Resep Cara Memasak Cumi Asin Kering Enak dan Praktis

Resep Memasak Cumi Asin Kering - Cara memasak cumi asin kering yang enak memang biasanya banyak dihindari oleh banyak orang karena memiliki tekstur yang cukup keras sehingga membutuhkan banyak waktu pengolahannya. Tetapi makanan yang menggunakan bahan dasar cumi kering ini memang sangat menggiurkan. Salah satu menu yang paling terkenal dengan olahan cumi kering adalah Cumi Asin Cabai Hijau. Menu yang satu ini memang sudah cukup terkenal untuk membuat olahan cumi kering ini menjadi hidangan yang sangat menggiurkan. Biasanya olahan cumi kering ini disajikan dengan nasi putih hangat yang tentunya sangat menggugah selera.

cara memasak cumi asin cabe ijo,cara memasak cumi asin yang enak,cara memasak cumi asin pedas,

Baca juga: Ceker Setan Bumbu Kecap

Cara memasak cumi asin ini juga hampir serupa dengan tumis lainnya yng memang menggunakan bumbu dasar untuk menumis. Cara memasak cumi asin kering yng enak sebenarnya dapat dikategorikan sangat mudah. Karena secara teknis menumis tentunya menggunakan bahan dasar yng sama. Seperti bawang putih, bawang merah serta cabai. Karena ini merupakan salah satu jenis makanan yng populer dengan cabai hijau maka Anda dapat menggunakan cabai hijau dan juga menggunakan tomat hijau.

Dengan menggunakan bahan dasar tumisan ini tentu saja sudah membuat Anda akan mendapatkan masakan yang luar biasa apapun bahan yng digunakan. Tetapi memang untuk resep cabai hijau ini memang lebih cocok digunakan untuk cumi kering. Dengan menggunakan cumikering ini hasil akhirnya biasanya akan terasa lebih gurih.

cara memasak cumi asin cabe ijo,cara memasak cumi asin yang enak,cara memasak cumi asin pedas,

Cara memasak cumi asin kering yang enak yang terpenting adalah pengolahan cumi kering tersebut. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan dalam pengolahan cumikering tersebut karena bisa-bisa tekstur cumi tidak menjadi lembut malah yng ada akan semakin alot ketika diolah dengan cara tumisan. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat daging cumikering menjadi lebih lunak dan tidak alot:
1. Hal pertama yg dapat dilakukan adalah melakukan pencucian daging cumikering menggunakan air mengalir hingga bersih. Mengingat cara pengeringan ini tentu saja akan membuat banyak kotoran yang menempel.
2. Cumi kering yg sudah bersih dapat direndam di baskom berisi air hangat. Jangan sampai lebih dari 30 menit. Karena akan menghilangkan rasanya.
3. Cumi kering yg sudah bersih dapat ditiriskan dan diangkat. Dapat dipotong atau dibiarkan secara utuh. Namun ketika menggunakan cara ini maka rasa asin dari cumi kering ini masih tertinggal.
4. Cumi kering dapat direndam di dalam air kapur yg bening selama 25 menit. Selanjutnya ditiriskan dan di rendam dalam air perasan jeruk nipis selama 15 menit.
5. Alternatif selanjutnya adalah mengempukkan cumi kering menggunakan soda kue dan air hangat yg dilumurkan pada daging cumi kering sembari ditekan-tekan.

Cara memasak cumi asin kering yg enak memang memiliki poin utama yng terletak pada pengolahan cumi kering tersebut. Dengan menggunakan salah satu cara untuk membuat daging cumi kering menjadi lebih empuk dan tidak alot tentu saja Anda sudah dapat membuat makanan cumi asin cabai hijau dengan sempurna. Karena walaupun sudah dibuat menjadi lebih empuk tentu saja cita rasa dari cumi ini tidak berubah dan justru akan memberikan rasa gurih pada masakan Anda.

cara memasak cumi asin cabe ijo,cara memasak cumi asin yang enak,cara memasak cumi asin pedas,

Langkah Mudah Memasak Cumi Asin Cabai Hijau

Cara memasak cumi asin kering yang enak yang biasanya diolah menjadi masakan cumi asin cabai hijau ini memang memiliki kemiripan dengan tumisan lain. Penggunaan cumi kering disini akan membuat rasa dari masakan tersebut menjadi lebih memiliki cita rasa yng cukup kuat. Berbeda apabila menggunakan cumi yng masih segar. Karena jika menggunakan cumi segar tentu sangat tidak cocok apabila dilakukan pengolahan dengan resep yang satu ini. Cabai hijau memiliki karakteristik rasa yang sedikit pahit. Itu sebabnya sangat cocok apabila digabungkan dengn cumikering yng memiliki rasa asin.

Berikut ini cara memasak cumi asin cabai hijau dengan mudah:

1. Pastikan jika daging cumi kering milik Anda sudah memiliki tekstur yang cukup lunak sehingga memudahkan proses memasak.
2. Siapkan wajan penggorengan dengan sedikit minyak goreng untuk menumis.
3. Apabila minyak goreng sudah panas, Anda dapat memasukkan irisan bawang merah, bawang putih, tomat hijau dan juga cabai hijau secara bersamaan. Apabila Anda menyukai pedas maka banyak sedikitnya cabai dapat disesuaikan dengan selera Anda.
4. Tahap selanjutnya adalah mengaduk tumisan tersebut hingga aromanya menjadi lebih wangi. Jika sudah wangi, Anda dapat memasukkan daging cumi kering yang sudah lunak ini ke dalam wajan dan diaduk kembali.
5. Selanjutnya Anda dapat menambahkan saos tiram, garam, gula dan juga kecap manis sesuai dengan selera Anda. Apabila sudah tercampur dengan rata maka Anda bisa memberikan sedikit air untuk membantu proses penyerapan bumbu ke daging cumi kering. Aduk hingga rata dan angkat. 

Cara memasak cumi asin kering yang enak dengan menggunakan resep cumi asin cabai hijau ini tentu saja sangat mudah dipraktekkan. Dengan menggunakan resep ini tentu saja Anda dapat mengolah cumi kering yang sering diabaikan karena tekstur daging cumi yang memang alot. Tetapi dengan pengolahan dengan benar akan membuat tekstur daging cumi tersebut justru akan menjadi lebih lunak dan dapat dikonsumsi.