Resep Andalan Tradisional, Cara Memasak Ikan Asap Gulai Yang Enak

Resep Andalan Tradisional Memasak Ikan Asap Gulai - Siapa bilang gulai hanya bumbu yan cocok untuk daging kambing? Meskipun popularitas gulai daging kambing memang sudah tidak ada matinya. Ternyata di balik kekayaan resep tradisional melayu ada masakan spesial yan bernama gulai ikan asap. Dalam julukan bahasa lokal resep ini disebut juga dengan gulai ikan salai (istilah melayu untuk ikan asap). Wah, kira-kira bagaimana ya cara memasak ikan asap gulai yg enak seperti halnya masakan melayu ini? Jangan ragu, karena resep rahasianya sudah ada di hadapan mata Anda.

gulai ikan salai pucuk ubi,resep gulai ikan sale,resep ikan salai sambal,resep gulai ikan salai baung,resep gulai ikan sale mandailing,ikan salai masak lemak,ikan salai khas riau,

Baca juga: Resep Ikan Bandeng Bumbu Kuning Yang Nikmat

Dengan warna semburat kuning, bumbu kuah gulai memang tampak lebih menggoda dibandingkan dengan bumbu lain. Apalagi memang gulai memiliki aroma khas nan menggugah selera. Jadi, tahukah Anda jika sebenarnya memasak bumbu gulai cukup mudah? Apalagi ternyata untuk mendapatkan rasa gulai yg enak bukan hanya daging kambing saja yan cocok menjadi bahan pokoknya. Ikan asap yg mudah ditemukan di pasar tradisional dan berharga jauh lebih murah ternyata juga sudah lama terkenal bisa diolah menjadi gulai iikan asap nan lezat.

Untuk Anda yng tinggal di daerah perkotaan, ataupun pegunungan gulai ikan asap memang cukup asing. Akan tetapi sebenarnya masakan khas yang berasal dari melayu ini juga cukup populer menjadi menu pilihan daerah pesisir pantai di seluruh Indonesia. Menu yg hampir sama dengan gulai ikan asap melayu adalah gulai kepala iikan yng berasal dari pesisir pantura (pantai utara Jawa). Apakah Anda sudah pernah mencoba kelezatan rasa gulai ikan asap? Berbeda dengan gulai daging, gulai ikan memiliki ciri khas rasa pedas yg lebih kuat. Berikut di bawah ini adalah cara cara memasak ikan sap gulai yang enak dan mudah.

gulai ikan salai pucuk ubi,resep gulai ikan sale,resep ikan salai sambal,resep gulai ikan salai baung,resep gulai ikan sale mandailing,ikan salai masak lemak,ikan salai khas riau,

Resep Cara Memasak Gulai Ikan Asap

Bahan Untuk Cara Memasak Gulai Ikan Asap

• 250 gr ikan sale atau 6 ekor ikan asap
• 2 buah belimbing wuluh atau belimbing sayur
• 10 buah cabai rawit merah
• 250 gr rebung
• 400 ml santan dari 1/2 butir kelapa
• 1 bh tomat
• 3 sdm minyak goreng
• 2 batang serai
• 1 lembar daun kunyit

Bahan Bumbu Halus Buat Cara Memasak

• 6 siung bawang merah
• 2 siung bawang putih
• 3 cm kunyit
• 1 cm jahe
• 4 bh kemiri
• ½ sdt ketumbar

Cara Memasak  ikan asap gulai yang enak

1. Pertama sekali yang harus Anda lakukan adalah mencuci ikan dengan air bersih agar kotorannya hilang, tiriskan.
2. Setelah itu, potong-potong cabai, belimbing wuluh, rebung, dan tomat, sisihkan dalam wadah atau talenan.
3. Proses semua bahan bumbu halus dengan blender, atau tumbuk menggunakan cobek manual. Sisihkan.
4. Siapkan penggorengan dengan 3 sendok makan minyak goreng di atas api kecil.
5. Tumis bumbu halus, tomat, serai, dan daun kunyit sampai mengeluarkan aroma harum.
6. Masukkan santan, aduk perlahan-lahan hingga mendidih.
7. Tambahkan ikan sale, belimbing sayur, cabai rawit utuh, garam, dan rebung. Masak sambil tetap diaduk-aduk hingga bumbu meresap dan santan sudah tampak mengental sempurna.
8. Sajikan dengan taburan bawang goreng bila suka.

gulai ikan salai pucuk ubi,resep gulai ikan sale,resep ikan salai sambal,resep gulai ikan salai baung,resep gulai ikan sale mandailing,ikan salai masak lemak,ikan salai khas riau,

Nah, itulah tadi bocoran mengenai resep cara memasak ikan asap gulai yang enak. Bumbu yng digunakan dalam resep ini merupakan bumbu tradisional melayu, oleh karena itu jika Anda berhasil mempraktekkan resep ini dengan sempurna maka akan menghasilkan sajian tradisional melayu yng sangat istimewa. Meskipun kini sudah banyak variasi resep makanan urban yng mini bumbu dan praktis, namun perpaduan rempah-rempah dalam resep tradisional tampaknya akan tetap bertahan dan tak terkalahkan. 

Cara memasak ikan asap gulai yang enak juga tergantung dari kualitas bikan dan santan yng Anda pakai. Karena itu, cermatilah ikan asap yang akan Anda beli sebelum memilih. Ikan asap yng baik memiliki tekstur yng kenyal dan tidak berbau. Sebaliknya jika Anda menjumpai ikan sap dengan bau yng menyengat tampaknya Anda harus berhati-hati karena bisa jadi iikan yng Anda temui merupakan ikan kurang baik. Mengkonsumsi ikan asap dengan kualitas buruk bisa menyebabkan gangguan pencernaan sampai keracunan. Untuk menanggulangi hal ini, pastikan pula Anda membersihkan ikan dengan air sebelum dimasak.