Resep Cara Memasak Bubur Beras Ketan Hitam

cara memasak beras ketan di rice cooker,cara memasak beras ketan enak,cara membuat bubur ketan hitam,cara membuat bubur ketan hitam yg enak,
Resep Memasak Bubur Beras Ketan Hitam - Kuliner nusantara memiliki beragam macam penganan dan jajanan yang cukup membuat selera tergugah. Salah satu dari sekian banyak penganan dan jajanan adalah bubur. Ada banyak variasi bubur seperti bubur jenang, bubur Manado, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam dan lain sebagainya. Kali ini kita akan membahas mengenai bubur ketan hitam yang memiliki rasa yang cukup lezat. Manisnya ketan hitam berpadu dengan gurihnya santan akan membuat Anda merem melek menikmati kenikmatan hidangan ini. Lalu, bagaimana cara memasak bubur beras ketan hitam agar enak dan nikmat?
Sebagai salah satu warisan budaya harusnya bubur ketan hitam tetap dilestarikan dan diperkenalkan kepada generasi muda bangsa ini. Sekarang sedikit sekali kita bisa menemukan penjual yng menjajakan bubur ketan hitam. Padahal jajanan ini cukup sehat sekaligus mengenyangkan loh. Dibandingkan dengan hidangan siap saji yg dianggap kekinian, bubur ketan hitam yang jadul ini lebih nikmat daan tak kalah dengan hidangan cepat saji yng memiliki kandungan minyak yg berlebihan. Dengan melestarikan hidangan nusantara kita juga melestarikan budaya bangsa kita sendiri. Kalaupun bukan kita, siapa lagi yg akan mencintai kuliner nusantara?

Membuat bubur ketan hitam ini cukup praktis daan sederhana. Anda bisa membuatnya untuk dijadikan sebagai sarapan atau hidangan di akhir pekan. Atau bagi Anda yg tengah menjalankan ibadah puasa bisa menjadikan bubur ketan hitam sebagai hidangan buka puasa yg akan menambah semangat Anda. Rasanya yang manis berpadu dengan gurihnya santan terasa sangat pas apabila disajikan hangat atau dingin sesuai dengan selera Anda. Nah, apa saja sih bahan dan resep dari bubur beras ketan hitam? Anda bisa menyiapkan catatan Anda agar tidak kehilangan resep ini.

cara memasak beras ketan di rice cooker,cara memasak beras ketan enak,cara membuat bubur ketan hitam,cara membuat bubur ketan hitam yg enak,

A. Bahan-Bahan Dibutuhkan Dalam Memasak Bubur Beras Ketan Hitam adalah:

1. 150 gram beras ketan hitam. Sebaiknya sebelum digunakan cuci terlebih dahulu daan direndam selama lebih kurang 5 jam.
2. 1 sdt garam
3. Daun pandan sebanyak 2 lembar yng kemudian di simpul.
4. Air bersih sebanyak 2,5 liter.
5. Gula pasir sebanyak 100 gram.

Untuk bahan saus atau kuah dari bubur ketan hitam adalah;

1. Santan kental sebanyak 500 ml
2. Daun pandan sebanyak 1 lembar yng di simpul
3. Garam sebanyak ½ sendok teh
Nah demikianlah beberapa bahan yng digunakan dalam membuat bubur beras ketan hitam. Selanjutnya adalah tahap eksekusi atau tahap memasak bubur beras ketan hitam. Caranya cukup mudah, namun Anda harus tetap rajin memeriksa ketan hitam agar tidak lengket dan gosong sehingga tidak mempengaruhi cita rasa dari bubur beras ketan hitam. 

B. Berikut cara memasak bubur beras ketan hitam agar enak. Yaitu:

1. Pertama sekali adalah mencampurkan semua bahan bubur dalam satu wadah atau panci.
2. Lalu rebuslah semua bahan tersebut sampai mendidih dengan menggunakan api yng sedang.
3. Jika telah mendidih dan meletup-letup maka kecilkan api sembari tetap diaduk secara berkala agar tidak gosong. Masak hingga ketan hitam menjadi matang dan menjadi bubur. Diamkan sebentar.
4. Selanjutnya adalah membuat saus atau kuah santan sebagai pelengkap bubur ketan hitam.
5. Pertama sekali adalah dengan merebus santan dengan garam serta daun pandan dengan menggunakan api yang kecil.
6. Lalu aduk terus sampai santan mendidih dan matang.
7. Lalu sajikan bubur ketan hitam dalam mangkuk saji dan tuangkan saus atau kuah santan sedikit di atas bubur ketan hitam.
8. Hiasi dengan daun pandan agar terlihat cantik. Bubur siap disajikan.

cara memasak beras ketan di rice cooker,cara memasak beras ketan enak,cara membuat bubur ketan hitam,cara membuat bubur ketan hitam yg enak,

Nah, cukup mudah bukan membuat bubur ketan hitam. Cara memasak bubur beras ketan hitam ini cukup sederhana daan mudah. Anda bisa membuatnya di akhir pekan untuk hidangan seluruh keluarga. Atau Anda bisa menjadikannya sebagai sumber penghasilan Anda dengan menjajakan bubur ketan hitam yang sehat dan sudah jarang ditemukan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kita semua, dan dengan demikian kita turut melestarikan dann menjaga kuliner nusantara ini. Nah tunggu apalagi, silahkan mencoba dan menikmati bubur beras ketan hitam kuliner jadul yang masih lestari ini.