Cara Memasak Ikan Pari Asam Pedas Enak Bergizi

Cara Memasak Ikan Pari Asam Pedas - Cara memasak ikan pari asam pedas. Ikan pari atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Dasyitis sp merupakan jenis ikan air laut, ikan ini biasa ditemukan di laut bebas yang tidak berdekatan dengan bibir pantai. Ikan pari merupakan salah satu jenis ikan laut yang sangat disukai oleh banyak orang karena dagingnya mempunyai tekstur yang empuk dan sangat lembut. Jika dibandingkan dengan ikan air tawar semisal nila atau mujair tentu harganya berbeda jauh, namun Anda tidak akan kecewa sebab ikan ini memang pantas untuk dihargai mahal. Selain rasanya enak, cara memperolehnya sulit, dan kandungan gizinya juga banyak.
cara memasak ikan pari goreng,cara memasak ikan pari santan,cara memasak ikan pari segar,cara memasak ikan pari bakar,cara membersihkan ikan pari,resep ikan pari basah,

Ikan pari memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan bervariatif, mulai dari omega 3, berbagai jenis vitamin, kalsium, fosfor, dan beberapa jenis mineral. Dengan kandungan tersebut, maka wajar jika ikan ini memiliki manfaat yang banyak bagi manusia. Manfaat ikan pari bagi kesehatan yaitu dapat mencegah munculnya berbagai penyakit jantung terutama jantung coroner, dapat mencegah penyakit kolesterol, sangat baik untuk kesehatan sistem kardiovaskuler, sangat cocok dikonsumsi ketika menjalankan program diet, menurunkan potensi resiko kanker, dapat mencegah munculnya penyakit Alzheimer atau pikun, dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

Dengan manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan manusia, maka mengkonsumsi ikan pari sangat dianjurkan terutama bagi orang yang ingin menjaga kesehatan tubuh. Agar mengkonsumsi ikan pari menjadi lebih nikmat, akan lebih baik jika Anda mencoba memasaknya dengan bumbu asam pedas. Cara memasak ikan pari asam pedas bisa dibilang cukup mudah, asalkan memiliki panduannya. Jika memasaknya hanya asal sangat disayangkan, sebab harga ikannya mahal selain itu juga kandungan gizinya bisa hilang dan bahkan jika Anda tidak tahu bisa berbahaya karena ada bagian dari ikan pari yang beracun yaitu bagian ekornya.

cara memasak ikan pari bakar, cara memasak ikan pari goreng, cara memasak ikan pari santan, cara memasak ikan pari segar, cara membersihkan ikan pari, resep ikan pari basah,

Resep Ikan Pari Asam Pedas

Bahan yang digunakan untuk membuat ikan pari asam pedas sebagai berikut:

1. Bagian sirip ikan pari sebanyak 1 kg, potong jadi 8 bagian.
2. Belimbing wuluh 10 buah, iris 2 cm. belimbing ini yang memberi rasa asam pada masakan.
3. Daun kemangi segar, iris kecil. daun kemangi membuat masakan lebih segar.
4. Sere 2 tangkai, memarkan
5. Daun jeruk purut 10 lembar
6. Lengkuas sepanjang 5 cm, memarkan
7. Jahe sepanjang 3 cm, memarkan
8. 1/2 sendok makan garam
9. 2 sendok makan gula pasir
10. 200 ml air
11. Minyak goreng secukupnya

Adapun bumbu yang harus dihaluskan yaitu:

1. Bawang putih 8 siung
2. Bawang merah 8 butir
3. Terasi sesuai 2 cm
4. Kunyit 3 cm

Setelah semua bahan dan bumbu siap, berikut cara memasak ikan pari asam pedas:

1. Panaskan wajan, beri sedikit minyak lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga keluar wanginya. Setelah itu masukkan bahan yang dimemarkan ditambah dengan daun jeruk purut ke dalam tumisan.
2. Masukkan ikan pari ke dalam tumisan bumbu, aduk rata sampai warna ikannya berubah kekuningan. Setelah itu masukkan air, tambahkan gula dan garam ke dalamnya masak hingga mendidih.
3. Setelah mendidih dan airnya sudah agak berkurang, tambahkan irisan belimbing wuluh ke dalam masakan, masak terus dengan api kecil sampai belimbing layu dan airnya hampir kering itu tandanya ikan pari sudah matang. Saat kompor sudah dimatikan, masukkan irisan daun kemangi segar ke dalam tumisan, lalu aduk rata.
4. Setelah matang, sajikan ikan pari asam manis ini saat masih hangat.

cara memasak ikan pari bakar, cara memasak ikan pari goreng, cara memasak ikan pari santan, cara memasak ikan pari segar, cara membersihkan ikan pari, resep ikan pari basah,

Masakan ikan pari asam pedas dalam resep ini bisa Anda sajikan untuk 8 porsi. Adapun nilai gizi per porsinya yaitu kalori sebanyak 115 kal, protein sebesar 19, 3 gram, lemak 1, 8 gram, karbohidrat 4,1 gram, kolesterol 41 mg, dan serat 0,06 gram. Dengan mengkonsumsi satu porsi ikan pari asam manis ini, berarti Anda sudah memenuhi angka kecukupan gizi harian Anda untuk sekali makan. Demikianlah cara memasak ikan pari asam pedas enak bergizi. Sangat mudah kan untuk dicoba di rumah? Pasti keluarga Anda akan senang dengan menu ini.