Resep Cara Memasak Ikan Gabus Goreng Rica Rica Pedas

Resep dan Cara Memasak Ikan Gabus Goreng Rica Rica - Ikan gabus adalah salah satu jenis ikan yang tidak sering dibudidayakan, sebab ikan ini bisa didapatkan secara liar di daerah atau tempat-tempat manapun. Bahkan saat ini banyak restoran besar yang menyajikan menu ikan gabus sebagai menu utamanya. Salah satu sajian yang menarik dan patut dicoba yaitu gabus goreng rica rica pedas yang akan bikin ketagihan. Cara memasak ikan gabus goreng rica rica yang enak dan pedas ini sangat mudah, Anda tidak perlu pergi ke restoran karena bisa membuatnya di rumah saat akhir pekan dan dinikmati bersama keluarga tercinta.Resep Cara Memasak Ikan Gurame Asam Manis Yang Enak Bikin Ketagihan

aneka resep ikan gabus, cara memasak ikan gabus bumbu kuning, cara memasak ikan gabus pucung, cara memasak ikan gabus untuk bayi, cara memasak ikan gabus untuk obat, cara memasak ikan gabus yang enak,

Baca juga: Resep Ikan Gurame Asam Manis Yang Enak

Ikan gabus ini lebih dikenal dengan ikan kutuk. Selain itu, ikan gabus sangat mudah ditemukan di sungai, danau, rawa-rawa, sawah, parit dan perairan yang mempunyai kadar oksigen rendah. Sebenarnya ikan gabus mempunyai nama ilmiah yakni Ophicephalus striatus dan channa striata yang mempunyai ciri umum, badannya berbentuk bulat memanjang, kepala mirip dengan ular. Ciri lainnya yakni punggungnya berbentuk bulat mempunyai badan berwarna hitam dengan perut berwarna putih, memiliki sirip ekor yang berbentuk setengah lingkaran. Sehingga dalam bahasa Inggris ikan sering disebut snake head atau kepala ular.


A. Bagaimana Cara Memasak Ikan Gabus Goreng Rica Yang Enak?

Ikan gabus merupakan salah satu ikaan yan mempunyai tekstur daging yang lembut dan durinya yan sedikit membuat makanan ini bisa dinikmati oleh semua umur dan tergantung dengan proses pengolahannya. Bagi yan suka dengan pedas, Anda bisa mengikuti resep dan cara memasak ikan gabus goreng rica rica yang enak dan pedas.

Bahan Utama Masakan Ikan Gabus Goreng Rica Pedas

1. 1 ekor ikan gabus ukuran sedang
2. 100 gram tepung terigu
3. ½ sendok teh garam
4. 1 batang daun bawang sudah diiris tipis
5. 2 sendok teh air jeruk nipis
6. Minyak goreng secukupnya

Bumbu Dihaluskan Masakan Gabus Goreng Rica Pedas

1. 2 lembar daun jeruk
2. 2 butir kemiri
3. 6 buah cabai merah
4. 6 buah bawang merah
5. 10 buah cabai rawit

Cara Memasak Ikan Gabus Roreng Rica Rica Enak dan Pedas

1. Pertama-tama gulingkan ikaan gabus yan sudah dicuci bersih di atas tepung terigu daan tepung terigu menempel rata pada ikan gabus.
2. Kemudian, panaskan minyak goreng daan goreng iikan gabus sampai matang warna keemasan. Angkat dan tiriskan.
3. Selanjutnya, panaskan kembali minyak yan berbeda, tumis bumbu halus sampai mengeluarkan aroma harum.
4. Tambahkan daun bawang dann bumbu masak sampai matang dan masakan merata. Angkat bumbunya jika sudah matang.
5. Setelah itu, tata iikan gabus diatas piring dann sirami menggunakan gabus menggunakan bumbu-bumbu tersebut sampai merata.

cara memasak ikan gabus bumbu kuning,aneka resep ikan gabus,cara memasak ikan gabus yang enak,cara memasak ikan gabus untuk obat,cara memasak ikan gabus pucung,cara memasak ikan gabus untuk bayi,

Olahan ikan gabus menjadi ikan gabus goreng rica rica yng enak dan pedas bisa dinikmati dengan nasi yng masih panas atau hangat. Selain dengan nasi yng hangat, masakan ini dapat dinikmati dengan tambahan kentang goreng atau kentang rebus yng sudah dihaluskan terlebih dahulu. Menu sajian ini akan cocok untuk Anda saat sudah mulai bosan dengan sajian menu yng biasa. Dengan menyajikan makanan ini, justru keluarga akan semakin suka dann anak-anak pun mempunyai nafsu makan yng meningkat.

B. Kandungan Gizi Ikan Gabus

Mengenai kandungan gizi ikan gabus, pada dasarnya semua jenis dan macam ikan merupakan sumber protein yng untuk anak. Apalagi, anak sedang berada pada masa proses pertumbuhan ddan ikan gabus merupakan salah satu iikan yng mempunyai kandungan gizi yang banyak dibandingkan dengan iikan lainnya. Dimana kandungan protein di dalam ikan gabus sekitar 25.5 %. Kandungan protein tersebut lebih tinggi dari pada kandung protein ikan bandeng yng mempunyai 20.0 %, sedangkan iikan mas hanya mempunyai 16.0 %, iikan sarden 21.1% ddan iikan kakap hanya 20.0 %. Terbukti bahwa ikan gabus mempunyai kadar protein tinggi dari pada ikan laut.

Resep dan cara memasak ikan gabus goreng rica rica yang enak dan pedas diatas merupakan resep masakan yng terbilang sederhana. Hal ini bisa dilihat dari bumbu dan bahan yng digunakan. Masakan ini dimasak dengan menggunakan bumbu sederhana, sehingga memberikan rasa enak dan alami pada daging iikan gabus yang empuk.