Resep Cara Memasak Gulai Ikan Nila Sedap Mantap Secara Sederhana

Resep Cara Memasak Gulai Ikan Nila Sedap - Bagi Anda para ibu yang sedang mencari tahu bagaimana cara memasak gulai ikan nila sedap mantap, silakan baca uraian berikut. Gulai adalah salah satu makanan khas Indonesia yang banyak disukai karena rasanya yang khas dan nikmat. Gulai sangat identik dengan santannya yang dibumbui dengan bahan-bahan tertentu, rasanya gurih dan nikmat. Untuk bahan utamanya sendiri dapat menggunakan daging kambing atau daging sapi. Namun selain daging kambing atau daging sapi, Anda juga dapat menggantinya dengan ikan-ikanan. Misalnya saja ikan nila, gulai ikan nila memiliki rasa yang tidak kalah nikmat dengan gulai kambing.

gulai ikan nila pedas,cara memasak gulai ikan salai,cara memasak gulai ikan gabus,cara memasak gulai ikan lele,cara memasak gulai ikan tongkol,cara memasak ikan nila,resep gulai asam ikan nila,

Baca juga: Resep Gulai Ikan Tongkol Spesial Ala Rumahan

Untuk membuat gulai ikan nila tidak berbeda jauh dengan membuat gulai kambing. Hanya saja bahan utamanya adalah ikan nila, bukan daging kambing. Bagi Anda yang memiliki ikan nila dan bingung ingin mengolahnya menjadi makanan apa, Anda dapat mengolahnya menjadi gulai sedap. Cara pengolahannya tidak terlalu sulit, namun Anda harus menyediakan bahan-bahannya secara lengkap. Yang menjadikan masakan gulai bayak disukai adalah karena kuah santannya yang lezat. Untuk itu, Anda harus menyediakan bumbu-bumbu untuk membuat kuah gulai yang lezat. Jika bumbunya lengkap tentu rasa gulai ikan nila Anda terasa lezat.

gulai ikan nila pedas,cara memasak gulai ikan salai,cara memasak gulai ikan gabus,cara memasak gulai ikan lele,cara memasak gulai ikan tongkol,cara memasak ikan nila,resep gulai asam ikan nila,

Cara Membuat Gulai Ikan Nila Lezat Secara Sederhana

Untuk membuat makanan lezat tidak harus dengan cara yang rumit. Begitu juga seperti cara membuat gulai ikan nila ini, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Jika Anda belum pernah membuat masakan gulai, mungkin Anda memang mengalami kesulitan dalam memasak gulai ikan nila. Namun tenang saja, berikut ini akan dibagikan resep cara memasak gulai ikan nila sedap mantap. Mulai dari bahan-bahan sampai dengan cara pembuatan, semuanya akan dibagikan untuk Anda. Langsung saja, berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda persiapkan:

Bahan utama:

- Ikan nila yang masih segar 500 gram (bersihkan dari kotorannya)
- Garam secukupnya
- Kacang panjang 4 utas (jika tidak suka tidak perlu menggunakannya)
- Tomat merah berukuran besar 1 buah
- Lengkuas 2 ruas jari (memarkan)
- Daun salam 2 lembar
- Daun jeruk purut 3 lembar
- Air asam Jawa (2 sendok makan)
- Serai 1 batang (memarkan)
- Kayu manis 1 ruas jari
- Santan kental 450 ml
- Santan encer 450 ml
- Penyedap rasa secukupnya
- Gula secukupnya
- Minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu halus:

- Cabai merah besar 10 buah
- Cabai rawit merah 3 buah
- Bawang merah 10 butir
- Bawang putih siung
- Kunyit 1 ruas jari
- Ketumbar 1 sendok teh
- Kemiri 5 butir
- Jahe 1 ruas jari

Cara memasak gulai ikan nila:

  • Bersihkan ikan
  • Bersihkan ikan nila yang sudah Anda persiapkan dari kotorannya, jika perlu rendam menggunakan air jeruk nipis.
  • Tumis bumbu
  • Haluskan bumbu kemudian tumis menggunakan minyak goreng secukupnya. Tumis dengan api kecil agar matangnya merata dan tidak gosong. Sambil menunggu bumbu matang, masukkan daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas dan juga air asam Jawa. Setelah itu tumis-tumis lagi sampai bumbu-bumbu tersebut matang secara menyeluruh.
  • Masukkan santan
  • Selanjutnya masukkan santan kental dan santan cair ke dalam wajan lalu aduk-aduk sampai tercampur merata. Masukkan juga garam, gula dan juga penyedap rasa, aduk kembali sampai merata.
  • Masukkan ikan nila
  • Berikutnya masukkan ikan nila ke dalam wajan, aduk perlahan dan usahakan ikan terendam santan.
  • Masukkan kacang panjang dan tomat
  • Masukkan kacang panjang dan tomat, namun sebelum itu bersihkan keduanya lalu kacang panjang dipotong-potong. Begitu juga buah tomatnya, diiris-iris namun jangan terlalu tipis. Masukkan ke dalam wajan lalu aduk-aduk sampai tercampur merata.
  • Masak sampai matang
  • Masak gulai ikan nilai tersebut menggunakan api kecil, aduk beberapa kali agar santannya tidak pecah. Ketika mengaduk jangan terlalu keras agar daging ikan nila tidak rusak dan tetap utuh. Setelah santan mendidih, aduk-aduk terus dan tunggu agar bumbu dapat meresap ke dalam daging. Masak sekitar 15 hingga 25 menit setelah itu angkat dan tuang ke dalam piring saji.

gulai ikan nila pedas,cara memasak gulai ikan salai,cara memasak gulai ikan gabus,cara memasak gulai ikan lele,cara memasak gulai ikan tongkol,cara memasak ikan nila,resep gulai asam ikan nila,

Agar terasa lebih lezat, taburi gulai ikan nila tersebut menggunakan bawang goreng. Nikmati segera gulai ikan nila yang sudah Anda buat tersebut selagi masih hangat. Nikmati bersama dengan nasi putih hangat dan kerupuk. Bagaimana, cukup sederhana bukan cara membuat gulai ikan nila yang enak dan lezat? Anda dapat mengikuti resep cara memasak gulai ikan nila sedap mantap tersebut secara mudah.