yng tinggi, baik untuk pertumbuhan tubuh, dan kandungan lainnya. Sekarang ini ikan patin banyak dibudidayakan oleh pengusaha ikan. Alasannya selain kandungan gizinya tinggi, juga karena konsumsi masyarakat terhadap ikan ini cukup tinggi. Selain itu, ikan tersebut juga mengandung lemak tak jenuh daan kolesterol yang rendah sehingga baik untuk kesehatan tapi tetap saja tidak boleh berlebihan karena segala sesuatu yng berlebihan pasti tidak baik.

Ikan yang bentuknya mirip lele tapi bagian perutnya lebih besar, sangat enak dikonsumsi dalam berbagai sajian makan. Biasanya ikan patin dibuat menjadi pepes ikan patin, gulai ikan patin, ikan patin bakar atau ikan patin goreng. Kalau ikan patin hanya digoreng begitu saja maka rasanya akan biasa-biasa saja, tidak special. Untuk itu, sebaiknya tambahkan sambal merah supaya lebih nikmat. Memang sepertinya masakan tanpa sambal terasa hambar.

resep ikan patin goreng enak,ikan patin goreng tepung,ikan patin goreng bumbu kuning,

Langsung Saja, Cara Cara Memasak Patin Goreng Sambal Merah

Bahan Bahan Cara Memasak

• 2 ekor ikan patin yang berukuran sedang
• 2 sing bawang putih
• 4 siung bawang merah
• 50 ml kecap manis
• 1 sendok the bubuk ketumbar
• 1 sendok teh kunyit bubuk
• Minyak goreng secukupnya
• 2 cm jahe, diparut
• Jeruk nipis diambil airnya
• Bahan-bahan lalapan segar meliputi kubis, kemangi, mentimun (dipotong-potong)

Bahan Untuk Memasak Sambal Terasi

• 1 siung bawang putih
• 6 siung bawang merah
• 10 cabe merah kecil
• 1 buah tomat berukuran kecil
• Garam secukupnya
• Terasi matang, ½ sendok teh atau sesuai selera
• Gula pasir secukupnya

Cara Memasak Patin Goreng Sambal Merah

1. Hal pertama yng harus Anda lakukan adalah membersihkan ikaan patin dengan membersihkan isi perut ikaan patin. Setelah itu, sayatlah ikan dari bagian ekor hingga kepala. Jika suka, pisahkan bagian kepala dengan tubuh.
2. Kemudian, rendam terlebih dahulu ikan patin dengan perasan air jeruk nipis selama 15 menit supaya bau amisnya hilang.
3. Setelah itu, campurkan kunyit, bawang putih, jahe daan ketumbar kemudian aduk hingga rata.
4. Campurkan bumbu-bumbu yng sudah diolah tadi dengan ikaan patin, aduk rata daan diamkan hingga bumbunya meresap.
5. Panaskan minyak goreng kemudian goreng ikan hingga matang atau berwarna kuning keemasan.
6. Selanjutnya angkat dan tiriskan agar minyak berkurang.

Cara Memasak Sambal Terasi

1. Siapkan penggorengan daan minyak secukupnya, kemudian panaskan.
2. Gorenglah semua bumbu untuk membuat sambal terasi kecuali gula pasir, garam daan terasi, angkat dan masukkan ke dalam ulekan atau ciri.
3. Tumbuk sampai halus bumbu tadi bersama gula pasir, garam, dan terasi.

ikan patin goreng bumbu kuning, ikan patin goreng tepung, resep ikan patin goreng enak,

Setelah bumbu terasi dan ikan patin jadi maka masakan siap dihidangkan. Sajikan ikaan patin di dalam piring dengan sambal terasi dibubuhkan disampingnya lalu beri pula lalapan daan masakan ikaan patin goreng pun sudah sempurna untuk disajikan. Akan lebih nikmat jika masakan ikaan patin goreng ini dimakan dengan nasi hangat di dalam suasana yng penuh keakraban bersama sahabat atau keluarga tercinta.

Sebagai tips, sebaiknya jangan menggoreng ikan patin terlalu lama karena teksturnya akan keras dan kurang nikmat saat dicocol bersama sambal. Maka akan lebih baik jika setelah minyak benar-benar panas, Anda memasukkan ikan patin dan setelah warna kuning keemasan, angkat dan tiriskan. Sekian uraian mengenai cara memasak ikan patin goreng sambal merah, semoga bermanfaat.