Resep Cara Memasak Genjer Tumis Agar Tidak Pahit

Resep Cara Memasak Genjer Tumis - Cara memasak genjer tumis agar tidak pahit dan nikmat. Genjer dengan nama ilmiah Limnocharis flava atau paku rawan, merupakan semacam sayuran yang disukai masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di pedesaan. Di samping itu, genjer banyak dijadikan sebagai makanan favorit masyarakat kalangan menengah ke bawah sebab harganya yng terjangkau. Adapun tanaman genjer biasanya tumbuh di area perairan dangkal, contohnya di sawah atau pinggir rawa. Tak jarang juga tanaman ini dianggap sebagai salah satu gulma sawah jika dibiarkan.

cara memasak genjer supaya tidak pahit,cara memasak genjer tauco,cara memasak genjer yg enak,cara membersihkan genjer,sayur genjer buat ibu hamil,cara memasak sayur pare agar tidak pahit,

Baca juga: Resep Memasak Gudeg Jogja

Meskipun tanaman ini dianggap sebagai gulma, genjjer tentunya akan semakin nikmat jika diolah ke dalam berbagai macam aneka masakan, khususnya agar di tumis atau oseng genjjer. Bagi Anda yng belum mencobanya, sangat disayangkan sebab tumis atau oseng genjjer ini memiliki rasa yg begitu menggugah selera. Jadi, tak ada salahnya jika mencoba cara memasak genjer tumis agar tidak pahit. Oseng genjjer sendiri sebenarnya sudah begitu familiar dijadikan hidangan keluarga. Terkadang pula kita menjumpainya di warung tradisional atau warteg yng ada di beberapa daerah.

Sayuran genjjer sebenarnya cukup pahit, tetapi tak sepahit daun pepaya tetapi jika dimasak atau diolah dengan cara yng tepat maka rasa pahitnya pun akan hilang serta berubah menjadi rasa yng nikmat dan gurih. Untuk menumis atau membuat olahan tumis genjjer ini biasanya ditambahkan udang rawa maupun ikan teri untuk menambah kenikmatan rasanya. Dengan begitu sajian makanan sederhana yang satu ini siap memanjakan lidah para penikmatnya. Di samping itu, makanan ini pun sangat cocok bila disajikan bersama nasi, atau lauk pauk yang lainnya contohnya telur ceplok atau telur asin, tempe dann tahu goreng, serta lain sebagainya.

cara memasak genjer supaya tidak pahit,cara memasak genjer tauco,cara memasak genjer yg enak,cara membersihkan genjer,sayur genjer buat ibu hamil,cara memasak sayur pare agar tidak pahit,

A. Kandungan dan Manfaat Genjer

Tanaman genjer biasanya bisa hidup hingga 1 tahun lamanya lalu berbunga hingga sepanjang tahun. Tanaman ini termasuk sebagai salah satu jenis tanaman holtikultura. Meskipun genjer sempat dikucilkan sebagai tanaman masyarakat miskin, tepi ternyata genjer memiliki kandungan nutrisi yg berguna bagi tubuh. Di mana genjer mengandung sejumlah protein, lemak, kalsium, karbohidrat, zat besi, vitamin B1 dan kalsium. Dengan kandungan nutrisi dan vitamin yg terdapat di dalamnya, wajar jika genjer mengandung sejumlah manfaat untuk tubuh, di antaranya menambah energi pada tubuh dan meremajakan sel-sel dalam tubuh.

cara memasak genjer supaya tidak pahit,cara memasak genjer tauco,cara memasak genjer yg enak,cara membersihkan genjer,sayur genjer buat ibu hamil,cara memasak sayur pare agar tidak pahit,

B. Resep Tumis Genjer Praktis

Di samping cara memasak genjer tumis agar tidak pahit lebih mudah, masakan tradisional yang satu ini pun termasuk salah satu jenis makanan yg terjangkau tetapi tetap mempunyai cita rasa yg begitu khas dengan kelezatan tersendiri. Maka dari itu, untuk Anda yg penasaran mencicipi masakan ini, berikut kami sampaikan resep genjer tumis yg enak tanpa rasa pahit.
Bahan utama yang diperlukan:
  • Udang rawa 150 gram
  • Genjer 1 ikat
  • Minyak goreng 3 sdm, untuk menumis

Bumbu yang digunakan: 
  • Bawang putih 3 siung, iris tipis
  • Bawang merah 5 siung, iris tipis
  • Gula merah 1 potong, sisir
  • Cabai hijau berukuran besar 5 buah, iris tipis
  • Cabai merah berukuran besar 3 buah, iris tipis
  • Tempe busuk 1 buah potong kecil, dan iris tipis
  • Penyedap secukupnya
  • Lengkuas 1 ruas
  • Daun salam 1 lembar

Cara memasak genjer tumis agar tidak pahit dan lezat:
1. Pertama-tama potong sayur genjer terlebih dulu sesuai selera lalu siram dengan air panas sampai sedikit lunak agar berkurang pahitnya.
2. Kemudian tumis bumbu-bumbu seperti cabai hijau, cabai merah, bawang putih ddan bawang merah dengan tempe busuk sampai harum.
3. Kemudian tambahkan udang, penyedap rasa, lengkuas ddan daun salam, lalu tunggu sampai bumbunya matang.
4. Lalu masukkan genjer dan aduk secara merata sampai lunak, ddan tutup kemudian tunggu 5 menit sampai matang.

Itulah langkah-langkah cara memasak genjer tumis agar tidak pahit yang lezat dan nikmat. Tumis genjer tak hanya praktis dan mudah saja dibuat, tetapi juga tumis genjer ini sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, dengan kelezatan rasa yang dihasilkan dari tumis genjer ini menjadikan makanan yang satu ini digemari keluarga.