Resep, Kandungan dan Cara Memasak Bayam Merah Yang Benar Dengan Ditumis

Resep Memasak Bayam Merah Dengan Ditumis - Sudah tahukah para ibu cara memasak bayam merah yang benar agar gizinya tidak hilang? Seperti kita tahu, sayur adalah salah satu bahan olahan makanan yang keberadaannya sangat diperlukan dan tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua masyarakat akan mengkonsumsi sayur karena harganya murah dan mempunyai kandungan manfaat yang banyak diperlukan oleh tubuh. Salah satu bahan sayuran yang mudah ditemui adalah sayur bayam merah. Sayur bayam merah dapat diolah menjadi berbagai macam masakan seperti sayur bening, keripik bayam dan menu lainnya. 

cara memasak bayam bening, cara memasak bayam jagung, cara memasak bayam merah yang benar, cara memasak bayam rebus, cara memasak sayur bayam merah,
Baca juga: Bebek Goreng Rica Rica

Cara memasak bayam merah pun bisa dengan menumis, merebus dan dibuat sop. Mungkin tidak banyak orang yng tahu mengenai bayam merah bisa digunakan untuk olahan makanan. Pada dasarnya bayam merah seperti bayam hijau yng tumbuh di daerah iklim tropis seperti negara di bagian Asia. Selain itu, bayam merah dapat tumbuh di iklim subtropis seperti negara Amerika. Meskipun begitu, bayam merah dapat tumbuh dengan subur jika ditanam di daerah iklim tropis, sebab matahari akan bersinar sepanjang tahun. 

Daun bayam merah mempunyai bentuk membulat, tebal dan keseluruhan batangnya dan daunnya berwarna merah seperti keungu-unguan. Mengenai rasanya, bayam merah mempunyai rasa yng manis daripada rasa bayam hijau.

cara memasak bayam bening, cara memasak bayam jagung, cara memasak bayam merah yang benar, cara memasak bayam rebus, cara memasak sayur bayam merah,

Bahan CaraMemasak Bayam Merah Yang Benar Dengan Ditumis

1. ½ sendok teh minyak wijen
2. ½ sendok teh garam
3. ½ sendok teh gula pasir
4. ½ sendok teh kecap asin
5. ½ bawang bombay sudah diiris
6. ¼ cangkir jagung putren dipotong serong
7. ¼ sendok teh lada bubuk
8. 1 butir telur ayam sudah diambil putihnya
9. 1 gelas air
10. 2 sendok makan minyak goreng secukupnya
11. 3 buah cabe merah keriting sudah dicincang kasar
12. 3 siung bawang putih sudah digeprek
13. 200 gram bayam merah

Cara memasak bayam merah yang benar dengan menumis:

1. Pertama-tama, panaskan minyak terlebih dahulu, tumis bawang bombay, bawang putih dan cabe sampai aromanya harum.
2. Kemudian, masukkan putih telur sambil diaduk sampai menjadi butir-butir kecil.
3. Masukkan jagung putren, merica bubuk dan garam, sambil diaduk hingga merata dan tambahkan kecap asin.
4. Masukkan air secukupnya dan tunggu sampai mendidih, lalu masukkan bayam merah, sambil diaduk sebentar dan tambahkan minyak wijen, aduk kembali sampai merata. Tumis bayam merah sudah siap disajikan.


cara memasak bayam bening, cara memasak bayam jagung, cara memasak bayam merah yang benar, cara memasak bayam rebus, cara memasak sayur bayam merah,

Bayam merah merupakan salah satu sayuran yng mempunyai kandungan zat gizi tinggi dan lebih baik segera dihabiskan sebelum 2 sampai 3 jam. Sebab, zat besi dalam bayam yang terkontaminasi dengan udara akan berubah menjadi zat logam berat. Sehingga jika dikonsumsi dalam waktu yng lama dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Selain itu, bayammerah mengandung purin cukup tinggi, sehingga orang yng mempunyai penyakit asam urat harap dibatasi dalam mengkonsumsi bayam merah ini. 

Bayam merah yang dimasak dengan cara ditumis atau sayur bening bisa meningkatkan kinerja ginjal dan membersihkan darah bagi wanita sehabis bersalin. Maka sangat disarankan bagi Anda yng menderita sakit ginjal, untuk memperbanyak mengkonsumsi olahan bayammerah ini. Selanjutnya, bayam merah juga mengandung senyawa ferro (Fe2+) atau zat besi yng diperlukan oleh tubuh. Akan tetapi, jika terus dipanaskan secara berulang-ulang, olahan bayam merah ini akan menghasilkan proses oksidasi terhadap sayur bayammerah tersebut. 

Oksidasi sendiri merupakan proses pengikatan oksigen, maka senyawa fero 2+ bisa berubah menjadi senyawa ferro 3+ atau bisa menjadi senyawa ferri yang sangat beracun bagi tubuh. Oleh sebab itu, jangan memanaskan sayur bayam terus menerus agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan. Maka dari itu, alangkah baiknya langsung dimakan sebelum 4 jam lamanya.

Hindari menggunakan panci berbahan stainless steel saat memasak bayam, sebab senyawa ferro akan mudah bereaksi dengan panci alumunium yang terkena panas. Demikian penjelasan mengenai resep dan cara memasak bayam merah yang benar dengan ditumis, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi para ibu yang ingin menyajikan menu spesial untuk keluarga. Selamat mencoba.