Manfaat, Resep Cara Memasak Cah Kangkung Rumahan Yang Enak

Manfaat dan Resep Memasak Cah Kangkung Rumahan - Siapa sih yang tidak menyukai makanan olahan dari sayur kangkung? Kangkung adalah satu jenis sayuran yang populer di Indonesia. Meski sangat terkenal di Indonesia, sebenarnya sayur kangkung berasal dari negara India. Masyarakat Indonesia sendiri sering memasak kangkung dengan cara ditumis, sebab batang dan daun kangkung mempunyai tekstur yng empuk dan enak. Karena kelezatannya, banyak orang yng memburu masakan ini ke restoran dan bahkan tidak segan untuk mengeluarkan kocek yang tidak sedikit. Sebenarnya Anda bisa membuat sajian kangkung yang tidak kalah seperti sajian di restoran. Sebab, cara memasak cah kangkung rumahan yang enak ini sangat mudah dan bahannya pun mudah ditemukan.

cara memasak cah kangkung enak, cara memasak cah kangkung terasi, cara memasak tumis kangkung agar tidak hitam, cara memasak tumis kangkung pedas, cara memasak tumis kangkung saus tiram,

Baca juga: Resep Capcay Goreng Spesial


Jika dilihat berdasarkan tempat tumbuh sayuran kangkung, sayuran kangkung tergolong menjadi 2 jenis yaitu kangkung air daan kangkung darat. Perbedaan keduanya terletak pada bentuk batang dan daun. Kangkung air mempunyai batang merambat seperti ubi jalar daan daun yng pendek serta daunnya tumpul. Sedangkan kangkung darat mempunyai bentuk batang tegak dikolaborasikan dengan ujung daun memanjang dan bentuknya runcing. Meskipun dibagi menjadi 2 golongan, akan tetapi jika dirasakan dengan sungguh-sungguh sayur kangkung yng tumbuh di darat dan air mempunyai tekstur yng berbeda.

cara memasak cah kangkung enak, cara memasak cah kangkung terasi, cara memasak tumis kangkung agar tidak hitam, cara memasak tumis kangkung pedas, cara memasak tumis kangkung saus tiram,

A. Resep dan Cara Memasak Cah Kangkung Rumahan Tempe

Cah kangkung tempe merupakan sajian makanan yng bisa Anda coba, hal ini dikarenakan hidangan ini mempunyai cita rasa enak dan lezat. Cocok disajikan bersama keluarga daan untuk pertumbuhan anak. Berikut cara memasak cah kangkung rumahan yng enak dengan tambahan tempe.

Bahan dan bumbu cah kangkung rumahan tempe enak:

1. 350 gram kangkung sudah di pipil
2. 150 gram tempe sudah dipotong sesuai selera dan digoreng
3. 100 ml air
4. 1 lembar daun salam
5. 2 cm lengkuas
6. Garam secukupnya
7. Merica bubuk secukupnya
8. Minyak goreng secukupnya
9. Gula pasir secukupnya

Bumbu Halus Cah Kangkung Rumahan Tempe Enak

1. ½ sendok teh terasi sudah dibakar
2. 2 siung bawang putih
3. 3 buah cabai merah
4. 3 butir bawang merah

Cara Memasak Cah Kangkung Rumahan Yang Enak Dengan Tempe

1. Pertama-tama, panaskan minyak goreng di dalam wajan, lalu masukkan bumbu yg sudah dihaluskan, daun salam dann lengkuas. Tumis bumbu sampai matang dan aromanya keluar.
2. Kemudian, masukkan tempe yng sudah digoreng lalu aduk sampai merata sampai hingga bumbu merata.
3. Kemudian, masukkan kangkung dann aduk sampai setengah matang.
4. Tambahkan air beserta bumbu garam, merica juga gula pasir sembari diaduk hingga bumbu larut.
5. Masak kangkung sampai matang beserta bumbu meresap setelah itu kangkung siap disajikan.
Cah kangkung tempe rumahan merupakan masakan yang bisa menggugah selera dan nafsu makan Anda dan keluarga. Cita rasa yg dikeluarkan dari masakan ini, akan menggoda selera. Apalagi bahan terasi daan tempe yg dikolaborasikan menjadi satu, sehingga cita rasanya begitu nikmat. Bahkan aroma harum yg keluar akan menarik banyak orang untuk mencoba mencicipinya. Anda dapat menambahkan bahan lainnya sesuai dengan selera misalnya bisa menambahkan ceker atau ayam. Masakan ini akan lebih nikmat jika dinikmati ketika masih hangat dengan nasi putih hangat.

cara memasak cah kangkung enak, cara memasak cah kangkung terasi, cara memasak tumis kangkung agar tidak hitam, cara memasak tumis kangkung pedas, cara memasak tumis kangkung saus tiram,

B. Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

Mengkonsumsi sayur kangkung bisa memberikan manfaat bagi tubuh secara langsung atau memerlukan proses terlebih dahulu. Dimana sayur kangkung bisa dijadikan pemenuhan nutrisi yg seimbang daan sehat. Nutrisi mempunyai manfaat yg banyak bagi tubuh antara lain adalah:

1. Mengandung zat besi

Kangkung mempunyai kandungan zat besi sekitar 2,5 mg untuk setiap 100 gram. Oleh sebab itu kankung dijadikan sebagai obat anemia. Pemenuhan zat besi bagi tubuh sangat penting guna membentuk sel darah merah. Jika seseorang kekurangan zat besi maka bisa menimbulkan pusing, lemas, lesu.

2. Menjaga kesehatan mata

Sayur kangkung mempunyai kandungan vitamin A dan beta karotin tinggi. Unsur inilah yg sangat baik untuk menjaga daan melindungi kesehatan mata agar tetap normal. Sehingga yang mempunyai mata minus, cobalah konsumsi sayur kangkung.
Karena kangkung dapat tumbuh di air atau di darat yang relatif mudah terkena lintah, sebaiknya sebelum memasaknya, Anda benar-benar mencuci bersih sayur kangkung agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Demikian penjelasan mengenai cara memasak cah kangkung rumahan yang enak dengan tempe. Selamat mencoba.