Daun Katuk, Manfaat dan Cara Memasak Daun Katuk Bening

Manfaat dan Cara Memasak Daun Katuk Bening - Siapa yang tidak kenal dengan daun katuk? Salah satu sayuran yang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, terlebih bagi ibu yang sedang menyusui. Daun katuk dipercaya dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas dari ASI (Air Susu Ibu) yang tentunya akan membuat bayi memiliki nutrisi makanan terbaik yang cukup banyak. Mengolah daun katuk sangat mudah, salah satunya adalah dengan membuat sayur bening dari daun katuk. Cara memasak daun katuk bening, selain enak juga segar karena kuah dari sayur bening membuat selera makan ibu menyusui semakin bertambah.

cara memasak daun katuk yang enak,sayur bening daun katuk,resep sayur bening daun katuk,cara membuat sayur daun katuk,cara masak daun katuk,resep sayur katuk jagung manis,

Baca juga: Memasak Daun Kelor Yang Enak Menjadi Sayur Bening

Sebelum kita melanjutkan mengenai cara mengolah daun katuk, ada baiknya kita mengenal manfaat yng bisa diperoleh dengan memakan daun-katuk selain untuk menambah produksi ASI. Ternyata di dalam daun katuk, terdapat kandungan kalsium yng mampu mencegah tulang kita dari osteoporosis atau kerapuhan tulang dini. Selain itu, di dalam daun katuk juga terdapat kandungan zat besi yng cukup baik dikonsumsi bagi Anda yng sedang menderita anemia. Untuk Anda yng tengah flu juga bagus untuk mengonsumsi daun-katuk, karena mampu mengobati influenza.

Manfaat lain dari daun katuk adalah mampu merangsang dari hormon steroid serta senyawa eiksonoid. Daun-katuk juga memiliki kandungan vitamin A yng bagus untuk mempertajam penglihatan Anda serta merawat dan menjaga kesehatan mata Anda. Vitamin A ternyata juga bagus untuk kekebalan tubuh, pertumbuhan sel serta kesehatan reproduksi loh. Bagi Anda kaum adam, daun katuk tidak hanya dikonsumsi oleh ibu menyusui loh, ternyata untuk Anda kaum adam daun-katuk memiliki manfaat yang istimewa. Karena daun-katuk mampu meningkatkan hormone steroid serta hormone testosterone serta progesterone yng fungsinya mampu meningkatkan kualitas sperma dan meningkatkan vitalitas lelaki.

cara memasak daun katuk yang enak,sayur bening daun katuk,resep sayur bening daun katuk,cara membuat sayur daun katuk,cara masak daun katuk,resep sayur katuk jagung manis,

Nah, banyak sekali ya ternyata manfaat daun katuk bagi tubuh yng belum kita ketahui. Daun katuk memiliki tekstur yng agak kasar, namun jika dijadikan sebagai sayuur bening daun katuk memiliki rasa yng nikmat seperti ketika Anda menyantap daun bayam. Selain di sayur bening, daun-katuk juga bisa diolah menjadi masakan lainnya seperti tumisan atau dengan menggunakan santan. Berhubung bagi Anda yg tengah menyusui sebaiknya menghindari makanan yg terlalu banyak bumbu, maka sayur bening adalah salah satu solusi terbaik bagi Anda.

cara memasak daun katuk yang enak,sayur bening daun katuk,resep sayur bening daun katuk,cara membuat sayur daun katuk,cara masak daun katuk,resep sayur katuk jagung manis,

Nah, apa saja sih bahan yang dibutuhkan untuk memasak sayur bening dari daun katuk? 

Berikut Bahan-Bahan Cara Memasak Daun Katuk Yang Bisa Anda Sediakan

1. Daun-katuk yang telah diambil daunnya dan dibersihkan dengan menggunakan air yang mengalir.
2. Jagung sayur sebanyak 1 buah yg kemudian di sisir halus.
3. Bawang putih sebanyak 2 siung yg diiris tipis.
4. Bawang merah sebanyak 3 butir yg diiris tipis.
5. Lengkuas sepanjang 2 cm yg digeprek.
6. Daun salam sebanyak 2 lembar, cuci bersih terlebih dahulu.
7. Gula pasir secukupnya.
8. Garam secukupnya.
9. Penyedap rasa secukupnya (Anda bisa tidak menggunakannya jika Anda bukan pengguna MSG).
10. Air secukupnya untuk merebus.
Nah, demikianlah bahan-bahan yg dibutuhkan untuk memasak sayyur bening dari daun katuk. Selanjutnya adalah tahap memasak dari daun katuk, berikut langkah yg bisa Anda ikuti antara lain adalah:
1. Pertama sekali adalah merebus air dalam sebuah panci bersama dengan irisan dari bawang merah, lalu bawang putih serta lengkuas dan daun salam.
2. Tunggulah sampai air mendidih.
3. Kemudian setelah air mendidih, masukkan jagung yang telah disisir.
4. Jika jagung telah matang, Anda bisa memasukkan daun katuk. Lalu, beri cita rasa dengan menambahkan garam, gula pasir serta penyedap rasa jika suka.
5. Kemudian Anda bisa mengaduk-aduk sampai semua tercampur rata.
6. Setelah daun katuk matang, matikan api dan angkat.
7. Sayur bening daun katuk siap dihidangkan.
Bagaimana? Cukup mudah bukan cara memasak daun katuk bening. Untuk ibu menyusui, Anda bisa mengonsumsi daun katuk sebagai sayur sehari-hari agar produksi ASI semakin banyak dan meningkat. Karena ASI adalah nutrisi terbaik untuk bayi demi masa tumbuh kembangnya. Semoga informasi di atas bermanfaat, dan selamat mencoba.