Resep Cara Memasak Gulai Ikan Tongkol Spesial Ala Rumahan Paling Mudah

Resep Cara Memasak Gulai Ikan Tongkol Spesial - Ingin tahu resep cara memasak gulai ikan tongkol spesial ala rumahan yang mudah dilakukan? Simak uraian berikut. Bagi Anda yang mengaku menyukai ikan tongkol, cobalah resep yang satu ini. Ikan tongkol biasanya digoreng ataupun dibumbui kecap manis. Jika Anda bosan dengan ikan tongkol yang hanya diolah begitu-begitu saja, Anda harus mencoba resep gulai ikan tongkol. Ikan tongkol juga dapat dijadikan bahan utama pembuatan gulai enak dan lezat. Seperti yang Anda ketahui, selama ini gulai lebih identik dengan daging kambing atau daging sapi.

gulai ikan tongkol tanpa santan,gulai ikan tongkol pedas,resep gulai ikan tongkol kuning,bumbu gulai ikan tongkol,gulai ikan tongkol simple,

Baca juga: Gulai Kambing Spesial Ala Rumahan Sederhana

Resep Cara Memasak Gulai Tongkol Enak Ala Rumahan

Perlu Anda tahu, ikan tongkol juga nikmat jika diolah menjadi masakan gulai dengan santan kental. Jika Anda belum pernah mencobanya, Anda wajib mencoba ressep berikut ini. Berikut ini merupakan resep cara membuat gulai ikan tongkol yang mudah dilakukan. Untuk menikmati lezatnya ikan tongkol diolah dengan gurihnya bumbu gulai, Anda tidak perlu membelinya. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan tangan Anda sendiri. Rasanya akan terasa jauh lebih nikmat karena Anda memasak nya sendiri. Bagi Anda yang belum pernah memasak gulai tidak perlu takut atau ragu untuk mencobanya.

gulai ikan tongkol tanpa santan,gulai ikan tongkol pedas,resep gulai ikan tongkol kuning,bumbu gulai ikan tongkol,gulai ikan tongkol simple,

Resep berikut ini cukup mudah untuk Aanda ikuti di rumah, bahan-bahannya juga mudah ditemukan. Langsung saja, ini dia bahan-bahan yang harus Andaa persiapkan untuk membuat gulai ikan tongkol:

Bahan-Bahan Cara Memasak

- Ikan tongkol 1 ekor berukuran besar
- Santan kelapa kental 500 ml
- Santan kelapa encer 250 ml
- Daun kemangi 20 lembar atau sesuai selera
- Jeruk nipis 1 buah (peras dan ambil airnya saja)
- Minyak goreng secukupnya
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya
- Bawang goreng secukupnya

Bahan Untuk Bumbu Cara Memasak Gulai

- Serai 2 batang (ambil putihnya saja dan memarkan)
- Lengkuas 1 ruas jari (memarkan)
- Daun salam 2 lembar
- Daun jeruk 2 lembar
- Cabai hijau besar 3 buah (iris serong)
- Cabai merah besar 3 buah (iris serong)

Bahan Untuk Bumbu Halus Cara Memasak Gulai

- Cabai merah besar 7 buah
- Cabai merah rawit 5 buah
- Bawang putih 6 siung
- Bawang merah 8 siung
- Kunyit 3 cm
- Jahe 2 cm
- Kayu manis 1 cm
- Cengkeh 1 butir
- Kemiri 3 butir
- Ketumbar ¼ sendok teh
- Lada ½ sendok teh

Cara Mengolah Dan Memasak Gulai Ikan Tongkol

Bersihkan ikan tongkol
Bersihkan ikan tongkol dari kotorannya, setelah itu potong-potong menjadi beberapa bagian. Cuci sampai bersih lalu rendam menggunakan air perasan jeruk nipis dan garam secukupnya. Rendam selama beberapa menit, setelah itu cuci sampai bersih lalu tiriskan.
Goreng ikan tongkol
Anda dapat menggoreng ikan tongkol terlebih dahulu menggunakan minyak goreng secukupnya. Jika Andaa memiliki alat panggang, Andda dapat memanggangnya agar terasa lebih nikmat. Goreng ikan tongkol sampai matang lalu tiriskan.
Tumis bumbu
Haluskan bumbu dan kemudian tumis dengan menggunakan minyak goreng secukupnya. Setelah itu, masukkan pula bahan-bahan bumbu, lalu aduk-aduk hingga tercampur merata.
Tuang santan
Bila bumbu dirasa sudah matang, Anda bisa menuangkan santan pada wajan. Baik santan kental ataupun encer, tuang keduanya ke dalam wajan.
Masukkan ikan tongkol
Aduk kembali sampai semuanya tercampur merata, setelah itu masukkan ikan tongkol. Tunggu sampai santan mendidih lalu aduk-aduk beberapa kali agar santan tidak pecah. Masukkan garam, gula dan penyedap rasa secukupnya atau sesuai selera.
Masukkan daun kemangi
Jika santan mulai mengental Andaa bisa memasukkan daun kemangi ke dalam wajan. Aduk-aduk kembali lalu beri taburan bawang goreng, gulai ikan tongkol siap untuk disajikan.

gulai ikan tongkol tanpa santan,gulai ikan tongkol pedas,resep gulai ikan tongkol kuning,bumbu gulai ikan tongkol,gulai ikan tongkol simple,

Anda dapat segera menyajikan gulai ikan tongkol di piring saji, nikmati segera selagi masih hangat. Sebelum diangkat, Andaa dapat mencicipi rasanya terlebih dahulu apakah sudah pas atau belum. Jika dirasa sudah pas maka Andaa dapat mengangkat dan menyajikannya. Untuk tingkat kepedasan, Andaa dapat menyesuaikannya sesuai dengan selera Anda. Jika tidak suka pedas maka tidak perlu menggunakan cabai rawit. Namun jika suka pedas, Anda dapat memperbanyak penggunaan cabai rawit. Demikian yang dapat dibagikan mengenai resep cara memasak gulai ikan tongkol spesial ala rumahan, selamat mencoba.