Langkah Sederhana Cara Memasak Arsik Ikan Mas

Cara memasak arsik ikan mas tentu saja bukanlah hal yang asing untuk para pecinta kuliner dengan bahan dasar ikan mas yang berada di Batak. Namun tidak banyak orang yang tahu tentang olahan ikan mas yang satu ini bahkan baru pertama kali mendengarnya. Ikan mas yang dimasak dengan bumbu arsik ini merupakan salah satu makanan khas dari Sumatera Utara. Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang khas dengan rasa asam, manis, pedas dan gurih. Tentunya makanan ini sangatlah cocok sebagai menu makanan sehari-hari atau dapat juga sebagai hidangan penyambutan tamu yang datang berkunjung.

arsik ikan mas karo, cara masak ikan mas arsik, cara memasak ikan mas goreng, cara memasak pepes ikan mas, resep arsik ikan kembung, resep arsik ikan mas batak toba, resep arsik ikan nila,

Ikan mas yang memiliki karakteristik dagingnya yang tebal tetapi lembut ini sering digunakan untuk mengolah berbagai macam masakan. Cara memasak arsik ikan mas adalah dengan menggunakan sisik ikan mas yng masih menempel utuh pada tubuh ikan. Karena sisik inilah nantinya yng akan dibuat menjadi arsik. Masakan arsik ikan mas yang satu ini memanglah sangat unik. Apabila biasanya ikan mas dilakukan pembersihan dengan menghilangkan sisiknya, tetapi dengan menggunakan bumbu arsik ini tidak dihilangkan sisiknya.

Namun dalam segi rasa, arsik ikan mas ini merupakan hidangan yng enak dan juga lezat. Dengan proses pengolahannya juga sangatlah mudah dilakukan oleh siapapun juga karena cara memasak-nya sangatlah sederhana. Secara simbolis arsik ikan mas ini dapat digunakan untuk perayaan khusus tetapi tidak dipungkiri sekarang ini dapat dikonsumsi sehari-hari.

arsik ikan mas karo, cara masak ikan mas arsik, cara memasak ikan mas goreng, cara memasak pepes ikan mas, resep arsik ikan kembung, resep arsik ikan mas batak toba, resep arsik ikan nila,

Langkah Sederhana Membuat Arsik Ikan Mas

Cara memasak arsik ikan mas memang merupakan salah satu kuliner unggulan masyarakat di Sumatera Utara khususnya masyarakat Batak. Bumbu arsik ini merupakan bumbu yng di dapat secara turun temurun dari para orang tua mereka. Tidak mengherankan jika banyak sekali orang yang tidak mengetahui olahan ikanmas dengan menggunakan bumbu arsik. Karena memang pada dasarnya pengolahan ikanmas dengan menggunakan bumbu arsik ini hanya dapat Anda jumpai ketika Anda berkunjung ke Sumatera Utara. 

Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah untuk memasak arsik berbahan dasar ikan mas:

1. Hal yang pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membersihkan ikan mas tersebut dengan air mengalir. Lalu kemudian lumuri ikan mas tersebut menggunakan air jeruk nipis dan tunggu 10 hingga 15 menit.
2. Selanjutnya Anda dapat melumuri ikanmas dengan bumbu halus hingga merata. Bumbu halus ini terdiri dari kemiri, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, asam kandis, lengkuas, garam dan gula secukupnya.
3. Kemudian Anda dapat mengambil wajan lalu pada bagian dalam wajan ini dialasi dengan batang serai, daun mangkokan, daun kemangi dan juga asam potong.
4. Cara memasak arsik ikanmas selanjutnya adalah Anda dapat meletakkan ikanmas tersebut diatas alas yng sudah Anda siapkan.
5. Berikan air secukupnya hingga air terendam secara merata.
6. Kemudian Anda dapat menggunakan api yang cenderung kecil dan juga wajan tersebut ditutup agar matang secara sempurna.
7. Hal terakhir adalah Anda harus memastikan air yng digunakan sudah habis yng berarti ikanmas milik Anda sudah matang.
Cara memasak arsik ikan mas memang tergolong sangatlah mudah dilakukan. Bahan yng digunakan juga sangatlah mudah ditemukan di sekitar kita. Bumbu arsik ini juga sebenarnya dapat dilakukan oleh semua orang yng ingin mencoba menggunakan resep baru dalam mengolah ikan mas ini. Bumbu arsik ini sebenarnya lebih dominan cara pengolahannya yang sangatlah unik. Karena rempah yang digunakan justru diletakkan sebagai alas dari ikan mas ini daripada dilakukan pencampuran langsung ke ikan mas.

Cara memasak arsik ikan mas tersebut dilakukan karena ikan mas ini sebelumnya tidak dilakukan penggorengan sehingga apabila dilakukan perebusan tentu dapat menghancurkan bentuk ikan dan apabila bentuk ikan sudah hancur tentu saja akan membuat duri pada ikan mas akan tersebar kemana-mana. Oleh karena itu jika arsik ikan mas ini merupakan salah satu kuliner yang dapat Anda coba mencicipinya. Bahkan jika perlu Anda juga dapat mencoba pengolahannya di rumah. Terlebih lagi apabila Anda sudah cukup bosan dengan olahan ikan mas yng monoton.