Cara Memasak Ikan Dori Panggang Saus Madu Yang Enak

Cara Memasak Ikan Dori Panggang Saus Madu - Apa itu ikan dori? Ikan dori merupakan ikan yang berasal dari perairan dalam di Australia. Saat ini untuk menemukan ikan dori tidaklah susah karena ikan dori sangat mudah ditemukan di swalayan dan supermarket dalam keadaan yang sudah dipotong dan beku. Ikan dori sendiri mempunyai daging yang berwarna putih dan teksturnya lembut. Biasanya ikan dori enak bila dipanggang dengan siraman saus madu. Cara memasak ikan dori panggang saus madu yang enak pun relatif mudah dan ini merupakan sajian istimewa yang dapat disajikan untuk keluarga. Pasalnya ikan dori sering dimasak dengan tepung lalu digoreng.

resep masakan ikan dori,cara memasak ikan dori untuk bayi,cara memasak ikan dori fillet,cara memasak ikan dori tepung,resep masakan ikan dori untuk anak,resep masakan ikan dori telur asin,

Baca juga: Resep Ikan Gabus Goreng Rica Rica

A. Manfaat Ikan Dori Untuk Kesehatan

Daging ikan dori mempunyai tekstur yang lembut dan sangat cocok dijadikan makanan untuk balita. Selain rasanya yng enak dan nendang, ikaan dori merupakan salah satu ikan yng kaya gizi. Kandungan gizi ikaan dori yakni omega 3, DHA, EPA, magnesium, zink, taurin, zat besi dan lainnya. Berikut manfaat dari ikan dori.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan lemak jenuh di dalam ikaan dori bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, ikaan dori sebaiknya dikonsumsi oleh Anda yng mempunyai riwayat sakit jantung dan hipertensi.

2. Meningkatkan kecerdasan otak

Ikan dori mengandung omega 3 yang bisa meningkatkan kecerdasan otak anak. Selain itu, protein yng ada di dalam ikaan dori mampu membantu proses pertumbuhan anak.

3. Sumber protein harian

Ikaan dori sebagai sumber protein harian, sebab jika mengkonsumsi ikaan dori bisa membuat daya tahan tubuh terjaga.

resep masakan ikan dori,cara memasak ikan dori untuk bayi,cara memasak ikan dori fillet,cara memasak ikan dori tepung,resep masakan ikan dori untuk anak,resep masakan ikan dori telur asin,

B. Cara Memasak Ikan Dori Spesial

Ikan dori merupakan ikaan yang lezat, jika diolah menjadi sajian makanan, apalagi ikaan ini sangat mudah didapat daan kandungan gizinya tidak diragukan lagi. Berikut cara memasak ikan dori panggang saus madu spesial.

Bahan utama ikan dori:

1. ½ sendok teh minyak wijen
2. ½ sendok makan garam
3. ½ sendok teh perteseli
4. ¼ sendok teh merica hitam yang kasar
5. 1 sendok teh air jeruk
6. 1 sendok teh kecap inggris
7. 1 sendok teh saus tiram
8. 2 sendok makan madu
9. 3 siung bawang puih sudah dicincang halus
10. 100 gram saus sambal
11. 450 gram ikan dori

Bahan pelengkap bumbu ikan dori:

1. 1/8 sendok teh merica bubuk
2. 1/8 sendok teh garam
3. 1 sendok makan mentega yang tawar
4. 2 siung bawang putih sudah dicincang halus
5. 100 gram buncis sudah dipotong
6. 100 gram wortel sudah dipotong dan direbus.

Cara memasak Dori Panggang Saus Madu Spesial

1. Pertama-tama, panaskan mentega tawar, lalu tumis bawang putih sampai benar-benar harum.
2. Kemudian, tumisan bawang putih diangkat ddan ditaruh di dalam mangkuk, lalu tambahkan kecap inggris, minyak wijen, saus tiram, garam, madu, merica hitam yng kasar, dan peterseli sambil diaduk sampai adonan merata.
3. Selanjutnya lumuri ikan dori dengan menggunakan perasan air jeruk dan tumisan bawang putih sambil diaduk merata ddan diamkan sekitar 30 menit sampai bumbu meresap.
4. Panggang ikan dori di atas pan yng bergelombang sambil dibolak balik hingga matang.
5. Bahan pelengkap, Panaskan mentega tawar, tumis bawang putih sampai aroma muncul dan masukkan wortel serta buncis, tambahkan garam, merica daan aduk hingga matang.
6. Sajikan ikaan dori yang sudah dibakar dengan saus sambal. Jika rasanya kurang manis bisa menambahkan madu.

resep masakan ikan dori,cara memasak ikan dori untuk bayi,cara memasak ikan dori fillet,cara memasak ikan dori tepung,resep masakan ikan dori untuk anak,resep masakan ikan dori telur asin,

Masakan olahan ikaan dori panggang bumbu madu, tentu sangat nikmat dan lezat. Aromanya yng khas membuat banyak orang menggemarinya. Masakan olahan ikaan dori panggang bumbu madu ini sangat cocok jika dijadikan sebagai menu lauk atau menu utama ketika makan bersama keluarga. Apalagi ketika terdapat acara kumpul keluarga besar, menu yng satu ini jangan sampai terlewatkan.

Olahan masakan dari ikan dori yng dimasak dengan dipanggang dan disiram menggunakan saus madu, sangat patut untuk dicoba bagi ibu-ibu di rumah. Sangat disayangkan jika tidak mencobanya, karena bahannya mudah di dapat dan proses pembuatannya pun relatif singkat dan mudah. Jika Anda belum bisa, maka bahan ddan cara membuatnya sesuaikan dengan cara yng sudah dijelaskan diatas.

Ikan dori di Indonesia sama halnya ikan patin, oleh sebab itu, jika Anda tidak mempunyai ikan patin di rumah, bisa mencoba dengan menggunakan bahan dasar ikan dori. Nah, demikianlah tadi cara memasak ikan dori panggang saus madu spesial. Semoga bermanfaat ya bunda.